14 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil yang Harus Diketahui

Manfaat Mengonsumsi Buah Apel untuk Ibu Hamil!

19 September 2021

14 Manfaat Apel Ibu Hamil Harus Diketahui
Shutterstock
Dok. Jovee

Mengonsumsi apel untuk ibu hamil dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan imunitas tubuh bagi mama, serta membantu dalam mengurangi risiko anak terkena asma nantinya. Hal ini dikarenakan banyak kandungan nutrisi dari apel yang baik untuk ibu hamil, antara lain vitamin A, C, E, K, serat, kalium, kalsium, dan lain lain.

Berikut ini terdapat 14 manfaat yang harus diketahui oleh ibu hamil, antara lain:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Pexels/Garon Piceli

Kandungan vitamin C yang terdapat pada apel memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi ibu hamil. Diketahui vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bekerja untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

2. Mengurangi Mual dan Muntah

2. Mengurangi Mual Muntah
Freepik/cookie_studio

Bagi ibu hamil yang sering merasa mual hingga muntah, mungkin bisa mulai konsumsi buah apel secara rutin. Sebab kandungan nutrisi pada buah apel dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang dirasakan ibu hamil.

3. Meningkatkan Energi

3. Meningkatkan Energi
Freepik/Wayhomestudio
Ilustrasi

Ibu hamil sering merasa lemas, karena kelelahan selama masa kehamilan. Bumil bisa mulai mengonsumsi apel setiap hari, karena kandungan antioksidan kompleks dalam buah apel dapat memberikan suplai energi kepada ibu hamil, sehingga dapat meningkatkan energi kembali.

4. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

4. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Pexels/Mareefe

Selama masa kehamilan, sudah menjadi hal yang wajar bahwa ibu hamil akan memiliki volume darah yang meningkat hingga 45% dan membutuhkan asupan cairan dan kalium, agar tidak dehidrasi. Dengan mengonsumsi buah apel yang mengandung kalium, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan cairan dan elektrolit yang seimbang.

5. Meminimalisir Risiko Cacat Lahir

5. Meminimalisir Risiko Cacat Lahir
Freepik/drobotdean

Untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, ibu hamil harus mengonsumsi kebutuhan folat harian. Apel memiliki kadar asam folat yang dapat memenuhi kebutuhan folat harian bagi bumil agar dapat meminimalisir risiko cacat lahir tersebut.

6. Mengurangi Risiko Asma

6. Mengurangi Risiko Asma
Freepik/wavebreakmedia

Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi apel secara rutin dapat mengurangi risiko asma pada janin hingga 53%. Sebab apel memiliki kandungan antioksidan yang dapat membersihkan saluran pernapasan janin agar tetap bersih.

Editors' Picks

8. Sebagai Antioksidan

8. Sebagai Antioksidan
Pexels/Phiwat Chungcao

Ibu hamil cenderung merasakan daya tahan tubuh berkurang selama masa kehamilan. Bumil dapat mulai mengonsumsi buah apel secara rutin, karena apel memiliki kandungan nutrisi yang memiliki manfaat sebagai antioksidan di tubuh ibu hamil, sehingga menjaga tubuh tetap stabil dan menghindarkan dari radiakal bebas juga.

9. Mengurangi Risiko Stroke

9. Mengurangi Risiko Stroke
Freepik/Dragana_Gordic

Kandungan mineral yang terdapat buah apel sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena dapat menyehatkan tubuh, serta membantu dalam menyehatkan tulang dan mengurangi risiko stroke yang terjadi pada ibu hamil.

9. Mencegah dan Mengatasi Kram Kaki

9. Mencegah Mengatasi Kram Kaki
Pixabay/Pixel2013

Mengalami kram kaki merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu hamil dikarenakan bumil mengalami perubahan berat badan, kekurangan asupan mineral, dan perubahan hormon. Dalam melakukan pencegahan kram kaki, bumil dapat mengonsumsi apel yang mengandung mineral penting, antara lain kalium, magnesium, dan kalsium.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Pixabay/Anastasia Gepp

Apel memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu ibu hamil dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mengonsumsi apel secara rutin, maka kebutuhan serat dapat terpenuhi dan terhindar dari sembelit.

11. Mengontrol Gula Darah

11. Mengontrol Gula Darah

Jika ibu hamil sering memakan buah apel sehari-hari, maka dapat merasakan manfaatnya yaitu mengontrol gula darah. Sebab buah apel mengandung fitonutrien yang dapat membantu merangsang sel-sel pankreas agar dapat membuat insulin dan mengurangi penyerapan dari konsumsi gula yang masuk ke dalam aliran darah. 

12. Membantu Diet Selama Masa Kehamilan

12. Membantu Diet Selama Masa Kehamilan
Freepik/lookstudio

Kandungan serat yang terdapat dalam buah apel disebut pektin dapat membantu ibu hamil dalam melakukan diet sehat selama masa kehamilan. Sebab pektin dapat bermanfaat bagi diet untuk bumil karena menurunkan kadar gula dan membantu dalam menurunkan berat badan.

13. Mengurangi Hipertensi atau Tekanan Darah

13. Mengurangi Hipertensi atau Tekanan Darah
Freepik/Jcomp

Selama masa kehamilan, ibu hamil cenderung lebih sensitif dan emosional yang membuat tekanan darah menjadi tidak stabil. Mama dapat mengonsumsi buah apel dengan rutin, karena buah apel dapat menurunkan kadar kolesterol yang membuat tekanan darah pada tubuh mama menjadi kembali normal.

14. Mencegah Anemia

14. Mencegah Anemia
Freepik/bearfotos

Jika ibu hamil sering mengalami anemia, mama dapat mulai konsumsi apel yang memiliki manfaat dalam mencegah anemia timbul kembali. Diketahui buah apel memiliki kandungan zat besi yang membantu dalam meningkatkan hemogoblin dalam darah dan bisa mencegah anemia.

Itulah ulasan mengenai manfaat apel yang baik untuk kesehatan tubuh bagi ibu hamil, seperti mengurangi risiko terjadinya berbagai macam kemungkinan penyakit dan membantu tubuh mama menjadi lebih berenergi hingga kesehatan bagi janin dalam kandungan mama.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat dari buah apel yang baik bagi kesehatan, bagaimana menurut Kamu tentang manfaat apel tersebut?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.