Manfaat Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang bagi Keluarga

Nutrisi seimbang sangat baik untuk kesehatan. Mulai saat ini yuk, terapkan makan makanan bergizi!

29 November 2018

Manfaat Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang bagi Keluarga
Dok. Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP)

Konsumsi makanan bergizi, penting untuk setiap usia. Begitu juga bagi anak-anak, gizi yang tepat memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat juga.

Seiring bertambahnya usia, Mama perlu makanan sehat untuk memberikan energi tubuh sepanjang hari. Selain itu, makanan bergizi seimabang bermanfaat untuk menangkal masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, diabetes dan kondisi kesehatan lainnya.

“Masyarakat perlu sadar betapa pentingnya memerhatikan gaya hidup dan kandungan nutrisi seimbang di setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk memenuhi gizi masyarakat, susu dan produk olahannya menjadi salah satu sumber gizi yang memiliki peranan penting,” ujar Amaliya pada acara 2018 Community Gathering dengan tema Susu Kental Manis sebagai Salah Satu Sumber Gizi Seimbang Masyarakat Indonesia yang dilaksanakan di Pasar Modern Bintaro, Tangerang Selatan, Banten (24/11).

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Mama lakukan untuk membantu keluarga Mama makan dengan sehat:

1. Makan bersama

1.	Makan bersama
Pexels/Fox

Mendapati jadwal yang sibuk pada setiap orang menjadi alasan untuk sulit memiliki waktu makan malam di jam yang sama setiap harinya.

Tetapi berusahalah untuk makan malam bersama keluarga sesering mungkin. Menjadwalkan waktu yang sama setiap malam dapat mempermudah setiap anggota keluarga untuk merencanakan hidup sehat.

Ketika keluarga makan bersama, Mama, Papa dan anak-anak  bisa membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan mengembangkan kebiasaan makan sehat yang dijaga saat makan di luar.

2. Masak lebih sering

2.	Masak lebih sering
Pexels/Pixabay

Saat Mama memasak, Mama mengontrol berapa banyak lemak, garam, gula, dan bahan lainnya masuk ke makanan keluarga Mama. Persiapkan makanan favorit anak-anak dan buatlah versi yang lebih sehat.

Buat semua anggota keluarga terlibat dalam perencanaan memasak ini.

Bergiliran mengambil menu dan menyiapkan makanan. Bahkan si Kecil pun bisa membantu.

Semakin banyak orang yang terlibat, semakin mereka ingin makan apa yang ada di menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

Editors' Picks

3. Sediakanlah dapur dengan camilan sehat

3.	Sediakanlah dapur camilan sehat
Pexels/Buenosia Carol

Isi lemari dapur Mama dengan makanan ringan yang sehat seperti popcorn buatan sendiri atau pretzel tawar. Jika Mama memiliki kripik kentang, arahkan untuk menyimpannya di lemari yang dalam agar si Kecil sulit menjangkau.

Potong kecil-kecil buah-buahan dan taruh di kulkas yang mudah terlihat.

Perubahan yang Mama lakukan untuk mengganti makanan menjadi lebih sehat memang harus dilakukan bertahap agar keluarga lebih mudah beradaptasi.

4. Sesekali boleh makan apa saja, tetapi perhatikan bagiannya

4.	Sesekali boleh makan apa saja, tetapi perhatikan bagiannya
Pexels/Craig Adderley

Sesekali tidak apa-apa jika Mama dan keluarga makan makanan favorit. Jika menghilangkan kesenangan itu, justru akan membuat Mama lebih menginginkannya.

Sebaliknya, batasi untuk memakannya sesuai porsi. Jika  makan berlebihan saat makan malam, mulailah hari berikutnya untuk tidak makan berlebihan.

Jangan menyerah pada makan makanan sehat hanya karena Mama pernah makan dengan bebas.

5. Batasi makanan cepat saji

5.	 Batasi makanan cepat saji
Pexels/Pixabay

Buatlah aturan keluarga untuk makan makanan cepat saji kurang dari dua kali sebulan.

Selain itu, Mama bisa menghemat uang, merasa lebih baik, dan mungkin menemukan fakta bahwa penyajian makanan rumahan yang sederhana sama cepatnya.

Bagi anak-anak, kebiasaan yang diterapkan sejak dini akan bertahan lama hingga dewasa.

Kebiasaan untuk makan makanan sehat tentunya selalu anak-anak lakukan jika Mama sudah mengajarkannya sejak kecil. 

Baca juga: Anak Suka Banget Junk Food? Perhatikan Bahayanya Bagi Kesehatan