Coba Cek, Sudahkah Sabun dan Hand Sanitizermu Efektif Membunuh Virus?

Virus Corona semakin meluas, pastikan dirimu terjaga menggunakan sabun dan hand sanitizer yang baik

31 Maret 2020

Coba Cek, Sudahkah Sabun Hand Sanitizermu Efektif Membunuh Virus
Freepik

Belakangan ini wabah virus corona terus dibicarakan. Semakin meluasnya virus ini membuat kita harus semakin ekstra dalam menjaga kesehatan dan pola hidup.

Mulai dari pola hidup yang sederhana seperti makan makanan bergizi, atur pola istirahat dengan baik, dan membatasi aktivitas kamu di luar rumah. Itu akan membantu Mama dalam menghindarkan virus corona dari keluarga.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan tentu saja tentang kebersihan tangan. Mengapa begitu? Karena faktanya, penyebaran virus Corona terjadi lebih dominan melalui sentuhan tangan.

Lebih dari penularan melalui hidung dan mulut. Kebersihan tangan harus benar-benar dijaga agar mampu menagkal penyakit yang sedang merebak.

Membersihkan tangan umumnya menggunakan hand sanitizer dan sabun biasa maupun antibakteri. Itulah yang akan dibahas pada atikel Popmama.com yang satu ini. Yuk simak terus penjelasannya.

1. Faktanya tidak semua sabun dan hand sanitizer ampuh membasmi virus

1. Fakta tidak semua sabun hand sanitizer ampuh membasmi virus
Freepik

Apakah pembersih tangan Mama sudah sepenuhnya baik untuk digunakan oleh keluarga? Hindarkan produk-produk buruk atau yang kurang baik. Karena tidak akan menolong Mama dan keluarga untuk tetap sehat. Terutama produk sabun dan hand sanitizer.

Kedua produk tersebut merupakan produk yang kerap dicari oleh banyak orang seiring bertambahnya penderita virus dari Wuhan yang satu itu. Akibatnnya, mungkin sering kamu temukan toko atau supermarket favoritmu sudah kehabisan kedua benda ini.

Tapi Mama jangan sembarangan beli, harus dicermati dulu apakah itu memang bermanfaat atau tidak.

Pasalnya, produk hand sanitizer dan sabun antibakteri yang biasanya saja tidak mampu membunuh kuman dan virus pada tubuh. Tidak serupa dengan performa  produk yang efektif dalam membasmi virus di tangan. 

Apalagi permintaan akan kedua hal tersebut yang meingkat akhir-akhir ini, membuat banyak orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk meningkatkan harga jual hingga mencoba membuat produk imitasi yang lebih murah namun tidak berkhasiat. 

Untuk itu, penting bagi Mama kenal kandungan apa sih yang perlu ada pada sebuah produk pembersih tangan seperti sabun dan hand sanitizer.

Editors' Picks

2. Kandungan apa yang perlu terdapat pada hand sanitizer?

2. Kandungan apa perlu terdapat hand sanitizer
Freepik

Hand sanitizer merupakan salah satu alat yang praktis ketika kamu berada di tempat umum dan perlu untuk membersihkan tanganmu. Hand ksanitizer ini juga memiliki kandungan utama berupa alkohol sebagai pembersih kuman dan virus. Hal ini tentunya berbeda jika dibandingkan dengan sabun antiseptik.

Menurut rush.edu, kandungan alkohol yang terdapa pada hand sanitizer haruslah terdapat sekitar 60-90 persen. Kandungan alkohol pada ajumlah tersebut dinyatakan sebagai pembunuh kuman dan virus paling efektif. Dengan menggunakannya sebanyak 2,4 mililiter sekitar25 sampai 30 detik.

Namun, produk hand sanitizer yang dibuat tidak menggunakan alkohol lebih dari 60 persen tidak dapat disamakan kualitasnya dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol diatas 60 persen.

Bahkan, produk tersebut tidak dapat membunuh kuman dan virus seefektif dengan produk dengan kandungan alkohol yang lebih banyak.

Menurut Insider.com, alkohol merupakan bahan yang umum digunakan sebagai disinfektan. Biasanya itu menggunakan jenis alkohol etil dan isopropil. Misalnya, etanol adalah pembunuh virus yang efektif, melawan infeksi seperti herpes dan flu, dan isopropil bahkan lebih efektif melawan bakteri.

3. Bagaimana dengan sabun antibakterial dan sabun biasa?

3. Bagaimana sabun antibakterial sabun biasa
nbcnews.com

Sabun antiseptik/sabun atibakterial yang baik dapat membunuh 99,9 persen dari kuman pada tanganmu. Menurut U.S. Food and Drug Administration (FDA), sabun antibakterial dinyatakan lebih baik untuk membasi kuman daripada sabun-sabun biasa. 

Seperti yang dikutip dari Livescience.com, sabun antibakterial biasanya mengandung bahan kimia pembasmi bakteri seperti triclosan dan triclocarban. Kedua bahan kimia tersebut sangat berperan dalam membedakan antara sabun antibakterial dengan sabun biasa.

Namun, kamu sebenarnya juga dapat menggunakan sabun dan air pada umumnyaagar membantu terhindar dari virus dan penyakit.

Itu karena meskipun sabun antibakterial mengandung bahan kimia, sabun biasa juga sudah cukup kuat untuk menjaga tangan kita tetap bersih dan sehat.

4. Produk yang direkomendasikan

4. Produk direkomendasikan
Pexels/Pixabay

Dari penjelasan sebelumnya, kita sudah mengetahui nih kandungan apa saja yang penting dalam sabun antibakterial dan hand sanitizer.

Untuk itu, inilah beberapa contoh pembersih tangan yang memiliki kandungan yang efektif untuk menjaga kebersihan tangan kita dari virus-virus yang berbahaya.

  1. Detol Anti Bacterial Sensitive Body Wash
  2. Lifebuoy Sabun Cair Total Care
  3. Betadine Antiseptic Skin Cleanner

Dan untuk hand sanitizer rekomendasi ialah;

  1. Carex Hand Gel Sensitive
  2. Detol Instant Hand Sanitizer
  3. Betadine Klarens Hand Sinitizer Spray

Itulah beberapa contoh produk yang direkomendasi. Dalam memilih sabun dan hand sanitizer pastikan kamu memperSebelum itu, hatikan beberapa hal. Seperti; kandungan dalam produk, brand produk (pilih brand yang terppercaya), dan pastikan kalau produk tersebut tidak berbahaya bagi Mama dan keluarga.

Mama juga perlu untuk memperhatikan jcara mencuci tangan yang baik dan juga frekuensi dalam mencuci tangan setiap harinya.

Dengan melakukan hal tersebut, tentunya akan sangat membantu baik bagi Mama, juga bagi keluarga agar tetap sehat dan terhindardai bahaya virus Corona.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.