7 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Kapan kali terakhir Mama mengajak keluarga pergi berenang bersama?

7 Juni 2019

7 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Tubuh
Pexels/Yulianto Poitier

Olahraga menjadi salah satu gaya hidup sehat yang sebaiknya dilakukan secara rutin dan tidak dilewatkan. Dikombinasikan dengan pola makan yang baik, kesehatan tubuh pun bisa lebih terjaga.

Ada beberapa jenis olahraga simpel yang bisa dipilih, mulai dari lari, jalan cepat, bersepeda sampai berenang. Olahraga-olahraga ini dianggap cocok untuk dilakukan bersama keluarga.

Nah, berenang pun menjadi salah satu olahraga yang paling digemari keluarga, terutama anak-anak. Sebab aktivitas ini bisa dilakukan sambil bermain, tanpa mengurangi manfaat sehatnya bagi tubuh.

Sebenarnya apa saja manfaat renang bagi kesehatan? Yuk simak rangkuman Popmama.com seperti dikutip dari Healthline berikut ini, Ma:

1. Menjaga kesehatan jantung

1. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/Marc Richards

Gerakan-gerakan aktif dalam berenang paling dikenal dapat melatih otot supaya tetap bergerak. Efek positifnya, otot pun menjadi lebih lentur dan terjaga kondisinya.

Selain itu, gerakan yang dilakukan saat berenang juga memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan juga paru-paru, lho.

Manfaat ini tentunya akan semakin besar jika gerakan renang yang dilakukan adalah benar dan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya jika Mama melakukan gerakan gaya bebas selama 10 menit.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengendalikan gula darah.

2. Mengurangi nyeri pada pengidap radang sendi

2. Mengurangi nyeri pengidap radang sendi
Pexels/Pixabay

Jika Mama atau anggota keluarga lainnya punya riwayat dengan radang sendi atau pernah mengalami cedera, berenang pun bisa memberikan manfaat yang baik jika dilakukan dengan rutin.

Berenang bahkan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses pemulihan dari cedera.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pengidap osteoarthritis memiliki penurunan signifikan terhadap nyeri dan sendi kaku, setelah melakukan olahraga seperti berenang dan bersepeda secara teratur.

Editors' Picks

3. Menjaga kesehatan paru-paru bagi pengidap asma

3. Menjaga kesehatan paru-paru bagi pengidap asma
Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Saat berenang Mama diharuskan untuk menahan napas, yang ternyata memiliki manfaat bagi para pengidap asma. Terutama jika berenang dilakukan di kolam indoor, yang diharapkan memiliki kualitas udara lebih baik dibandingkan dengan kolam outdoor.

Melatih napas saat berenang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat kendali atas napas menjadi lebih baik, Ma.

Namun demikian, khusus jika Mama memiliki riwayat dengan asma berat, faktor kebersihan dari air kolam dan udara menjadi sangat penting. Pilihlah kolam renang yang terjaga kebersihannya, ya.

4. Membakar kalori dan membantu penurunan berat badan

4. Membakar kalori membantu penurunan berat badan
Pexels/Jamal Yahya

Jika saat ini Mama sedang berupaya untuk menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk coba rutin berenang dengan benar. Setidaknya selama 1-2 jam per hari.

Berenang adalah salah satu cara yang efisien untuk membakar kalori. Seseorang dengan berat badan 70 kg diketahui dapat membakar hingga 423 kalori setelah berenang dengan kecepatan rendah atau sedang selama satu jam. Dengan kecepatan yang lebih tinggi, berenang dapat membakar hingga 715 kalori per jam.

Untuk mendapatkan manfaat ini, ingatlah untuk tetap makan terlebih dahulu sebelum berenang. Seringkali demi cepat menurunkan berat badan, seseorang akan diet ketat dan bahkan tidak makan sebelum olahraga, cara ini sebenarnya keliru dan justru bisa membuat lemas atau bahkan pingsan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

5. Meningkatkan kualitas tidur
Pexels/Guduru Ajay Bhargav

Punya masalah pada kualitas maupun kuantitas tidur? Berenang pun bisa menjadi salah satu solusi tepat dan menyenangkan untuk mengatasinya.

Berenang secara rutin dapat membantu membuat tidur malam Mama lebih nyenyak. Dalam sebuah studi yang melibatkan peserta dengan keluhan insomnia, melakukan renang dan aerobik secara rutin terbukti membantu meningkatkan kualitas tidurnya.

Dibandingkan dengan lari, berenang sering dijadikan pilihan pertama karena biasanya akan terasa lebih menyenangkan karena bisa dilakukan sambil bermain di air. Berminat mencobanya juga, Ma?

6. Meningkatkan mood dan suasana hati

6. Meningkatkan mood suasana hati
Pexels/Artem Beliaikin

Suasana hati yang sedang sedih pun bisa terbantu dengan melakukan berenang secara teratur. Dalam sebuah studi yang sekelompok pengidap demensia, ditemukan adanya perubahan peningkatan suasana hati setelah peserta berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu.

Berenang dan olahraga air tidak hanya bermanfaat secara psikologis bagi pengidap demensia, tapi juga terbukti meningkatkan mood.

7. Membantu mengatasi stres

7. Membantu mengatasi stres
Freepik

Para peneliti melakukan survei terhadap sekelompok responden di Taipei, Tiongkok. Dari responden yang disurvei, 44 dilaporkan mengalami depresi ringan dan merasa stres.

Setelah rutin berenang, jumlah orang yang masih merasa stres berkurang menjadi hanya 8 responden.

Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan di wilayah tersebut, tim peneliti menyimpulkan bahwa berenang adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan stres dengan cepat.

Yuk Ma ajak keluarga dan juga si Kecil untuk berenang. Selain bisa menjadi momen olahraga bersama, berenang juga menyenangkan, lho!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.