7 Wisata di Singapura Ini Bisa Jadi Pilihan untuk Mama dan Keluarga

Seru dan edukatif lho, Ma!

21 Februari 2020

7 Wisata Singapura Ini Bisa Jadi Pilihan Mama Keluarga
Unsplash/Anna Auza

Hampir setiap orang menyukai liburan, pergi ke tempat wisata dengan kegiatan menarik, dan menambah pengalaman tersendiri. Saat ini, ada banyak tujuan yang menawarkan keindahan dengan aktivitas seru, seperti Singapura.

Negara yang terkenal dengan patung merlion ini dapat menjadi pilihan wisata Mama dan keluarga. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan biaya cukup terjangkau membuat banyak wisatawan dari Indonesia berkunjung ke negara tetangga tersebut.

Hal ini didukung oleh data Singapore Tourism Board Indonesia yang mengungkapkan bahwa jumlah wisatawan asal Indonesia ke Singapura pada 2019 mencapai 3,11 juta kunjungan. Dengan jumlah pertumbuhan mencapai 3% dari tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya tempat wisata yang apik, Singapura juga menawarkan tempat-tempat belanja dengan suguhan makanan menggiurkan.

Jika Mama tertarik berkunjung ke Singapura, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tempat wisata rekomendasi dari Popmama.com yang ramah anak dan keluarga. Dilansir dari VisitSingapore. Yuk, simak!

1. Kehidupan flora Gardens by The Bay

1. Kehidupan flora Gardens by The Bay
Instagram.com/uyantien

Tempat wisata Gardens by the Bay ini berdiri di atas lahan reklamasi seluas 10 ha, merupakan taman yang memiliki air terjun indoor tertinggi di dunia dan pohon raksasa setinggi bangunan 16 lantai.

Di sini, Mama dapat mengenalkan anak dengan beragam kehidupan flora dari 4 penjuru dunia. Anak akan mendapat pengalaman seru karena bisa melihat aneka spesies dari dekat. Tak tanggung-tanggung, Gardens by The Bay memiliki koleksi lebih dari 500.000 tanaman dari 2.200 jenis.

Ada beragam kegiatan menarik di taman yang hijau nan asri ini, seperti Flower Dome yang berisi berbagai tumbuhan dan bunga, Floral Fantasy yang mengulas dunia sejarah dan fantasi dengan zona khusus dari berbagai kisah dongeng, hingga Cloud Forest yang memiliki pemandangan berbagai tumbuhan langka.  

2. Taman hiburan penuh tantangan Universal Studios

2. Taman hiburan penuh tantangan Universal Studios
Instagram.com/visitsingapore

Universal Studioss menjadi pilihan wisata Singapura yang paling populer. Merupakan taman hiburan bertema film pertama yang ada di Asia Tenggara. Mama dan keluarga bisa menghabiskan waktu untuk bersenang-senang di tempat ini.

Menawarkan pilihan atraksi yang menarik, wahana, dan hiburan bagi keluarga. Universal Studios memiliki 7 zona bertema film yang dapat dinikmati lho, Ma. Mulai dari tema Hollywood Walk of Fame, Transformers, Sherk 4-D Adventure at Far Far Away, hingga Lost World.

Dengan beragam keseruan yang cukup menguji adrenalin. Namun, tetap terasa menyenangkan. Sebanyak 18 dari 24 wahan yang ada di Universal Studios memiliki desain khusus taman Singapura sehingga lebih menarik pengunjung.  

3. Ragam permainan seru dan edukatif Kiztopia

3. Ragam permainan seru edukatif Kiztopia
Instagram.com/choochootwins

Di tempat wisata bernama Kiztopia ini Mama dapat mengajak si Kecil belajar memasak, bermain musik, belajar membuat karya seni dan kerajinan tangan, serta membuat acara sendiri di taman bermain interaktif indoor.

Menawarkan pengalaman seru dan juga edukatif karena anak akan bermain sambil belajar sesuai dengan bidang kesukaannya. Mulai dari mengemudi mobil, menaiki kereta api, serta beragam permainan lain dengan teknologi augmented reality yang canggih, tetapi aman untuk anak-anak.

Aktivitas di Kiztopia ini pun dapat membuat si Kecil menemukan bakat atau gambaran cita-citanya. Dengan demikian, Mama sebagai orangtua pun bisa terbantu dalam mengarahkan cara belajar anak sesuai minat. 

Editors' Picks

4. Sajian karya seni apik National Gallery Singapore

4. Sajian karya seni apik National Gallery Singapore
Instagram.com/nationalgallerysingapore

Mama bisa mengenalkan anak kepada karya-karya seni yang indah di National Gallery Singapore. Di dalam galeri ini Mama dan keluarga dapat menyaksikan lebih dari 8.000 koleksi nasional Singapura. Bangunan seluas 64.000 meter ini pun menjadi tempat seni visual terbesar di Singapura.

Selain menawarkan koleksi menarik, National Gallery Singapore juga akan memberikan pemahaman yang berbeda mengenai seni dan budaya yang dikemas dalam berbagai media. Anak-anak pun bisa belajar karya seni, apresiasi, dan melatih jiwa kreativitas mereka.

5. Pengalaman alam menyenangkan Jurong Lake Gardens

5. Pengalaman alam menyenangkan Jurong Lake Gardens
Instagram.com/leehsienloong

Jurong Lake Gardens dapat menjadi pilihan wisata yang seru dan juga edukatif untuk Mama serta keluarga. Merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai spot menarik mengenai alam, seperti pohon yang terbuat dari barang-barang bekas dan taman bermain dengan nuansa alam.

Si Kecil akan belajar banyak tentang ilmu alam melalui spot Clusia Cove, tempat yang menyajikan sistem daur ulang air tertutup sehingga anak-anak bisa melihat simulasi pergerakan air laut secara langsung.  

6. Singapore Zoo dengan ragam spesies satwa

6. Singapore Zoo ragam spesies satwa
Instagram.com/singaporezoo.sg

Jika Mama ingin mengenalkan anak dengan beragam jenis hewan dan habitatnya. Singapore Zoo dapat menjadi pilihan tempat wisata yang dikunjungi. Ada beragam jenis hewan yang bisa dilihat, seperti harimau putih, kuda nil kerdil, dan lainnya.

Taman margasatwa seluas 26 hektar ini memiliki lebih dari 300 spesies yang bisa Mama kenalkan pada si Kecil. Dengan banyak spesies mamalia, burung, serta reptil. Selain itu, Singapore Zoo juga menyajikan pertunjukkan gajah dan singa laut sehingga anak bisa berinteraksi bersama hewan lebih dekat.

7. Wisata budaya China Town dan Little India

7. Wisata budaya China Town Little India
Instagram.com/chinatownsingapore destination_anywhere_anytime

Di Singapura, Mama juga dapat memberi pengetahuan terhadap kebudayaan pada anak. Misalnya, dengan mengunjungi kawasan China Town dan Little India.

Kedua tempat wisata ini akan menawarkan pengalaman seru dari segi sejarah, gaya hidup, dan kebudayaan. Tak hanya itu, China Town dan Little India juga menyajikan beragam pilihan kuliner yang menggiurkan.

Jadi, selain menambah wawasan, anak juga dapat belajar tentang toleransi dalam kehidupan. Dimana mereka dapat bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang berbeda.

Itu lah 7 rekomendasi tempat wisata di Singapura yang dapat dikunjungi oleh Mama dan keluarga. Selain liburan, tempat wisata tersebut juga bisa menjadi saran edukasi untuk si Kecil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.