7 Manfaat Susu Kambing Etawa yang Jarang Disadari Banyak Orang

Ternyata banyak manfaatnya lho, Ma!

2 Oktober 2021

7 Manfaat Susu Kambing Etawa Jarang Disadari Banyak Orang
Pixabay/Imoflow

Susu Kambing Etawa merupakan jenis kambing hasil perkawinan dari kambing lokal (Indonesia) dan juga Kambing Jamnapari (India).

Di dalam dunia peternakan, kambing etawa ini sangat terkenal dengan kualitasnya yang bahkan jika dirawat dengan baik dapat dijual dengan harga tinggi.

Dari sisi susunya pun, kambing etawa dipercaya dapat memberikan banyak khasiat untuk tubuh. Jika Mama penasaran dengan apa saja manfaat susu kambing etawa, yuk simak ulasan dari Popmama.com berikut ini.

1. Dapat melancarkan produksi ASI

1. Dapat melancarkan produksi ASI
Freepik/rawpixel.com

Khasiat pertama dari susu kambing etawa adalah dapat melancarkan produksi ASI karena mengandung kalsium tinggi hingga enam kali lipat. Kandungan kalsium itulah yang membuat asupan penting pada ibu hamil.

Bahkan untuk Mama yang sudah masuk proses menyusui bisa juga memanfaatkan susu kambing etawa karena dipercaya dapat memperbanyak ASI.

2. Meningkatkan kecerdasan pada anak

2. Meningkatkan kecerdasan anak
rawpixel.com/roungrout
Kecerdasan intrapersonal pada anak

Susu kambing etawa juga berkhasiat untuk membantu perkembangan kecerdasan anak. Hal itu dikarenakan susu ini mengandung Vitamin B2 (Riboflavin) dan juga memiliki vitamin B3 sehingga dipercaya bisa membantu pertumbuhan dan juga perkembangan sel otak dan juga saraf.

Selain untuk anak-anak, kandungan di dalam susu kambing etawa juga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan otak pada saat masih di dalam janin selain untuk pembentukan tulangnya juga.

Editors' Picks

3. Mengatasi sekaligus mencegah terjadinya stres

3. Mengatasi sekaligus mencegah terjadi stres
Freepik/tirachardz

Saat susu kambing etawa diminum dalam keadaan hangat dipercaya dapat menenangkan tubuh sekaligus menghilangkan stres. Hal itu dikarenakan susu kambing etawa memiliki Zinc dan juga magnesium sehingga dapat memperkuat jaringan saraf

Jika kamu minum susu kambing etawa secara rutin, maka bisa menghindari berbagai penyakit yang berkaitan dengan saraf.

4. Memberikan kesehatan pada jantung

4. Memberikan kesehatan jantung
Pixabay/PublicDomainPictures

Di dalam susu kambing etawa juga dapat menormalkan tensi darah sehingga hal itu bisa memberikan kesehatan pada jantung. Apabila sirkulasi darah lancar dan juga kesehatan jantung dapat terjaga, maka tubuh juga dapat terhindar dari adanya potensi stroke.

Apalagi jika kamu mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat maka kandungan di dalam susu kambing etawa juga akan lebih maksimal.

5. Dapat mengobati penyakit seputar pernapasan

5. Dapat mengobati penyakit seputar pernapasan
Freepik

Susu kambing etawa juga sudah dikenal sebagai obat untuk berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan seperti asma, Tuberkulosis, bahkan flek pada paru-paru.

Hal tersebut dikarenakan di dalam susu kambing etawa memiliki kandungan seperti flourin dan juga betakasein yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit pernapasan.

6. Meningkatkan Sistem imun tubuh

6. Meningkatkan Sistem imun tubuh
Pixabay/DivvyPixel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan flourin yang ternyata tidak hanya untuk sistem pernafasan saja. Zat tersebut juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau disebut sistem imun.

Bahkan kandungan flourin pada susu kambing etawa jauh lebih tinggi dari susu sapi hingga 10 kali lipat. Nah, untuk kamu yang sedang dalam masa penyembuhan atau ingin menambah daya ketahanan tubuh, susu kambing etawa bisa menjadi alternatif terbaik.

7. Dapat mencegah hingga mengobati diabetes

7. Dapat mencegah hingga mengobati diabetes
Pixabay/Stevepb

Manfaat yang terakhir adalah bisa mencegah maupun mengobati penderita diabetes maupun orang-orang yang memiliki potensi tersebut. Susu kambing etawa mengandung A2 Betakasein dan juga asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin yang tentunya sangat berguna pada orang pengidap diabetes.

Agar khasiatnya lebih optimal, sebaiknya minum susu kambing etawa yang sudah murni dari peternakan atau tanpa adanya bahan pemanis buatan.

Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa susu kambing etawa memiliki banyak manfaat pada tubuh kita. Itulah beberapa manfaat dari susu kambing etawa untuk kesehatan Mama dan keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.