TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat dan Kandungan Vitamin Buah Alpukat yang Harus Mama Ketahui

Bagus juga untuk Mama yang sedang hamil

30 Juli 2022

10 Manfaat Kandungan Vitamin Buah Alpukat Harus Mama Ketahui
Freepik/dashu83

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan tubuh Mama.

Selain menjadi buah yang populer di kalangan umum, kandungan vitamin dalam buah alpukat memberikan sejumlah manfaat yang harus Mama diketahui.

Vitamin dalam Buah Alpukat

Vitamin dalam Buah Alpukat
Pexels/Daria Shevtsova

Diketahui buah alpukat ini mengandung berbagai macam vitamin dalam dagingnya, berikut ini kandungan vitamin terbesar yang ada pada buah alpukat, antara lain:

  • Vitamin C: 13 mg
  • Vitamin B1: 0,05 mg

  • Vitamin B2: 0,08 mg

  • Vitamin K

  • Vitamin E

  • Vitamin B6

Untuk kandungan terbanyak lainnya dalam buah alpukat yaitu air sebanyak 84,3 gram, energi sebanyak 85 kalori, protein sebanyak 0,9 gram, lemak sebanyak 6,5 gram, dan karbohidrat sebanyak 7,7 gram.

Selain itu, buah alpukat juga kaya akan antioksidan, seperti salah satunya lutein sebanyak 271 mcg.

Manfaat Buah Alpukat

Setelah mengetahui berbagai kandungan dari buah alpukat, pasti Mama ingin mengetahui manfaat buah alpukat yang memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini  Popmama.com ulas terdapat beberapa manfaat buah alpukat, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung

1. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Seperti yang kita ketahui, buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Kandungan ini dapat memberikan manfaat seperti mengurangi kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat memperbaiki kadar kolesterol LDL atau kolesterol baik pada orang yang mengalami obesitas.

Bila kadar kolesterol telah terjaga dengan baik, maka Mama dapat menjaga kesehatan Mama dengan menjauhkan dari risiko terkena penyakit jantung.

2. Mencegah cacat lahir pada janin

2. Mencegah cacat lahir janin
Unsplash/Juan Encalada

Bagi ibu hamil yang rajin mengonsumsi buah alpukat, maka memiliki kemungkinan pencegahan cacat lahir pada janin selama masa kehamilan. Kandungan folat dari buah alpukat mampu mencegah bayi terlahir cacat, seperti mengalami cacat tabung saraf atau spina bifida.

3. Membuat Mama lebih bugar

3. Membuat Mama lebih bugar
Pixabay/roxanawilliams1920

Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa kebanyakan orang yang rutin memakan buah alpukat jauh terlihat lebih sehat dan bugar. Selain itu, mereka yang rajin makan buah alpukat memiliki berat badan yang cenderung lebih rendah.

Editors' Picks

4. Mencegah kanker

4. Mencegah kanker
Pexels/Ready Made

Salah satu manfaat buah alpukat yaitu mencegah kanker. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menunjukan bahwa ekstrak buah alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, serta buah alpukat sering dijadikan obat untuk penyembuhan penyakit kanker.

5. Mengurangi berat badan

5. Mengurangi berat badan
Pexels/Pixabay

Meskipun alpukat mengandung lemak, tetapi salah satu manfaat dari alpukat yaitu mengurangi berat badan dengan mengurangi keinginan makan sebanyak 28% selama 5 jam kedepan dan membuat Mama merasa kenyang.

Buah alpukat juga mengandung rendah karbohidrat dan serat yang tinggi, kedua gabungan kandungan ini berperan untuk membantu Mama dalam menurunkan berat badan, serta buah alpukat sering dimasukan ke dalam menu diet oleh kebanyakan orang.

6. Kesehatan mata

6. Kesehatan mata
pixabay.com/stocksnap

Buah alpukat mengandung antioksidan yang tinggi, seperti karotenoid lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata Mama. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat berperan untuk mencegah terjadinya katarak mata.

7. Meringankan gejala arthritis

7. Meringankan gejala arthritis
Pexels/Vova Krasilnikov

Gejala arthritis merupakan gejala penyakit pada masalah kronis yang umum terjadi pada kebanyakan orang di masa tua atau seumur hidup mereka. Jika Mama rajin memakan ekstrak minyak alpukat, maka terdapat kemungkinan meringankan gejala arthritis, diutamakan untuk para lansia agar tetap sehat di masa tua.

8. Menurunkan risiko depresi

8. Menurunkan risiko depresi
Pexels/alex-green

Kandungan folat yang terdapat pada buah alpukat dinilai cukup tinggi. Hal ini membuat alpukat memiliki manfaat dalam menurunkan risiko depresi dengan mencegah terjadinya penumpukan homosistein.

Homosistein merupakan suatu zat yang dapat menganggu sirkulasi pada tubuh Mama. Jika terjadinya kelebihan homosistein, maka dapat membuat seseorang mengalami gangguan serotonin, dopamin, dan norepinefrin, sehingga akan mengalami kesulitan dalam mengatur suasana hati, nafsu makan, dan jadwal tidur.

9. Meningkatkan kesehatan otak

9. Meningkatkan kesehatan otak
Pixabay/Kjokkenutstyr

Kandungan vitamin E dalam buah alpukat dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak dengan melindungi Mama dari perlambatan dalam berpikir atau lebih dikenal sebagai penyakit alzheimer.

10. Dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh

10. Dapat digunakan sebagai detoksifikasi tubuh
Freepik/kroshka__nastya

Berbagai kandungan dari buah alpukat dapat membawa kebaikan pada tubuh Mama, seperti salah satunya kandungan zat yang memiliki aktivitas antimikroba terutama terhadap Escherichia Coli yang disebabkan oleh keracunan makanan. 

Dengan kandungan serat yang tinggi dalam buah alpukat, maka memberikan manfaat dalam meningkatkan pergerakan usus, sehingga Mama dapat membuang racun secara rutin melalui feses.

Itulah ulasan mengenai kandungan vitamin dan manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan tubuh dan mencegah terkena beberapa penyakit yang berbahaya. Mama bisa mendapatkan manfaat dari buah alpukat dengan menambahkan buah tersebut ke dalam menu makan Mama sehari-hari.

Melalui ulasan kali ini, bagaimana menurut Mama mengenai manfaat dan kandungan vitamin buah alpukat?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk