9 Tempat Wisata di Pulau Seribu yang Wajib Dikunjungi

Mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

20 September 2019

9 Tempat Wisata Pulau Seribu Wajib Dikunjungi
Instagram/exploreisland

Berencana liburan ke Pulau Seribu? Ini deretan tempat wisata di Pulau Seribu yang wajib dikunjungi.

Apa Mama warga Jakarta yang ingin liburan singkat bersama keluarga sambil menikmati keindahan bawah laut? Tidak perlu jauh-jauh, Pulau Seribu punya deretan pulau yang indah untuk dikunjungi.

Kepulauan Seribu bisa menjadi destinasi liburan menyenangkan ketika kamu ingin pergi sendiri, bersama anak dan keluarga, atau teman-teman. Tidak perlu khawatir saat bawa anak, Ma, karena sejumlah pulau di Kepulauan Seribu memiliki tempat penginapan yang nyaman.

Liburan ke Pulau Seribu juga tidak menelan biaya yang mahal, Ma. Banyak paket wisata murah di Pulau Seribu yang ditawarkan oleh berbagai agen perjalanan. Apa Mama berencana untuk mengunjungi Pulau Seribu dalam waktu dekat tapi masih bingung dengan pilihan pulaunya?

Popmama punya rekomendasi buat Mama yang ingin berwisata ke Pulau Seribu. Berikut sembilan tempat wisata di Pulau Seribu yang wajib dikunjungi.

1. Pulau Pramuka

1. Pulau Pramuka
traveloka.com
Pulau Pramuka

Pulau Pramuka menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Kepulauan Seribu. Mama bisa menikmati wisata bawah laut yang luar biasa indah di Pulau Pramuka. Ini kenapa Pulau Pramuka menjadi tempat wisata terfavorit di Kepulauan Seribu.

Pulau Pramuka cocok untuk kamu yang suka snorkeling. Mama bisa melihat keindahan terumbu karang serta ikan warna-warni yang memanjakan mata. Tidak hanya wisata bawah laut, Pulau Pramuka juga terkenal akan penangkaran penyu.

Para wisawatan umumnya akan diajak ke penangkaran penyu di Pulau Pramuka. Mama dan keluarga bisa bermain sepuasnya dengan penyu sekaligus mengajarkan si kecil mengenal hewan melata itu.

Pulau Pramuka menyediakan penginapan berupa rumah warga lokal maupun vila, tergantung paket yang kamu pilih. Semakin banyak orang yang ikut maka akan semakin murah paket wisata ke Pulau Pramuka. Namun bisa juga mengikuti grup perjalanan jika tidak ingin kesulitan mencari partner pergi berlibur.

Harga paket mulai dari Rp375 ribuan. Perjalanan ke Pulau Pramuka memakan waktu kurang lebih 90 menit menggunakan kapal dari Marina Ancol.

2. Pulau Tidung

2. Pulau Tidung
kepulauan-seribu.com
Pulau Tidung

Pulau Tidung pun menjadi tempat wisata terfavorit di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terkenal dengan ikon Jembatan Cinta yang menghubungkan antara Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Di Jembatan Cinta, wisatawan tidak hanya berjalan dan menikmati pemandangan alam yang indah tapi juga memacu adrenalin mereka dengan melompat ke air. Banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukannya sehingga Jembatan Cinta tidak pernah sepi pengunjung.

Selain itu, kamu yang berwisata ke Pulau Tidung juga perlu menikmati pemandangan di Tidung Kecil karena tidak kalah memesona. Kamu pun bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi Pulau Tidung sambil menikmati sunrise atau sunset.

Paket wisata ke Pulau Tidung lebih murah dibandingkan Pulau Pramuka. Hanya dengan paket Rp200 ribuan, kamu sudah bisa menikmati snorkeling, keliling Pulau Tidung, hingga bermalam di salah satu destinasi wisata terfavorit di Kepulauan Seribu itu.

3. Pulau Pari

3. Pulau Pari
kepulauan-seribu.com

Tahukah kamu kalau Pulau Pari juga menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Kepulauan Seribu sampai saat ini? Itu karena Pulau Pari mempunyai pasir putih dan pantai yang jernih. Dinamakan Pulau Pari karena dihuni banyak ikan pari.

Pulau Pari dikenal akan pasir Pantai Perawan yang indah. Pantai-pantai di sekitar Pulau Pari banyak disukai pengunjung karena jernih dan bisa dimanfaatkan dengan leluasa untuk santai sambil bermain bersama orang-orang tersayang.

Selain keindahan Pulau Pari yang memanjakan mata pengunjung, harga paketnya juga lebih murah. Dengan biaya mulai Rp190 ribu, kamu sudah bisa menikmati bermalam di Pulau Pari. Penginapan di Pulau Pari hanya menyediakan home stay atau rumah penduduk.

Pulau Pari termasuk tempat wisata di Kepulauan Seribu yang jaraknya tidak jauh dari Jakarta. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Pulau Pari.

4. Pulau Macan

4. Pulau Macan
krjogja.com

Buat Mama yang ingin pergi honeymoon lagi atau babymoon, Pulau Macan di Kepulauan Seribu bisa menjadi alternatif. Pulau Macan banyak dikunjungi pasangan pengantin baru karena memiliki cottege yang private dan menghadap langsung ke pantai.

Pulau Macan mempunyai konsep eco resort village. Jadi pengunjung dapat menginap di kamar terbuat dari kayu yang bahkan tidak memiliki pintu, hanya ditutupi kelambu sehingga terkesan romantis.

Wisatawan juga bisa menikmati snorkeling atau berenang di sekitar cottege. Ini yang membuat Pulau Macan berbeda dengan tempat wisata lainnya di Kepulauan Seribu.

Tak heran bila paket ke Pulau Macan lebih mahal karena fasilitas cottege yang ditawarkan. Harga menginap satu malam di Pulau Macan mulai dari Rp1 jutaan. Namun dengan harga yang ditawarkan, kamu akan berasa seperti di Maldives versi Indonesia.

Editors' Picks

5. Pulau Pantara

5. Pulau Pantara
paradisotraveling.com

Sudah pernah dengar Pulau Pantara? Tempat wisata di Pulau Seribu ini memiliki keindahan pantai dan terumbu karang yang indah. Bahkan wisatawan bisa berjalan di atas karang karena posisi pantai yang landai.

Mama yang suka snorkeling atau scuba diving tepat datang ke Pulau Pantara. Ikan-ikan yang cantik bisa langsung terlihat dari daratan. Sudah terdapat cottege di Pulau Pantara karena banyak wisatawan asing yang memilihnya sebagai destinasi liburan mereka.

Pulau Pantara menjadi tempat wisata terjauh di Kepulauan Seribu jika berangkat dari Marina Ancol. Karena keindahannya, paket wisata ke Pulau Pantara juga lebih mahal dibandingkan Pulau Tidung, Pramuka, atau Pari.

Harga paket yang ditawarkan mulai dari Rp1,5 jutaan untuk menginap dan menikmati fasilitas di sekitar Pulau Pantara.

6. Pulau Sepa

6. Pulau Sepa
pulauseribu-resorts.com

Pulau Sepa menjadi salah satu tempat wisata penghilang penat di Kepulauan Seribu. Pulau Sepa dikenal sebagai paradise for diver. Pulau Sepa memiliki bibir pantai yang landai serta dikelilingi pasir putih.

Pulau Sepa juga dikenal akan eco resort yang ramah lingkungan sehingga disukai banyak wisatawan asing. Keindahan bawah lautnya membuat para wisatawan tertarik untuk diving.

Untuk menginap di Pulau Sepa, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp1 jutaan. Kamu bisa menggunakan kapal cepat ke Pulau Sepa dengan durasi sekitar 90 menit. 

7. Pulau Harapan

7. Pulau Harapan
traveloka.com

Pulau Harapan menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Mengapa? Berkat terumbu karang yang indah bahkan diklaim pulau dengan terumbu karang terbaik dibanding lainnya di Pulau Seribu.

Pantainya sangat jernih dengan warna air biru kehijauan. Di Pulau Harapan juga populer akan penangkaran hewan langka, salah satunya Elang Bondol. Jadi, kamu bisa menikmati wisata bahari sambil berfoto bersama hewan langka yang jarang terlihat di Jakarta.

Untuk yang bertanya harga paket wisata ke Pulau Harapan, harganya lebih terjangkau dibandingkan Pulau Macan atau Pulau Pantara. Menginap satu malam di Pulau Harapan biayanya sekitar Rp370 ribuan.

8. Pulau Pelangi

8. Pulau Pelangi
paradisotraveling.com

Kamu yang pergi membawa keluarga bisa memilih Pulau Pelangi sebagai alternatif berlibur di Pulau Seribu. Kenapa Pulau Pelangi? Di Pulau Pelangi, kamu bisa menikmati wisata resort yang nyaman.

Dari penginapan, para wisatawan bisa menikmati indahnya laut biru kehijauan di Pulau Pelangi. Keindahan resort dan besarnya penginapan membuat paket ke Pulau Pelangi memang lebih mahal dibanding lainnya.

Harga paket wisata Pulau Pelangi di Kepulauan Seribu mulai dari Rp1,5 jutaan per malam. Namun kamu bisa menikmati liburan yang berkualitas bersama keluarga dan anak-anak.

9. Pulau Genteng Kecil

9. Pulau Genteng Kecil
kepulauan-seribu.com

Pernah berpikir akan ke Pulau Genteng Kecil? Mungkin sekarang saatnya. Salah satu tempat wisata di Pulau Seribu itu menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dibanding pulau di sekitarnya.

Pulau Genteng Kecil disebut sebagai private island. Tak ada penduduk yang tinggal di Pulau Genteng Kecil kecuali karyawan resort.

Yap, ada vila untuk kamu menginap dan bermalam menikmati keindahan perairan yang jernih berwarna biru. Banyak ikan warna-warni serta terumbu karang yang indah di dalamnya.

Paket wisata yang ditawarkan untuk menginap di Pulau Genteng Kecil mulai dari Rp1,3 jutaan.

Dengan banyaknya destinasi wisata bahari di Pulau Seribu membuat Mama yang menjadi warga Jakarta tak perlu jauh-jauh terbang ke Bali atau Lombok. Banyak kepulauan dengan nuansa alam memesona di sekitar Jakarta, Ma. Yuk rencanakan liburan bersama keluarga ke Pulau Seribu.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!