Kamu Harus Mengetahui 11 Manfaat Jus Alpukat yang Baik untuk Tubuh

Khasiat Alpukat untuk Tubuh Kita!

21 September 2021

Kamu Harus Mengetahui 11 Manfaat Jus Alpukat Baik Tubuh
Pexels/Daria Shevtsova

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang terkenal dengan rasanya yang tidak begitu manis tetapi enak untuk dikonsumsi, terutama jika Kamu mengonsumsinya dengan dijadikan jus alpukat. Selain rasanya yang enak, terdapat banyak manfaat serta kandungan di dalam buah alpukat yang harus Kamu ketahui.

Kandungan dalam jus alpukat

Kandungan dalam jus alpukat
hellosehat.com

Biasanya kita sering menemukan buah yang memiliki banyak kandungan airnya, tetapi alpukat ini justru memiliki lebih banyak lemak di dalamnya. Tetapi, lemak di dalam alpukat merupakan lemak tidak jenuh yang bernama asam oleic, Kamu bisa temukan di minyak zaitun.

Selain itu, alpukat juga mengandung serat dan berbagai macam nutrisi, seperti vitamin K, C, E, folat, potasium, dan zat antioksidan.

Manfaat jus alpukat

Manfaat jus alpukat
Freepik/dashu83

Setelah mengetahui berbagai macam kandungan dari jus alpukat, pasti Kamu ingin mengetahui apa saja manfaat dari mengonsumsi jus alpukat secara rutin, beriku ini manfaat dari jus alpukat, yaitu:

1. Menyehatkan sistem pencernaan

1. Menyehatkan sistem pencernaan
yogurtinnutrition.com

Jika Kamu ingin terhindar dari konstipasi dan kanker halus, Kamu harus mengonsumsi buah yang mengandung serat. Jus alpukat kaya akan serat, diperkirakan kandungan serat dalam buah alpukat mencapai 7 hingg 8 gram di setiap setengah buahnya.

2. Menyehatkan penglihatan

2. Menyehatkan penglihatan
Freepik/Senivpetro

Jika Kamu sering keluar rumah saat teriknya matahari yang memaparkan sinar ultraviolet, mungkin Kamu bisa menambahkan minuman sehat seperti jus alpukat, karena dapat membantu dalam menyehatkan penglihatan. Sebab kandungan dalam jus alpukat seperti antioksidan yang berjenis lutein dan zeaxathin dapat mengurangi kerusakan mata akibat paparan sinar ultraviolet.

3. Menambah energi dalam tubuh

3. Menambah energi dalam tubuh
Freepik

Manfaat dari jus alpukat selanjutnya yaitu menambah energi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin B yang berfungsi untuk menambahkan energi pada tubuh Kamu, sehingga jika Kamu rutin meminum jus alpukat, maka Kamu dapat melewati keseharian Kamu dengan penuh energi.

Editors' Picks

4. Mengurangi risiko terkena kanker

4. Mengurangi risiko terkena kanker
Pexels/Thought Catalog

Berbagai macam kandungan dalam jus alpukat memiliki kebaikan bagi tubuh, seperti halnya kandungan asam folat yang mampu mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti kanker usus besar, pankreas, dan lambung. 

Selain itu, kandungan lainnya seperti senyawa avocatin B memiliki manfaat untuk mengurangi sel kanker darah putih yang menyebabkan terjadinya leukimia pada seseorang. Maka dari itu, Kamu bisa mulai rajin meminum jus alpukat dapat mendatangkan berbagai macam manfaat yang sehat bagi tubuh.

5. Mengurangi risiko stroke

5. Mengurangi risiko stroke
Pexels/Ready Made

Jika Kamu meminum jus alpukat secara rutin, maka Kamu dapat merasakan manfaatnya seperti mengurangi risiko stroke. Sebab jus alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

6. Menunrunkan berat badan

6. Menunrunkan berat badan
Freepik/jcomp

Bagi Kamu yang sedang menjalani program diet dan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman sehat, Kamu bisa menambahkan jus alpukat yang dapat membantu Kamu menurunkan berat badan. Tetapi, jangan tambahkan gula atau susu kental manis, karena dapat mengurangi manfaat dari jus alpukat pada tubuh.

7. Meningkatkan suasana hati atau mood

7. Meningkatkan suasana hati atau mood
Freepik/user18526052

Kandungan vitamin B yang terdapat dalam jus alpukat dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan suasana hati atau mood, karena vitamin B dapat membantu Kamu dalam mengatasi depresi yang merespons anti depresan dengan baik.

8. Meningkatkan kesehatan prostat

8. Meningkatkan kesehatan prostat
Pixabay/Kjokkenutstyr

Kandungan beta sitosterol yang berasal dari sterol tanaman dalam jus alpukat mampu meringankan pembesaran prostat dan meningkatkan kesehatan prostat Kamu. Alpukat memiliki kandungan beta sitosterol lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

9. Menjaga kesehatan kulit

9. Menjaga kesehatan kulit
Unsplash/Caroline Hernandez

Selain diminum dan dimakan, Kamu dapat menggunakan buah alpukat yang sudah dijadikan jus alpukat menjadi masker, karena dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan seperti vitamin C ini dapat membuat kulit Kamu nampak awet muda dan menghaluskan kerutan pada wajah Kamu.

Jus alpukat yang dijadikan masker juga dapat membantu penyembuhan luka dan dapat dioleskan ke bagian kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

10. Mencegah radang sendi

10. Mencegah radang sendi
Shutterstock/Africa Studio

Meskipun manfaat mengonsumsi buah alpukat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi jus alpukat dapat mencegah radang sendi dikarenakan adanya kandungan antioksidan. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya radang sendi atau arthritis.

Kamu bisa membuat alpukat tersebut diolah menjadi jus alpukat, agar bisa mendapatkan manfaat yang satu ini.

11. Menyehatkan jantung

11. Menyehatkan jantung
Pexels/Hassan OUAJBIR

Selain untuk menyehatkan prostat, kandungan beta sitosterol dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung Kamu. Kamu mengonsumsi rutin mengonsumsi jus alpukat, maka Kamu juga telah mendapatkan manfaat dari beta sitosterol yang telah terbukti ampuh menurunkan kolesterol yang menyehatkan jantung Kamu.

Sekian ulasan mengenai jus alpukat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh hingga kulit, Kamu dapat mulai mengonsumsi jus alpukat secara rutin mulai sekarang. Bagaimana menurut Kamu manfaat dari jus alpukat?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.