Tika Bravani Bagikan Resep Jus Pakcoy, Ini Dia Manfaatnya!

Pakcoy dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh Ma

20 September 2020

Tika Bravani Bagikan Resep Jus Pakcoy, Ini Dia Manfaatnya
foodpharmacy.com

Tika Bravani merupakan salah satu selebriti tanah air yang menjalani gaya hidup sehat. Perempuan yang eksis melalui seni peran ini cukup sering membagikan aktivitas hidup sehatnya di media sosial. 

Melalui akun Instagram pribadinya @tikabravani, ia pun kerap membagikan resep asupan sehat dari buah dan sayur. Misalnya, resep jus sayur pakcoy lezat. 

Pakcoy atau bokcoy yang lebih dikenal dengan nama sawi sendok ini adalah sayuran kaya nutrisi sehingga baik untuk tubuh. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan resep jus pakcoy ala Tika Bravani beserta manfaat mengonsumsi pakcoy. 

1. Resep jus pakcoy sehat nan lezat ala Tika Bravani

1. Resep jus pakcoy sehat nan lezat ala Tika Bravani
Instagram.com/tikabravani

Mengutip dari akun Instagram @tikabravani, istri dari Dimas Aditya ini membagikan resep jus sehat dari pakcoy. 

Dalam unggahannya Tika menyebutkan jus pakcoy tersebut diberi tambahan tomat, nanas, lemon, dan sedikit madu. 

Selain lezat, jus pakcoy dengan tambahan sayur dan buah lainnya ini kaya akan manfaat. Apalagi jika jus dikonsumsi secara rutin.

Menurut Tika, kulit wajah dan tubuhnya menjadi lebih lembap, badan lebih segar dan rileks. Lalu yang paling penting, daya tahan tubuh semakin meningkat. 

2. Kandungan nutrisi dalam pakcoy

2. Kandungan nutrisi dalam pakcoy
Myrecipes.com

Pakcoy merupakan sayuran yang kaya akan kandungan serat. Selain itu, pakcoy mengandung vitamin dan mineral lain.

Termasuk fosfor, zinc, natrium, tembaga, mangan, selenium, niasin, folat, kolin, beta-karoten, dan juga vitamin K.

Mengutip MedicalNewsToday, pakcoy menempati urutan ke-6 pada Indeks Kepadatan Nutrisi Agregat (ANDI). 

Indeks tersebut tidak hanya menilai makanan berdasarkan kandungan vitamin dan mineralnya saja, tetapi juga dari kandungan fitokimia atau sejenis antioksidan.

Jadi, kandungan nutrisi dalam pakcoy memang sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan. 

Editors' Picks

3. Bagus untuk kesehatan tulang

3. Bagus kesehatan tulang
Pexels/Pixabay

Pakcoy mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K. Semua kandungan nutrisi tersebut berkontribusi untuk membangun serta memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Dalam hal ini, zat besi dan zinc berperan penting dalam produksi dan pertumbuhan kolagen. Sedangkan fosfor dan kalsium baik untuk struktur tulang.

Tak hanya itu, pakcoy juga mengandung vitamin K yang dapat membantu jaga keseimbangan kalsium dalam tulang sehingga mengurangi risiko patah tulang.

4. Dapat mencegah penyakit kanker

4. Dapat mencegah penyakit kanker
Pexels/Anna Shvets

Pakcoy memiliki khasiat anti kanker tertentu. Hal ini karena pakcoy mengandung folat.

Folat berperan dalam produksi dan perbaikan DNA sehingga dapat mencegah pembentukan sel kanker akibat mutasi pada DNA.

Pakcoy juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Nutrisi ini memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tidak hanya itu, pakcoy mengandung mineral selenium. Selenium dapat mendetoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker, mencegah peradangan, dan menurunkan laju pertumbuhan tumor.

5. Menurunkan tekanan darah secara alami

5. Menurunkan tekanan darah secara alami
Pexels/PhotoMIX Ltd

Mengonsumsi pakcoy secara rutin dapat menurunkan tekanan darah secara alami karena mengandung kalium, kalsium, dan magnesium.

Menurut sebuah artikel dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi makanan kaya kalium setiap hari dapat bantu menurunkan tekanan darah. 

Tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang perlu dihindari. Hal ini karena tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat memicu beragam penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan stroke, gagal jantung, hingga gagal ginjal. 

6. Baik untuk kesehatan jantung

6. Baik kesehatan jantung
Pexels/Hassan OUAJBIR

Kandungan folat, kalium, vitamin C, vitamin B-6, dan kadar kolesterol yang rendah dalam pakcoy dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Bahkan, sebuah Studi Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES) yang diterbitkan tahun 2011 menemukan adanya risiko penyakit kardiovaskular pada orang yang mengonsumsi terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium.

Jadi, konsumsilah pakcoy untuk mengurangi risiko penyakit jantung karena kaya akan kalium yang bermanfaat. 

Selain itu, vitamin B-6 dan folat pada pakcoy dapat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Kelebihan homosistein di dalam tubuh bisa merusak pembuluh darah dan berujung pada gangguan jantung.

7. Meningkatkan imunitas dan baik untuk kulit

7. Meningkatkan imunitas baik kulit
Pexels/Ketut Subiyanto

Pakcoy mengandung selenium yang ditemukan dapat meningkatkan respon imun terhadap infeksi. Dengan cara merangsang produksi sel-sel baik dalam tubuh yang dapat mengidentifikasi dan membunuh bakteri atau virus. 

Tak hanya menciptakan kekebalan tubuh dengan baik, nutrisi dalam pakcoy juga bagus untuk kesehatan kulit. Hal ini karena pakcoy diperkaya dengan vitamin C.

Vitamin C merupakan nutrisi penting yang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan asap.

Vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Itulah resep olahan pakcoy dan penjelasan singkat mengenai manfaat konsumsi pakcoy. Semoga informasinya dapat berguna, ya. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.