Waspada Covid-19, Ini Cara Aman Bersihkan Bahan Makanan

Pastikan semua bahan makakan benar-benar bersih sebelum dikonsumsi

6 April 2020

Waspada Covid-19, Ini Cara Aman Bersihkan Bahan Makanan
Pexels/Oleg Magni

Di tengah pandemi covid-19 yang semakin hari kian mengkhawatirkan. Membuat setiap orang perlu waspada dalam beraktivitas. Mengingat virus ini dapat bertahan selama 72 jam lamanya. 

Tidak hanya menjaga kebersihan diri dan melakukan social distancing, Mama juga perlu memastikan makanan yang masuk dalam tubuh.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Mama juga perlu memerhatikan cara pengolahannya. 

Tak terkecuali saat membeli dan membersihkan bahan-bahan makanan sebelum dimasak agar terhindar dari risiko terjangkit virus.

Dilansir dari laman Healthline, berikut Popmama.com berikan tips belanja dan cara bersihkan bahan makanan secara aman. 

Editors' Picks

1. Perhatikan kebersihan saat belanja

1. Perhatikan kebersihan saat belanja
Pexels/PhotoMIX Ltd

Saat pergi berbelanja bahan makanan, pastikan selalu kebersihannya ya, Ma. Hal ini karena Mama tidak bisa memastikan orang-orang dunia luar yang sakit sehingga mungkin lebih berisiko terpapar virus. Usahakan untuk menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain setiap saat.

Charlotte Baker, DrPH, MPH, asisten profesor epidemiologi di Virginia-Maryland College of Veterinary Medicine di Blacksburg, Virginia, mengatakan, "Jangan takut untuk meminta orang lain mundur jika mereka terlalu dekat denganmu."

Mama juga bisa menunggu beberapa saat setelah orang lain memilih bahan makanan yang sama. Meskipun ada beberapa bahan makanan telah dikemas, Mama perlu berhati-hati karena virus juga bisa bertahan pada plastik, stainless steel, dan kardus. 

Sebaiknya hanya menyentuh barang yang pasti Mama beli saja.

Jangan lupa untuk membersihkan keranjang belanja dengan tisu atau disinfektan dan cuci lah tangan dengan sabun juga air mengalir setelah selesai berbelanja. 

Jika memungkinkan, Mama bisa membeli bahan makanan secara online. Jadi, Mama tidak perlu ke luar rumah sehingga dapat mengurangi risiko penularan virus dari orang lain atau barang yang disentuh dari luar.

2. Bersihkan permukaan yang tersentuh bahan makanan

2. Bersihkan permukaan tersentuh bahan makanan
Pexels/Polina Tankilevitch

Setelah mendapatkan bahan makanan yang Mama inginkan, sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum juga sesudah membongkar dan menyimpannya.

Elizabeth L. Andress, PhD, seorang profesor makanan dan nutrisi di Universitas Georgia, mengatakan, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar bahan makanan benar-benar bersih dan aman.

Misalnya, mencuci kaleng dan kotak penyimpan makanan. Mama juga perlu mencuci atau membersihkan meja, tas belanja, dan permukaan lain yang tersentuh oleh bahan makanan sebelumnya dengan disinfektan. 

3. Cuci bahan makanan di air yang mengalir

3. Cuci bahan makanan air mengalir
Pexels/Burst

Sebagai upaya dari pencegahan, Mama perlu menerapkan cara yang dilakukan oleh Dr. Jeffrey VanWingen, seorang dokter keluarga yang berpraktik di Grand Rapids.

Salah satunya dengan membiarkan bahan makanan di ruang terbuka seperti teras atau garasi selama 72 jam untuk menonaktifkan virus jika terkontaminasi. Namun, pastikan benar-benar aman ya, Ma.

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut, Mama cukup membersihkan kemasan beserta bahan makanan dengan disinfektan sebelum menyimpannya.

Untuk buah-buahan dan sayuran,  cuci lah pada air yang mengalir. Gosok-gosok selama 20 detik. Jika menggunakan sabun, pastikan agar bahan makanan benar-benar terbilas dengan baik sehingga terhindar dari risiko menelan bahan kimia dari sabun. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengolah bahan makanan. Selain itu, pastikan semuanya benar-benar matang agar aman dikonsumsi ya, Ma. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.