Ekstrak Biji Anggur Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Lho, Ma

Perhatikan juga kemungkinan efek sampingnya, ya

27 Mei 2020

Ekstrak Biji Anggur Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan, Ma
Pexels/Luiz M Santos

Selama ini, Mama mungkin beranggapan bahwa biji anggur adalah bagian dari buah anggur yang kurang berguna karena tidak bisa dikonsumsi. Padahal, biji anggur ternyata dapat diekstrak dan dimanfaatkan untuk kesehatan, lho. 

Mengutip laman Healthline, ekstrak biji anggur (GSE) merupakan suplemen makanan yang dibuat dengan cara membuang, mengeringkan, dan melumatkan biji anggur yang rasanya pahit.

Biji anggur diperkaya dengan antioksidan, termasuk asam fenolik, anthocyanin, flavonoid, dan kompleks proanthocyanidin oligomer (OPC).

Ekstrak biji anggur ini dipercaya sebagai salah satu sumber proanthocyanidins yang paling terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Selain itu, ekstrak biji anggur pun dapat membantu mencegah berbagai penyakit dan melindungi dari stres oksidatif, kerusakan jaringan, hingfa peradangan. 

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat dari ekstrak biji anggur yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Mencegah tekanan darah tinggi

1. Mencegah tekanan darah tinggi
Pexels/Anna Shvets

Antioksidan dalam ekstrak biji anggur berpotensi melindungi pembuluh darah dari kerusakan, yang dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Mutation Research/Fundamental dan Mekanisme Molekul Mutagenesis, "Ekstrak proanthocyanidin seed grape seed (GSPE) memberikan khasiat antioksidan unggul dibandingkan dengan Vitamin C, E, dan β-karoten."

Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH) mencatat bahwa itu dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan detak jantung, tetapi mereka menunjukkan bahwa itu tidak akan membantu mengurangi kadar lipid, misalnya, kolesterol, dalam darah.

Editors' Picks

2. Membasmi jamur parasit

2. Membasmi jamur parasit
Pexels/Pixabay

Mengutip laman MedicalNewsToday, ada sebuah penelitian yang dilakukan di Italia meneliti kemampuan ekstrak biji anggur untuk menyerang Candida, jamur parasit seperti ragi yang kadang-kadang, dapat menyebabkan sariawan.

Minyak biji anggur mengandung flavan-3-ols sehingga para peneliti menyimpulkan, “Hasilnya menunjukkan adanya penghambatan yang signifikan dari bCandida albicans selama 5 hari. Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur dengan kandungan flavan-3-ols polimer tinggi dapat digunakan pada infeksi mukosa seperti kandidiasis vagina.”

3. Mencegah penurunan kognitif

3. Mencegah penurunan kognitif
Pexels/Meo

Ekstrak biji anggur sangat tinggi akan proanthocyanidins yang dipercaya beberapa orang dapat mencegah penurunan kognitif.

Satu studi mengidentifikasi "Peran penting ekstrak proanthocyanidin biji anggur (GSPE) sebagai neuroprotektan dalam hippocampus dan dalam mencegah hilangnya kognitif karena penuaan."

Hasil penelitian pun menunjukkan ekstrak biji anggur dapat membantu orang dengan penyakit Alzheimer.

4. Membantu pengobatan penyakit diabetes

4. Membantu pengobatan penyakit diabetes
Pexels/PhotoMIX Ltd

Mengutip laman verywellhealth, terdapat sebuah studi tahun 2009 dengan 32 pasien diabetes tipe 2 dengan risiko kardiovaskular tinggi, peserta mengambil 600 mg ekstrak biji anggur atau plasebo setiap hari selama 4 minggu.

Hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur secara signifikan meningkatkan penanda peradangan dan glikemia.

Penulis penelitian ini pun menyarankan bahwa ekstrak biji anggur dapat dimanfaatkan sebagai pilihan obat diabetes. 

5. Kemungkinan efek samping

5. Kemungkinan efek samping
Pexels/Daria Shevtsosa

Ekstrak biji anggur umumnya ditoleransi dengan baik ketika diminum, tetapi dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kulit kepala kering atau gatal, pusing, dan mual.

Maka, diperlukan kecermatan dalam mengonsumsi ekstrak biji anggur ini. Perhatikan komposisi dan aturan pakai dalam kemasan. 

Selain itu, lerlu diingat bahwa penggunaan ekstrak biji anggur sebagai suplemen suplemen harus hati-hati. Terutama pada wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang memiliki kondisi medis atau yang sedang menjalani pengobatan. 

Untuk itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahli kesehatan sebelum mengonsumsi ekstrak biji anggur. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.