Hal-hal yang Dapat Menambah atau Mengurangi Pahala Puasa Ramadan

Jauhkan segala sesuatu yang bisa membuat pahala puasa berkurang

18 Mei 2019

Hal-hal Dapat Menambah atau Mengurangi Pahala Puasa Ramadan
Freepik/Rawpixel.com

Di bulan Ramadan, berbagai amal dan perbuatan seringkali menjadi ternilai berlipat ganda. Termasuk hal-hal yang baik, serta termasuk juga hal-hal yang buruk.

Melakukan hal baik bisa membuat pahala puasa Mama bertambah semakin banyak. Namun sebaliknya, jika Mama melakukan hal yang tidak baik, besarnya pahala yang dikurangi dari puasa pun bisa berkurang.

Oleh sebab itu, perlu diketahui juga apa saja hal-hal yang benar bisa menambah atau mengurangi pahala puasa Ramadan. Apa saja ya? Yuk simak dulu rangkuman informasinya dari Popmama.com berikut:

1. Pahala puasa Ramadan

1. Pahala puasa Ramadan
Pixabay/Rawpixel

Di bulan Ramadan, semua umat muslim akan berlomba-lomba berbuat baik demi mendapatkan tambahan pahala dari Allah SWT. Sebab berbagai perbuatan yang baik akan membuat pahalanya menjadi berlipat ganda.

Ya, bulan Ramadan menjadi bulan yang istimewa bagi umat muslim. Tidak seperti bulan-bulan lainnya, di bulan Ramadan menjalani puasa dan amalan baik lain akan menambah pahala.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah mengungkapkan bahwa:

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Makna dari hadis tersebut yakni setiap amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan pahalanya bahkan hingga 700 kali lipat. Namun, hal ini berbeda dengan amalan puasa.

Pahala dalam puasa tidak dilipatgandakan dengan cara tersebut. Melainkan, pahala pada orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi tak terhingga oleh Allah SWT.

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah di Lathaif Al-Ma’arif mengatakan:

Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.”

Pahala puasa Ramadan akan lebih berlipat karena bulan Ramadan adalah bulan yang mulia. Selain itu, puasa di bulan Ramadan juga merupakan salah satu hal yang diwajibkan oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu, siapa saja yang menjalankan puasa Ramadan akan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT.

Editors' Picks

2. Hal-hal yang mengurangi pahala puasa

2. Hal-hal mengurangi pahala puasa
Pixabay/Betticohen

Jika perbuatan baik akan semakin menambah pahala puasa di bulan Ramadan, maka begitu juga dengan perbuatan yang tidak baik. Meski mungkin tidak secara langsung mengurangi pahala puasa, namun hal ini bisa menguranginya.

Maka dari itu, saat hendak berbuat sesuatu pun sebaiknya dipikirkan ulang terlebih dahulu. Apakah perbuatan tersebut nantinya akan merugikan pahala puasa Mama atau tidak.

Berikut beberapa hal yang bisa membatalkan dan mengurangi pahala puasa:

  • Muntah secara disengaja

Tidak hanya makan dan minum secara sengaja saja yang dapat membatalkan dan mengurangi pahala puasa Ramadan, tapi juga muntah yang disengaja. Lain halnya jika muntah terjadi karena Mama sakit dan benar-benar tidak disengaja, maka hal ini tidak akan membatalkan dan mengurangi pahala puasa

  • Merokok

Berpuasa di bulan Ramadan bisa dimanfaatkan sebagai cara ampuh mengurangi atau bahkan berhenti merokok, lho. Sebab saat puasa tidak diperbolehkan untuk merokok. Saat merokok, ada asap yang terhirup masuk melalui mulut secara sengaja. Seperti diketahui, rokok mengandung tar dan nikotin, yang akan menetap di kerongkongan, paru-paru hingga lambung

  • Marah dan emosi berlebihan

Puasa juga bisa menjadi cara ampuh untuk belajar mengendalikan emosi dan amarah. Meski tidak secara langsung membatalkan puasa, namun marah-marah dan emosi secara berlebihan dapat mengurangi pahala puasa di bulan Ramadan. Oleh sebab itu, coba kendalikan lebih baik lagi emosi saat berpuasa ya, Ma

  • Berbohong dan bergunjing

Dalam kehidupan sehari-hari, berbohong sudah dianggap sebagai perbuatan yang tidak baik. Terlebih jika dilakukan di bulan Ramadan dan merugikan diri sendiri serta orang lain. Selain itu, bergunjing juga termasuk hal yang dapat mengurangi pahala puasa

3. Hal-hal yang menambah pahala puasa

3. Hal-hal menambah pahala puasa
Pixabay/Muhammedweb

Selain perbuatan yang merugikan dan mengurangi pahala puasa, beberapa perbuatan baik juga diketahui dapat menambahkan pahala puasa Mama, lho. Terlebih jika dilakukan dengat niat mendapatkan pahala dari Allah SWT, meringankan beban orang lain dan secara ikhlas.

Berikut beberapa hal yang bisa menambah pahala puasa di bulan Ramadan:

  • Sedekah

Jangan ragu untuk bersedekah di bulan Ramadan ya, Ma. Hal ini tidak akan membuat Mama rugi dan justru akan mendatangkan banyak berkah. Banyak sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dari memberi santunan pada fakir miskin dan anak yatim piatu. Selain itu, memberi senyum dan senang membantu orang lain

  • Mengaji dan mendengarkan lantunan Alquran

Membaca ayat suci Alquran, apalagi sampai hatam, dapat menambah pahala puasa di bulan Ramadan. Namun jika Mama sedang haid, mendengarkan lantunan ayat suci Alquran saja juga bisa menambahkan pahala puasa. Dengan tetap mendengar Alquran, hati akan terasa lebih tenang dan berkah

  • Memberi makan orang yang berpuasa

Salah satu amalan penuh pahala di bulan Ramadan adalah menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang yang berpuasa. Termasuk juga menyiapkan hidangan untuk sahur. Rasulullah Saw bersabda:

“Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Ahmad).

Demikian informasi tentang pahala di bulan Ramadan yang bisa bermanfaat untuk Mama dan keluarga. Yuk Ma berlomba-lomba untuk berbuat baik demi mengejar tambahan pahala puasa di bulan Ramadan ini!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!