8 Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Kanker dan Jantung

Yuk Konsumsi Jambu Biji untuk Kesehatan!

21 September 2021

8 Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Penderita Kanker Jantung
Pexels/Lum3n

Seperti yang kita ketahui jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisinya. Manfaat Buah Jambu Biji ini beraneka macam untuk kesehatan yang mempunyai kandungan utama tinggi serat, rendah kalori dan terdapat vitamin penting bagi tubuh.

Selain dari kandungan di atas, buah dari Amerika Tengah ini juga mempunyai kandungan lainnya. Seperti halnya karbohidrat, potasium, vitamin C, A, serat, gula dan rendah lemak.

Berikut manfaat buah jambu biji yang baik dikonsumsi bagi kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Freepik/User18526052

Mengkonsumsi buah jambu biji dipercaya bisa memberikan peningkatan kesehatan pada jantung. Sebab di dalam kandungannya terdapat tinggi kalsium dan serat laut yang mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah hingga kolesterol jahat.

Dengan menurunkan resiko dari tekanan darah dan kolesterol jahat bisa menstabilkan penyakit jantung. Selain itu buah jambu biji yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kolesterol baik hingga 8 persen.

2. Meningkatkan kesehatan pada pencernaan

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pixabay/mohamed_hassan

Sebagai buah yang kaya akan serat larut air, dapat membantu melancarkan gerakan usus yang bisa mencegah terjadinya sembelit ketika mengkonsumi jambu biji secara rutin. Untuk memenuhi kebutuhan harian akan serat hingga 12 persen bisa konsumsi jambu biji 1 buah.

Dari penelitian yang sudah dilakukan, selain bisa melancarkan pencernaan, jambu biji juga dapat mengurangi intensitas serta durasinya diare. Daun bijinya mempunyai sifat antimikroba yang mana dapat menetralkan mikroba penyebab terjadinya diare.

3. Manfaat buah jambu biji membantu penurunan berat badan

3. Manfaat buah jambu biji membantu penurunan berat badan
medicalnewstoday.com

Jambu biji merupakan salah satu sumber makanan sehat yang sangat cocok dikonsumsi untuk program diet atau penurunan berat badan. Kandungan kalori yang ada pada buah jambu biji hanya 37 kkal, sehingga ketika kita konsumsi 1 buah jambu biji saja sudah memenuhi kebutuhan harian serat hingga 12 persen.

Bagi mereka yang menjalankan program diet bisa memakan jambu biji sebagai camilan harian. Meskipun hanya sekadar camilan, namun sudah mendapatkan bonus vitamin dan juga mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Editors' Picks

4. Membantu peningkatan daya tahan tubuh

4. Membantu peningkatan daya tahan tubuh
Freepik/prostooleh

Sebagai buah yang mempunyai kandungan vitamin C, namun vitamin tersebut 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Fungsi vitamin C bagi tubuh yaitu untuk menjaga sistem daya tahan tubuh, sehingga jika kekurangan vitamin C, maka akan rentan untuk terserang penyakit ataupun infeksi.

Manfaat lain dari buah jambu biji bisa mengurangi durasi pilek karena terdapat kandungan vitamin C. Selain itu buah yang kurang diminati oleh kalangan masyarakat ini memiliki manfaat antimikroba yang bisa melawan adanya virus dan bakteri jahat pada tubuh.

5. Membantu dalam pencegahan kanker

5. Membantu dalam pencegahan kanker
Pexels/Anna Tarazevich

Banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaat buah jambu biji dapat mengobati dan mencegah datangnya penyakit kanker. Seluruh bagian dari tumbuhan ini baik dari daun, buah, biji ataupun ekstraknya sangat ampuh digunakan untuk melawan sel kanker seperti leukimia, kanker prostat, melanoma dan kanker usus besar.

Karena di dalam buah jambu biji terdapat kandungan vitamin C, quercetin dan likopen sebagai antioksidan dan antikanker. Sehingga banyak penderita penyakit kanker memburu buah jambu biji sebagai salah satu bentuk penyembuhannya.

6. Menurunkan kadar gula darah

6. Menurunkan kadar gula darah
pixabay/stevepb

Buah jambu biji mempunyai dua jenisnya di Indonesia ini yakni yang berwarna merah dan putih. Keberadaan buah yang mudah ditemui ini mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar gula darah sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pada buahnya ini terdapat indeks glikemik yang terbilang cukup rendah dan mempunyai tinggi serat untuk membantu mencegah terjadinya kelonjakan gula darah. Banyak penelitian meyakini bahwa minum teh daun jambu biji juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah khususnya bagi penderita diabetes mellitus tipe 2.

7. Manfaat buah jambu biji sebagai obat jerawat

7. Manfaat buah jambu biji sebagai obat jerawat
Pixabay/jmexclusives

Keberadaan buah jambu biji selain untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun juga bisa mengobati jerawat karena terdapat efek antiinflamasi serta antibakteri.

Buah jambu biji juga mempunyai kandungan vitamin K untuk membantu mengatasi jerawat, menghilangkan perubahan warna pada kulit hingga memudarkan flek hitam. Cara penggunaannya dengan mengoleskan ekstrak ataupun jambu biji ke area wajah yang ada jerawat dan flek hitam.

Demikianlah beberapa manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh. Dengan adanya berbagai kandungan di dalamnya bisa membantu mengobati aneka macam penyakit pada tubuh.

8. Membantu menjaga kesehatan pada mata

8. Membantu menjaga kesehatan mata
Pexels/Andrea Piacquadio

Selain buah jambu biji mempunyai banyak akan vitamin C, juga terdapat nutrisi penting vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Fungsi vitamin A bagi tubuh yakni untuk membantu peningkatan penglihatan terlebih bagi mereka yang mengalami mata minus.

Selain itu manfaat dari buah jambu biji juga bisa mencegah terjadinya degenerasi makula hingga perkembangan pada anak. Sehingga sangat baik bagi kalian yang mempunyai masalah pada mata untuk konsumsi buah jambu biji.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.