Obat Alami yang Bisa Mama Pilih untuk Mengatasi Penyakit Gondongan

Tetap perhatikan takaran dan cara penggunaannya, ya Ma

15 Juli 2020

Obat Alami Bisa Mama Pilih Mengatasi Penyakit Gondongan
Www.clinicalomics.com

Mama mungkin sudah tak asing lagi dengan penyakit gondongan. Ya, penyakit yang ditandai dengan kondisi membengkaknya pipi disertai nyeri, sakit kepala, mulut kering, hilang nafsu makan, dan demam sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. 

Dalam istilah medis, gondongan merupakan peradangan kelenjar parotis. Kelenjar parotis ini berfungsi untuk memproduksi air liur dan terletak di bawah telinga.

Gondongan terjadi  akibat infeksi virus dari golongan paramyxovirus. Virus penyebab gondongan menyebar melalui droplet, yaitu percikan air liur dan lendir yang keluar dari mulut dan hidung. 

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi gondongan ini. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Berikut Popmama.com berikan rekomendasi bahan alami untuk mengobati gondongan yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Bawang putih bisa membuat sistem imunitasi tubuh meningkat

1. Bawang putih bisa membuat sistem imunitasi tubuh meningkat
Unsplash/Mockup Graphics

Bawang putih yang bisa Mama temukan dengan mudah di dapur bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit gondongan, lho. Hal ini karena bawang putih mengandung flavonoid dan sulfur sehingga dapat mengatasi peradangan dan penyebab infeksi pada kelenjar lidah.

Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan allicin yang membuat sistem imunitasi tubuh meningkat. Dengan meningkatnya sistem imunitas tubuh yang optimal, virus penyebab gondongan pun berangsur menghilang.

Caranya adalah dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih secukupnya dan oleskan secara langsung pada bagian gondong. Mama juga bisa menambahkan bawang putih dalam sup atau masakan harian lainnya. 

Editors' Picks

2. Jahe atasi peradangan akibat gondongan

2. Jahe atasi peradangan akibat gondongan
Unsplash/Don Shin

Jahe memiliki kandungan minyak asiri yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengutip laman IDNTimes, efek hangat pada jahe juga bisa mengatasi peradangan akibat gondongan. 

Mama bisa menggunakan rempah ini dengan cara menghaluskan beberapa ruas jahe yang telah dibersihkan. Setelah menjadi pasta, oleskan jahe pada bagian gondong. 

Selain itu, mengolah jahe menjadi secangkir minuman hangat nan nikmat juga dapat membantu mengurangi sakit kepala dan tubuh yang menyertai akibat infeksi virus, Ma. 

3. Lidah buaya bisa mengurangi pembengkakan akibat gondongan

3. Lidah buaya bisa mengurangi pembengkakan akibat gondongan
Unsplash/pisauikan

Mama dapat menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengompres bagian sisi wajah yang mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan. 

Cara memanfaatkan lidah buaya sebagai obat gondongan adalah dengan mengambil  bagian gel lidah buaya yang masih segar. Lalu, campurkan dengan satu sendok teh bubuk kunyit.

Campur kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian gondong. Lakukan perawatan ini selama tiga kali sehari hingga sembuh.

Efek sejuk yang diberikan lidah buaya dan tambahan kunyit sebagai rempah untuk mengatasi peradangan ini akan sangat membantu dalam mengatasi gondongan. 

4. Asparagus kurangi kelenjar parotis yang terinfeksi

4. Asparagus kurangi kelenjar parotis terinfeksi
Unsplash/Christine Siracusa

Biji asparagus telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi pembengkakan kelenjar parotis yang terinfeksi. Biasanya, biji asparagus akan ditumbuk dengan air hangat hingga menjadi pasta.

Lalu, oleskan pasta asparagus ke area yang bengkak akibat gondongan. Cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan, Ma. 

Mama juga bisa membuat sup asparagus untuk dikonsumsi sehingga bisa membantu atasi gondongan. Masak sup asparagus bersama dengan sayuran lain, seperti wortel atau kubis, tambahkan sedikit lada serta garam untuk memberikan rasa dan santaplah selagi hangat. 

5. Kentang ringankan radang gondong

5. Kentang ringankan radang gondong
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Haluskan kentang dan olah menjadi jus, kemudian ambil ekstraknya. Campur jus kentang dengan beberapa tetes cuka dan oleskan pada area yang meradang karena gondongan. Cara ini akan membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan akibat gondong. 

Saat gondongan, biasanya penderita akan mengalami rasa sakit dan susah menelan karena adanya pembengkakan. Dalam hal ini, Mama dapat memberikan kentang rebus untuk mengatasi gondongan. Tekstur kentang rebus yang halus pun akan mudah untuk dikonsumsi. 

Rebus beberapa kentang yang telah dibersihkan dan taburi lada pada air rebusan. Kentang merupakan sumber karbohidrat yang bisa menjadi energi untuk tubuh dan lada memiliki zat anti peradangan sehingga akan membuat gondong tidak terasa sakit dan sembuh lebih cepat. 

Itulah 5 bahan alami yang dapat Mama gunakan untuk mengatasi penyakit gondongan. Namun, tetap perhatikan takaran dan penggunaannya dengan cermat. 

Jika gondongan tak kunjung sembuh, kunjungi dokter segera untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Semoga bermanfaat, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.