Yuk KIta Terapkan, 10 Tips Penggunaan Ponsel yang Ramah Lingkungan

Ternyata10 cara ini dapat kamu lakukan agar penggunaan hpmu tidak boros energi loh, penasaran?

7 April 2020

Yuk KIta Terapkan, 10 Tips Penggunaan Ponsel Ramah Lingkungan
Freepik/jannoon028

Dengan berkembangnya fitur dan kecanggihan dari smartphonemu, semakin ia dapat kamu gunakan di berbagai situasi. Semisal membuat presentasi melalu word, ataupun mengadakan meeting melalui ponsel. 

Bertambahnya aktivitas penggunaan ponsel, membuatnya semakin membutuhkan banyak energi dala penggunaannya, dan tentunya ini sangat tidak baik bagi lingkungan.

Ternyata, ini disebabkan oleh kebiasaan kita yang tanpa disadai membuat smartphonemu hambur energi. Simak 10 tips yang Popmama.com sediakan agar penggunaan ponselmu lebih ramah lingkungan.  

1. Lindungi hpmu dari suhu yang terlalu panas juga dingin

1. Lindungi hpmu dari suhu terlalu panas juga dingin
techxoid.com

Ponselmu mungkin sulit untuk lepas dari genggamanmu tak peduli suhu panas ataupun dingin. Ternyata, dilansir dari laman earth911, meskipun baterai lithium-ion pada ponselmu dapat beroperasi dalam berbagai suhu, kondisi suhu yang berlebihan akan menghambat kinerjanya.

Ini akan membuat batre ponselmu lebih cepat habis dan tentunya boros.

Belum lagi penggunaan tingkat kecerahan yang akan kamu gunakan ketika berada di bawah panas matahari, itu akan membuatnya lebih cepat habis. Hindari juga untuk menyimpan ponselmu di tempat dengan suhu yang dingin seperti mobil tertutup. 

2. Matikan GPS dan petunjuk lokasi

2. Matikan GPS petunjuk lokasi
Pexels/Pixabay

GPS memang dibutuhkan beberapa aplikasi untuk mengetahui lokasi dan letak keberadaanmu, contohnya ketika kamu menggunakan aplikasi grab maupun gojek. Namun, ketika hpmu sedang di cas dan kamu berada di rumah, kamu dapat menonaktifkan fitur yang satu ini.

Faktanya, GPS terhubung ke satelit sehingga menyebabkan ponselmu tak dapat masuk ke sleep mode ketika GPS diaktifkan.

Belum lagi ketika sinyalmu tidak baik, fitur ini akan bekerja lebih keras agar dapat terhubung ke satelit GPS, dan tentunya ini sangat menguras energi.

3. Aktifkan fitur "low-power mode" atau "power-saving mode"

3. Aktifkan fitur "low-power mode" atau "power-saving mode"
technobezz.com

Hampir setiap ponsel pastinya memiliki fitur "low-power mode" atau "power-saving mode". Fitur ini membantu menghemat daya poselmu dengan mengurangi cahaya layar dan mengehntikan beberapa fungsi ponsel yang tidak kamu gunakan.

Meskipun membuat layar hpmu sedikit lebih gelap, fitur ini ternyata dapat membantumu menghemat daya ponselmu lho.

Di samping itu juga, kamu masih bisa melakukan banyak hal dengan ponselmu, seperti mengirim pesan, membuka internet, juga melakukan panggilan telepon.

4. Matikan fitur getar

4. Matikan fitur getar
hongkiat.com

Fitur getar atau vibration berguna sebagai pengganti fitur suara dan membuatmu tetap tahu saat menerima pesan atau panggilan masuk. Meskipun begitu, fitur ini lebih memakan energi daripada ringtone.

Untuk mengaktifkan fitur yang satu ini, ponselmu harus menggunakan mesin kecil yang dapat menggerakkan alat tersebut. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur yang satu ini.

Editors' Picks

5. Kurangi cahaya pada layar hp

5. Kurangi cahaya layar hp
raconteur.net

Kecerahan pada ponselmu ternyata memakan daya yang tidak sedikit. Dilansir dari Idn Times, semakin cerah hpmu maka akan semakin banyak energi hp yang digunakan. Jika memungkinkan, kamu dapat meredupkan cahaya pada layar hpmu. 

Jika tidak, kamu dapat menggunakan fitur auto-brightness. Fitur ini akan membantumu mengatur kecerahan layar ponselmu secara otomatis dengan mempertimbangkan keterbacaan dan penggunaan energi.   

6. Matikan icon wi-fi dan bluetooth saat tidak diperlukan

6. Matikan icon wi-fi bluetooth saat tidak diperlukan
mycomputerworks.com

Sama seperti GPS, kedua fitur ini memang sangat bermanfaat. Namun jika kamu sedang tidak menggunakannya kamu dapat menonaktifkannya. Mereka menghabiskan energi ponselmu untuk terhubung dengan sinyal.

Jika kamu hendak mengakses wi-fi namun mempertimbangkan daya pada ponselmu. Kamu dapat menyalakan fitur airplane mode terlebih dahulu lalu kembali menyalakan fitur wi-fi. 

7. Tutup aplikasi yang tidak terpakai

7. Tutup aplikasi tidak terpakai
Pexels/photoMIX Ltd.

Banyak smartphone yang dibuat dengan kemampuan multitasking, yaitu ia dapat membuka berbagai aplikasi dalam waktu yang sama. Tetapi itu membuatnya bekerja lebih keras dari biasanya. 

Untuk menghemat energi ponselmu, kamu dapat menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan. Atau kamu juga dapat menggunakan aplikasi yang dapat memantau panggunaan aplikasi lainnya secara otomatis.

8. Gunakan alat pengisi daya yang hemat energi

8. Gunakan alat pengisi daya hemat energi
tech-recipes.com

Kamu dapat menghemat daya penggunaan batre ponselmu dari alat pengisi dayanya. Namun faktanya, tidak semua alat pengisi daya mampu menghemat batre, sebagian diantarnya menyerap lebih banyak energi listrik.

Untuk itu, kamu sebaiknya memilih menggunakan alat pengisi daya yang hemat energi. Kamu dapat menggunakan alat pengisi daya yang memakan 30 megawatt energi atau kurang dari itu

9. Kurangi waktu screen timeout

9. Kurangi waktu screen timeout
tech-recipes.com

Tampilan layar pada ponselmu memakan banyak energi listrik. Untuk itu, dengan adanya fitur screen timeout dapat membuat layar mati ketika tidak digunakan membantumu menghemat energi.

Kamu dapat mengatur fitur tersebut agar dapat membuat layar mati lebih cepat. Semisal mengaturnya agar layar mati setelah 30 detik, waktu tersebut juga cukup untuk melihat pesan yang masuk sebelum layar padam. 

10. Matikan saat kamu tidur

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menghemat daya ponselmu ialah dengan membiarkannya beristirahat. Layaknya tubuh manusia, peralatan teknologi juga perlu istirahat. Dengan membiarkannya beristirahat, kamu juga menghemat penggunaan energinya.

Dan waktu yang paling tepat untuk membiarkannya beristirahat ialah pada malam hari?

Mengapa? Karena ketika kamu tidur, kamu tidak mungkin menggunakan atau mengaktifkan ponselmu. Ini merupakan waktu yang terbaik baginya untuk beristirahat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat energi penggunaan ponselmu, dan membuatnya lebih ramah lingkungan. Sebagian besar tips tersebut mudah untuk kamu lakukan. Untuk itu yuk kita belajar mulai membatasi energi yang kita gunakan agar rama lingkungan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.