7 Manfaat Masker Wajah Bengkuang yang Bisa Mama Buat di Rumah

Yuk, Ma buat masker wajah dari bengkuang!

19 Oktober 2021

7 Manfaat Masker Wajah Bengkuang Bisa Mama Buat Rumah
pertanianku.com

Bengkuang merupakan salah satu bahan yang sering kita temukan dalam berbagai macam produk kecantikan yang dapat memberikan efek memutihkan dan mencerahkan wajah. Hal ini didukung dengan berbagai kandungan dalam bengkuang yang dapat memberikan berbagai manfaat pada wajah Mama.

Kandungan pada Masker Wajah Bengkuang

Kandungan Masker Wajah Bengkuang
Pexels/Anete Lusina

Khasiat bengkuang yang terdapat di berbagai produk kecantikan menunjukan bahwa kandungan di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit. Sebelum mengetahui manfaat masker wajah bengkuang, berikut ini terdapat beberapa kandungan yang terdapat pada masker bengkuang, yaitu:

  • Antioksidan (Vitamin E, Beta Karoten, Vitamin C, Selenium)
  • Mineral
  • Asam Amino
  • Protein
  • Beta karoten

Seperti yang kita ketahui, khasiat dari bengkuang telah tersebar di berbagai produk, Mama bisa temukan dalam produk sabun mandi, body lotion, pelembap wajah, dan sabun wajah.

Manfaat Masker Wajah Bengkuang

Dalam ulasan ini, kami telah merangkum beberapa manfaat dari masker wajah bengkuang yang bermanfaat untuk kecantikan wajah, berikut Popmama.com ulas selengkapnya: 

1. Mencerahkan wajah

1. Mencerahkan wajah
Pexels/Monstera

Manfaat masker wajah bengkuang yang satu ini dinilai yang paling ampuh bagi kebanyakan orang. Sebab bengkuang mengandung vitamin C yang mampu menurunkan produksi melanin, sehingga wajah Mama akan terlihat cerah.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam bengkuang dapat membuat kulit Mama nampak bersinar.

2. Mencegah penuaan dini

2. Mencegah penuaan dini
Pexels/Andrea Piacquadio

Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam bengkuang mampu membantu Mama untuk mencegah radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel kulit. Jika Mama rutin memakai bengkuang yang diolah sebagai masker wajah, maka Mama akan mendapatkan manfaat bengkuang berupa pencegahan penuaan dini pada wajah.

Editors' Picks

3. Menyamarkan dan menghilangkan flek hitam serta bekas jerawat

3. Menyamarkan menghilangkan flek hitam serta bekas jerawat
Freepik/Katemangostar

Bagi Mama yang rajin memakai masker wajah bengkuang, Mama bisa merasakan manfaat dari kandungan air pada bengkuang seperti menyamarkan dan menghilangkan flek hitam serta bekas jerawat. Tetapi, Mama harus memakai masker bengkuang secara rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan minyak wajah

4. Menghilangkan minyak wajah
Freepik/Doucefleur

Masker bengkuang biasanya digunakan untuk membersihkan wajah dan menghilang sel-sel kulit mati yang membuat wajah nampak kusam. Selain itu, masker bengkuang juga dapat membantu Mama menghilangkan minyak wajah yang berlebihan. 

5. Melembapkan kulit wajah

5. Melembapkan kulit wajah
Freepik/pressfoto

Bagi Mama yang ingin melembapkan kulit wajah, Mama bisa menggunakan masker bengkuang yang kaya akan kandungan air dan antiinflamasi.

Kedua kandungan ini dapat mendinginkan kulit wajah yang kering, sehingga wajah akan terlihat lembap dan tampak segar.

6. Meningkatkan produksi kolagen

6. Meningkatkan produksi kolagen

Bengkuang memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit Mama dari paparan sinar matahari dan polusi, sehingga produksi kolagen akan meningkat dan memberikan kulit menjadi lebih elastis dan lebih halus. Mama bisa rutin memakai masker bengkuang untuk merasakan manfaat yang satu ini. 

7. Mengobati jerawat

7. Mengobati jerawat
Pexels/anna-nekrashevich

Masker bengkuang mengandung vitamin E yang dapat mengobati jerawat pada wajah Mama. Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang ampuh mengatasi peradangan, serta kandungan air dalam bengkuang juga membantu penyembuhan jerawat menjadi lebih cepat.

Apakah Masker Bengkuang Aman untuk Kulit Wajah?

Apakah Masker Bengkuang Aman Kulit Wajah
Freepik/pressfoto

Penggunaan masker bengkuang yang berasal dari produk kecantikan termasuk aman, tetapi beberapa produk pasti menggunakan bahan kimia. Oleh sebab itu, penting mengecek komposisi dari produk kecantikan.

Jika Mama ingin menggunakan masker bengkuang yang lebih aman, Mama bisa membuat masker bengkuang sendiri dengan mudah di rumah. Dengan begitu, masker bengkuang terbukti digunakan dengan aman pada kulit wajah Mama karena memakai bahan alami.

Cara Membuat Masker Bengkuang

Cara Membuat Masker Bengkuang
Pexels/Anna Shvets

Terdapat banyak cara untuk membuat masker bengkuang yang bisa mama terapkan di rumah. Tetapi, berikut ini terdapat satu cara untuk membuat masker bengkuang secara sederhana dan praktis, antara lain:

  1. Siapkan satu atau lebih bengkuang, lalu cuci hingga bersih

  2. Setelah itu, Mama bisa parut bengkuang hingga halus secara perlahan 

  3. Lalu Mama bisa saring

  4. Mama bisa peras air hingga terpisah dengan ampas daging bengkuang

  5. Berikutnya lakukan pemisahan hasil bengkuang pada wadah berbeda

  6. Mama bisa tunggu beberapa saat hingga air berubah seperti ada lapisan berwarna putih yang disebut pati

  7. Mama bisa membuang air, lalu pati dari bengkuang dapat Mama jemur hingga kering

  8. Setelah itu, Mama bisa simpan dalam wadah bersih dan masker bengkuang pun siap untuk digunakan pada wajah Mama

Sebagai opsional dan hasil yang lebih maksimal, Mama bisa campurkan beberapa bahan lainnya, seperti air mawar, cokelat bubuk, atau madu. 

Sekian ulasan mengenai manfaat masker wajah bengkuang yang dapat membantu Mama dalam mengatasi permasalahan pada wajah Mama, mulai dari mengurangi minyak dan jerawat, melembapkan wajah, serta mencegah penuaan dini. Bagaimana menurut Mama mengenai manfaat masker bengkuang?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.