Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jamu Cabe Puyang untuk Kesehatan

Penambah nafsu makan dan atasi anemia

29 Januari 2020

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Jamu Cabe Puyang Kesehatan
Pinterest.com/Joyce Galvão

Ragam rempah nusantara memiliki berbagai manfaat, terutama bagi kesehatan. Rempah merupakan zat alami yang mengandung banyak vitamin bagi tubuh. Rempah ini biasanya dipergunakan untuk bumbu pada makanan atau diolah sebagai minuman, seperti jamu. Salah satu jamu dari rempah-rempah, yaitu jamu cabe puyang. 

Jamu cabe puyang terbuat dari bahan utama berupa cabe jawa dan puyang atau lempuyang. Dengan campuran rempah lain, seperti saja jahe, kudu, temuireng, adas, temulawak, pulosari, merica, kedawung, kunci dan asam jawa.

Cara membuatnya pun cukup mudah dilakukan di rumah, haluskan seluruh bahan yang telah dicuci bersih. Setelah itu, peras bahan yang dicampur hingga keluar seluruh sarinya. Lalu, tuang ke dalam panci yang berisi air dan masak hingga mendidih. Jamu cabe puyang pun siap dikonsumsi. 

Selain mudah dibuat, jamu cabe puyang ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Berikut Popmama.com berikan beberapa manfaat jamu cabe puyang.

1. Meredakan pegal linu

1. Meredakan pegal linu
Unsplash/Quan Nguyen

Jamu cabe puyang berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan, maupun sakit pinggang. Konsumsi jamu ini secara rutin dapat mengembalikan kebugaran tubuh sehingga stamina tetap prima dan terhindar dari penyakit. Cocok diminum oleh orang yang memiliki aktivitas padat agar kesehatan selalu terjaga.

2. Melancarkan peredaran darah

2. Melancarkan peredaran darah
Unsplash/Andrew Herashchenko

Jamu cabe puyang dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah. Tak hanya itu, konsumsi jamu cabe puyang dengan teratur juga bisa mengatasi anemia. Kondisi kekurangan sel darah merah yang biasanya ditandai dengan munculnya rasa pusing dan mual. 

Editors' Picks

3. Menurunkan demam

3. Menurunkan demam
Unsplash/Zohre Nemati

Saat tubuh terasa lemas dan demam, jamu cabe puyang dapat menjadi solusi. Hal ini karena jamu cabe puyang memiliki sifat anti piretik yang fungsinya adalah sebagai penurun demam atau panas di dalam tubuh. Selain itu, jamu cabe puyang juga dapat mengatasi sakit kepala hingga meredakan flu. 

4. Menambah nafsu makan

4. Menambah nafsu makan
Unsplash/Icons8 Team

Konsumsi jamu cabe puyang dengan teratur dapat menambah nafsu makan sehingga cocok bagi orang yang sedang menjalani program kenaikan berat badan. Namun, tak hanya itu saja karena jamu cabe puyang juga dapat membantu sistem pencernaan sehingga makanan yang masuk tetap diolah dengan baik dalam tubuh. 

5. Menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga kesehatan kulit
Unsplash/Océane Angeletti

Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, jamu cabe puyang juga bantu menjaga kesehatan kulit. Konsumsi bahan alami seperti jamu cabe puyang dapat menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit terasa lebih halus.

Selain itu, jamu cabe puyang juga dapat melawan radikal bebas penyebab penuaan. 

Itulah beberapa manfaat luar biasa yang terkandung dalam jamu cabe puyang. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!