Inilah 12 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Berbagai Khasiat Buah Delima

23 September 2021

Inilah 12 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh Kamu
Unsplash/Marco Secchi

Buah delima merupakan buah yang digunakan untuk pengobatan terhadap penyakit tertentu sejak ribuan tahun lalu. Kandungan mineral dan berbagai nutrisi dalam buah delima memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, ibu hamil juga boleh mengonsumsi buah delima yang memberikan manfaat kesehatan bagi ibu dan janin selama masa kehamilan.

Kandungan nutrisi buah delima

Kandungan nutrisi buah delima
Unsplash/Clique Images

Buah delima berbentuk bulat dan terdapat biji berwarna merah rubi yang disebut dengan aril. Buah delima dengan berat 174 gram aril yang memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin C 30%, vitamin K 36%, folat 16%, potassium 12%, serat sebanyak 17 gram, dan protein sebanyak 3 gram.

Berikut ini terdapat kandungan nutrisi lainnya dalam satu buah delima sekitar 154 gram, antara lain:

  • Air: 120 gram

  • Kalori: 128

  • Protein: 2,57 gram

  • Lemak total: 1,8 gram

  • Serat: 6,16 gram

  • Gula total: 21,1 gram

  • Kalsium: 15,4 mg

  • Magnesium: 18,5 mg

  • Fosfor: 55,4 gram

  • Vitamin C: 15,7 mg

  • Kalium: 363 mg

  • Vitamin B9: 58,5 mcg

  • Kandungan buah delima lainnya: zat besi, vitamin B1, B2, B3, B6, E, K. zinc, tembaga, selenium.

Namun, kandungan gula yang terdapat dalam buah delima termasuk tinggi, yakni mencapai 21,1-24 gram dan 144 kalori.

Manfaat buah delima

Manfaat buah delima
Pexels/Kristina Paukshtite

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan nutrisi dari buah delima, berikut ini terdapat beberapa manfaat buah delima yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah anemia

1. Mencegah anemia
Freepik

Buah delima memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu zat besi dalam makanan akan terserap dengan baik oleh tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

2. Menurunkan tekanan darah
Pexels/PhotoMIX Ltd

Buah delima dapat diolah menjadi jus dan bisa Kamu konsumsi secara rutin agar mendapatkan manfaatnya seperti menurunkan tekanan darah sistolik. 

Hal ini terbukti melalui tinjauan komperehensif dari suatu uji coba yang dilakukan terhadap buah dilema. Hasilnya buah delima dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dengan mengonsumsinya setiap hari.

3. Membantu pencernaan

3. Membantu pencernaan
Pixabay/mohamed_hassan

Manfaat buah delima lainnya yaitu membantu pencernaan, Kamu bisa menambahkan buah delima ke dalam menu makan Kamu sehari-hari agar kebutuhan serat harian Kamu terpenuhi. Diketahui bahwa serat dalam buah delima dapat memenuhi sekitar 45% asupan serat harian yang direkomendasikan.

4. Menurunkan tingkat stress

4. Menurunkan tingkat stress
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika Kamu meminum jus buah delima setiap hari, maka Kamu bisa mendapatkan manfaatnya seperti menurunkan tingkat stress psikologis akibat kehidupan pribadi atau kehidupan pekerjaan Kamu. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang meminum jus buah delima cenderung memiliki kadar kortisol lebih rendah dari yang tidak meminum jus buah delima. Serta hormon stres akan meningkat dalam kondisi stres.

Editors' Picks

5. Meningkatkan klinerja seksual dan kesuburan

5. Meningkatkan klinerja seksual kesuburan
psychologies.co.uk

Adanya kandungan antioksidan dalam buah delima mampu menurunkan stress oksidatif dan meningkatkan kesuburan pada wanita. Dengan adanya penurunan dari stress oksidatif, maka kinerja seksual dapat meningkat yang ditandai dengan peningkatan sperma pada laki-laki dan kesuburan wanita.

6. Mengurangi berat badan

6. Mengurangi berat badan
Dok. Jovee

Manfaat ini dirasakan oleh penderita obesitas yang mengonsumsi buah delima dengan adanya pengurangan berat badan. Namun, buah delima tidak meningkatkan kadar gula darah.

7. Membuat tidur lelap

7. Membuat tidur lelap
motherandbaby.co.id

Bagi Kamu yang mengalami gejala menopause dan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, Kamu dapat mencoba mengonsumsi suplemen buah delima selama 12 minggu. Cara ini merupakan salah satu manfaat dari buah delima dengan membuat Kamu tidur lelap.

8. Melunakkan plak gigi

8. Melunakkan plak gigi
Pixabay/wjgomes

Buah delima dapat memberikan manfaat pada gigi dengan melunakkan plak gigi agar mudah dibersihkan, serta membuat gusi terhindar dari periodontitis. Kamu bisa kumur-kumur dengan jus buah delima setiap pagi agar mendapatkan hasil yang maksimal pada gigi dan gusi.

9. Meningkatkan stamina

9. Meningkatkan stamina
Unsplash/Quan Nguyen

Terdapat sebuah studi yang menunjukan bahwa manfaat buah delima salah satunya yaitu meningkatkan stamina ketika tubuh Kamu terasa lemas. Tetapi, hal ini tidak berlaku pada atlet.

10. Mengatasi disfungsi ereksi

10. Mengatasi disfungsi ereksi
realfoodforlife.com

Jika Kamu mengalami disfungsi ereksi, Kamu bisa meminum jus buah delima secara rutin selama 4 minggu berturut-turut hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Menghilangkan kekakuan pada otot

11. Menghilangkan kekakuan otot
Pexels/Alex Green

Bagi Kamu yang mengalami kaku otot di area siku, Kamu bisa mencoba minum jus buah delima sebanyak 2 kali dalam sehari selama 15 hari. Buah delima dinilai ampuh untuk menghilang kekakuan pada otot siku.

12. Meringankan kram

12. Meringankan kram
Freepik

Bagi ibu hamil yang sering mengalami kram, maka ibu hamil dapat meminum jus buah delima sebagai obat alami. Buah delima memiliki kandungan potasium yang bisa meringankan kram.

Itulan ulasan mengenai manfaat buah delima yang baik bagi kesehatan tubuh, serta memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Bagaimana menurut Kamu mengenai manfaat buah delima?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.