3 Pesan Tentang Kehidupan yang Dapat Diambil dari Film Semesta

Ajak penonton untuk peduli dan menjaga alam

24 Januari 2020

3 Pesan Tentang Kehidupan Dapat Diambil dari Film Semesta
Youtube.com/TanahkirFilms

Mandy Marahimin dan Nicholas Saputra selaku pendiri Tanakhir Films dan produser akan menampilkan karya terbarunya berupa film dokumenter berjudul Semesta.

Film dokumenter ini menyajikan sebuah cerita tentang tokoh-tokoh di Indonesia yang peduli pada pemanasan global dan berupaya menjaga lingkungan sekitar. 

Dibintangi oleh tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam menjaga keseimbangan alam, budaya, dan manusia.

Film ini mengangkat sudut pandang tokoh yang berbeda dari 7 daerah di Indonesia. Selain tokoh dalam film yang menginspirasi, ada pesan lain yang dapat diambil dan dijadikan pembelajaran dari film ini. Berikut Popmama.com rangkum selengkapnya: 

1. Keberagaman bukan alasan perpecahan

1. Keberagaman bukan alasan perpecahan
Dok. Tanakhir Films

Dikarenakan bercerita tentang tokoh dalam 7 daerah di Indonesia yang berbeda, film Semesta ini menyadarkan penonton bahwa nusantara terdiri dari banyak keberagaman. Baik dari masyarakat, kepercayaan, maupun kebudayaannya.

Hal tersebut dapat dijadikan pembelajaran bahwa perbedaan bukan suatu masalah, tetapi bisa dipersatukan dengan satu misi yang sama, yaitu menjaga alam. Dengan kerja sama dari keberagaman tersebut, upaya pelestarian dan keseimbangan alam dengan manusia akan terwujud. 

Editors' Picks

2. Sadarkan pentingnya menjaga alam

2. Sadarkan penting menjaga alam
Dok. Tanakhir Films

Film dokumenter yang diproduseri oleh aktor sekaligus pendiri Tanahkir Films, Nicholas Saputra ini dapat menjadi pembelajaran bagi penonton. Mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan agar keberlangsungan hidup manusia dapat terus berjalan.

Namun, film ini mengangkat sudut pandang yang berbeda dengan tidak menampilkan bahaya dari pemanasan global yang mengerikan, tetapi fokus pada langkah-langkah nyata yang dapat dilakukan.

Jadi, penonton bisa dapat belajar dari para tokoh yang menginspirasi dalam cerita untuk melakukan upaya jaga lingkungan. 

3. Perubahan dapat dimulai dari hal kecil

3. Perubahan dapat dimulai dari hal kecil
Dok. Tanakhir Films

Dalam film Semesta yang disutradarai oleh Chairun Nissa ini penonton dapat belajar bahwa setiap perubahan dapat dimulai dari hal kecil.

Dengan kerja sama satu sama lain, perubahan kecil tersebut bisa berdampak besar bagi lingkungan.

Misalnya, dengan mengelola halaman rumah sebagai ladang penghijauan, menjaga kebersihan sungai, atau menjaga ekosistem laut dengan tidak menangkap ikan menggunakan zat kimia. 

Selain menginspirasi untuk bergerak menjaga lingkungan, film Semesta ini juga memiliki alur cerita yang ringan.

Dengan menampilkan pengenalan, permasalahan, dan penyelesaian sehingga lebih mudah dipahami meskipun terdapat tokoh dari 7 daerah berbeda.

Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan film ini, ya. Tayang secara terbatas di bioskop pada tanggal 30 Januari 2020 mendatang.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.