5 Olahraga Ringan di Kantor yang Bikin Sehat dan Bugar Pascamelahirkan

Kata siapa tidak bisa olahraga sambil kerja?

26 Juni 2019

5 Olahraga Ringan Kantor Bikin Sehat Bugar Pascamelahirkan
Shutterstock/Dragon Images

Sudah jadi rahasia umum kalau setiap Mama ingin kembali bugar setelah melahirkan. Pasti juga ada keinginan dari Mama untuk kembali berolahraga guna menurunkan berat badan dengan sehat deh, ya kan? Namun terkadang keinginan ini sulit terwujud karena kesibukan baru yang dimiliki sebagai wanita karier, istri, sekaligus Mama untuk si buah hati. Tapi, tahukah Mama kalau ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan bahkan di kantor sekalipun lho.

Nah, untuk membantu Mama, berikut 5 olahraga ringan di kantor yang bikin sehat dan bugar pascamelahirkan. Dicoba yuk Ma!

1. Sering gunakan tangga

1. Sering gunakan tangga
Freepik/shutter2u

Hayo Mama yang suka pergi ke mal atau kerja kantoran, pasti lebih sering menggunakan lift ya? Mulai sekarang lebih baik gunakan anak tangga. Menggunakan anak tangga membuat Mama lebih banyak bergerak. Selain menggunakan anak tangga bisa menyehatkan karena terhitung olahraga ringan, Mama juga membantu dalam menghemat listrik. Mama bisa mencoba dengan berjalan menuruni atau menaiki tangga, dua anak tangga sekaligus jika ingin intensitas lebih. Intinya, jangan malas bergerak ya Ma.

2. Lakukan gerakan seated knee tucks saat duduk

2. Lakukan gerakan seated knee tucks saat duduk
skimble.com

Bagi Mama yang bekerja kantoran, Mama masih bisa melakukan gerakan olahraga ringan lho. Caranya mudah banget kok Ma, gunakan kedua tangan untuk menggenggam pinggiran kursi sebagai tumpuan. Rebahkan badan sedikit hingga punggung hampir menyentuh sandaran kursi. Pada saat bersamaan, angkat kedua kaki dalam keadaan tertekuk dan luruskan kaki sejauh dan setinggi mungkin. Ulangi gerakan beberapa kali ya Ma, untuk mencegah perut buncit.

3. Senam Kegel sambil duduk

3. Senam Kegel sambil duduk
shared.com

Bagi working Mama yang sehabis melahirkan, biasanya Mama disarankan untuk rajin senam kegel. Karena senam kegel ini baik untuk melatih otot panggul bawah dan mengencangkan otot vagina. Tak punya waktu? Mama dapat mempraktikkan senam Kegel sambil duduk di kantor. Caranya, kencangkan bokong, tahan selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga 15 kali.

Mama ingin tetap aktif berolahraga namun tengah menjalankan program KB? Tidak perlu khawatir, Ma. Gunakan saja Pil KB Andalan FE yang mampu memberikan perlindungan ganda sebagai pilihan kontrasepsi Mama. Karena Pil KB Andalan FE memiliki kandungan zat besi yang juga membantu mengatasi gejala anemia pada saat menstruasi. Sehingga Mama tetap bisa bergerak aktif setiap hari walau sedang mengonsumsi Pil KB.

Editors' Picks

5 Olahraga Ringan Kantor Bikin Sehat Bugar Pascamelahirkan
Popmama/Andalan

Dengan menggunakan Pil KB Andalan FE Mama juga tak perlu khawatir akan ‘kebobolan’. Karena dengan penggunaan yang rutin dan tepat, Pil KB Andalan FE ini mampu membantu mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur dan membuat cairan vagina menjadi kental sehingga sulit dilalui oleh sperma.

Selain itu, Pil KB Andalan FE juga mampu membantu mengurangi resiko kanker rahim serta dapat mengembalikan kesuburan dengan cepat. Mama bisa memperoleh Pil KB Andalan FE di bidan serta apotek terdekat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pil KB Andalan FE, cek di sini ya, Ma!

4. Berjalan kaki menuju tempat makan siang

4. Berjalan kaki menuju tempat makan siang
Freepik/katemangostar

Siapa di antara Mama yang saat ini suka malas gerak untuk pergi ke mana-mana saat bekerja? Mending mulai dikurangi kebiasaan malas bergeraknya, Ma. Manfaatkan waktu luang di kantor dengan berolahraga ringan salah satunya adalah jalan kaki ke tempat makan siang. Mama bisa memilih lokasi makan siang atau rapat di tempat yang agak jauh dari kantor, tapi tetap dapat dicapai dengan berjalan kaki bersama beberapa teman. Jadi lumayan bisa olahraga sebentar ‘kan.

5. Pilih angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi

5. Pilih angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi
gettyimages.com

Mama sering berangkat kerja dan bepergian menggunakan kendaraan pribadi? Mending mulai sekarang dikurangi. Mama bisa mulai menggunakan angkutan umum saja. Kenapa? Dengan menggunakan angkutan umum, Mama jadi bisa lebih banyak bergerak. Gerakan ringan seperti berjalan kaki, atau mengejar bus juga termasuk olahraga lho. Selain menjadi lebih banyak bergerak, bisa juga langkah membantu mengurangi kemacetan.

Gimana Ma, minat mencoba?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!