Mengenal Mugwort, Tanaman yang Kaya Manfaat!

Baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan, Ma

6 Juli 2020

Mengenal Mugwort, Tanaman Kaya Manfaat
Locustlightfarm.com

Mugwort (Artemisia vulgaris L.) adalah tanaman abadi dalam keluarga Asteraceae. Tanaman ini berasal dari Eropa Utara, Asia, dan juga dapat ditemukan di bagian Amerika Utara.

Bagian batang tanaman mugwort berwarna coklat kemerahan dan memiliki daun yang pahit. Tanaman ini mekar juga memiliki bunga yang jika mekar berwarna oranye atau kuning. 

Mengutip laman verywellhealth, mugwort telah dikenal bermanfaat sejak dahulu kala. Secara tradisional, mugwort dipercaya bagi kesehatan bahkan untuk kecantikan. 

Hal ini karena mugwort memiliki banyak kandungan bermanfaat. Mulai dari antibiotik polacetylenes, beta-karoten, flavonoid hydroxycoumarins, inulin, hingga kalsium. 

Secara lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan beberapa informasi mengenai mugwort beserta manfaatnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

1. Baik kesehatan pencernaan
Unsplash/LYFE Fuel

Mugwort bersifat koleretik, suatu zat yang meningkatkan volume sekresi empedu dari hati sehingga dapat membantu mengangkut dan melepaskan racun sembari memberikan manfaat besar bagi sistem pencernaan.

Tak hanya itu, rasa mugwort yang pahit juga dapat meringankan keasaman pada lambung, mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut saat mabuk perjalanan dan sakit perut akibat radang usus akut.

Editors' Picks

2. Bermanfaat untuk reproduksi perempuan

2. Bermanfaat reproduksi perempuan
Unsplash/Corinne Kutz

Mengutip laman healthbenefitstimes, mugwort memiliki afinitas untuk sistem reproduksi wanita dan merupakan stimulan uterus yang efektif sehingga dapat memulai kembali menstruasi tertunda atau memulihkan siklus bulanan alami.

Selain itu, tanaman mugwort juga dapat secara efektif menyembuhkan semua masalah lain yang berhubungan dengan periode bulanan, termasuk sakit kepala, kelelahan, mual dan sakit perut yang membuat prosesnya tidak terlalu menyakitkan dan membuat stres.

3. Mengurangi permasalahan kulit

3. Mengurangi permasalahan kulit
Unsplash/The Creative Exchange

Mugwort memberikan manfaat bagi kecantikan, terlebih pada orang yang memiliki kulit kering dan sensitif. Hal ini karena senyawa aktif dalam mugwort diyakini mampu menutrisi kulit, membantu pemulihan, meredakan radang, kemerahan, serta masalah sejenisnya pada kulit.

Mugwort banyak diolah menjadi ekstrak dan sering digunakan sebagai bahan utama dalam produk perawatan kulit. Tidak hanya meredakan masalah kulit, penggunakan masker mugwort secara rutin juga dapat melembapkan kulit dan membersihkan pori-pori. 

4. Bantu melawan tanda-tanda penuaan

4. Bantu melawan tanda-tanda penuaan
Unsplash/Edward Cisneros

Mugwort memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan bahan penting yang digunakan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, faktor utama yang mempercepat proses penuaan sel-sel kulit.

Untuk itu, mugwort dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk mencegah penuaan pada kulit orang dewasa. Biasanya, mugwort akan diolah menjadi minyak dan digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan khusus anti-aging. 

5. Dapat mencerahkan kulit

5. Dapat mencerahkan kulit
Unsplash/Noah Buscher

Mugwort kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk mencerahkan kulit. Maka tak heran jika mugwort telah banyak digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan di Korea.

Biasanya, ekstrak mugwort akan diolah menjadi produk masker, toner, essence, atau serum. Kabar baiknya lagi, mugwort aman digunakan oleh semua jenis kulit. Jadi, akan tetap nyaman bagi pemilik kulit sensitif sekalipun. 

Itulah 5 manfaat dari mugwort yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Gunakan sesuai dengan kebutuhan, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.