Yuk Lakukan Diversifikasi Pangan: 7 Ide Makanan Pengganti Beras

Merasa belum makan kalau belum ketemu nasi? Yuk rubah pola pikirmu mulai saat ini!

8 Januari 2019

Yuk Lakukan Diversifikasi Pangan 7 Ide Makanan Pengganti Beras
Pexels/Ella Olsson

Banyak masyarakat Indonesia yang merasa belum makan jika belum mengkonsumsi nasi, padahal mereka sudah makan makanan lain selain nasi. Hal tersebut terjadi karena banyak orang belum memahami konsep diversifikasi pangan.

Bagaimana dengan Mama dan keluarga? Apakah sudah pernah mendengar tentang diversifikasi pangan?

Dilansir dari wikipedia, diversifikasi pangan adalah program yang bertujuan agar masyarakat tidak hanya terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan memiliki kemauan untuk juga mengonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsinya.

Bagi masyarakat Indonesia yang kebanyakan makanan pokoknya berupa nasi, diharapkan terdorong mengkonsumsi karbohidrat lain misalnya ubi, talas, singkong, sukun dan kentang.

Tujuan diversifikasi pangan adalah agar terwujud swasembada beras, dimana produksi dalam negeri mencukupi kebutuhan sehingga tidak perlu melakukan impor dari luar negeri.

Selain itu diharapkan gizi dan nutrisi yang diperoleh oleh tubuh lebih lengkap dan beragam.

Apa saja makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi yang biasa kita konsumsi? Yuk simak penjelasan Popmama.com berikut ini:

1. Ubi

1. Ubi
Pexels/Ela Honey

Ubi jalar adalah salah satu sumber karbohidrat yang dapat menggantikan nasi. Ubi biasanya berwarna kuning oranye tetapi ada juga yang berwarna ungu.

Ubi dapat dimasak dengan cara dikukus atau digoreng. Rasanya yang manis biasanya menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi orang daeah pegunungan yang dingin.

Kandungan gizi dalam ubi jalar cukup beragam diantaranya karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium dan zat besi. Fungi lainnya yaitu dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki pencernaan.

2. Talas

2. Talas
idntimes.com

Jenis umbi kedua yang dapat menggantikan nasi adalah talas. Talas yang kaya serat memiliki kandungan pati hingga 77.9% dan mudah dicerna sehingga cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang melakukan diet maupun bagi lansia.

Berbeda dengan umbi lainnya, talas memiliki tekstur lebih lengket dan berserat berkat kandungan amilopektin. Selain kaya karbohidrat, talas juga memiliki kandungan protein, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Kamu bisa mengolahnya menjadi stick talas, kolak talas, bahkan es krim dan minuman rasa talas berwarna ungu yang dikenal dengan nama Taro.

Baca juga: 

3. Singkong

3. Singkong
idntimes.com

Singkong dapat diolah dengan berbagai macam cara mulai dari dikukus, digoreng, hingga diolah menjadi makanan tradisional seperti gethuk, tiwul hingga makanan modern seperti singkong keju. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada singkong membuatnya cocok sebagai pengganti nasi. 

Editors' Picks

4. Sukun

4. Sukun
idntimes.com

Buah sukun banyak ditemui di daerah pedesaan dan memiliki bentuk bulat dan kulit berwarna kehijauan. Sukun memiliki daging buah yang empuk dan tidak berbiji.

Berkat kandungan serat dan karbohidrat yang cukup tinggi, sukun dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Orang mancanegara biasa menyebutnya sebagai bread fruit atau buah roti karena teksturnya yang empuk menyerupai roti. Cara memasaknya cukup mudah yaitu digoreng atau dikukus.

5. Kentang

5. Kentang
Pexels/Pixabay

Kamu pasti sudah familiar dengan bahan makanan pokok yang satu ini karena sering disajikan bersama ayam di restoran cepat saji. Supaya rasa lebih lezat maka kamu dapat menambahkan minyak zaitun dan bawang putih.

Kamu bisa memvariasikannya dengan cara menjadikannya mashed potato atau french fries. Kalau untuk diet sehat maka cara masak dikukus akan lebih baik.

6. Gandum

6. Gandum
Pexels/Kaboompics.com

Bahan pangan berikutnya yang bisa kamu jadikan variasi pengganti nasi adalah gandum. Gandum bisa ditemukan dalam bentuk oatmeal yang berada di pasaran saat ini.

Oatmeal bisa dimakan dengan makanan pendamping yang manis maupun asin. Kamu bisa menggunakan buah-buahan seperti pisang, stroberi blueberry dan lain sebagainya. Sementara untuk lauk asin kamu bisa menggunakan taburan ayam, telur, atau daging sapi.

Manfaat oatmeal dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol sehingga cocok bagi yang menderita penyakit diabetes dan sedang dalam program menurunkan berat badan.

7. Jagung

7. Jagung
Pexels/Mali Maeder

Jagung merupakan salah satu makanan pokok yang sangat populer baik di dalam negeri maupun luar negeri. Di Indonesia jagung sering disajikan bersama seafood sebagai sumber karbohidrat.

Jagung manis banyak ditemukan di daerah puncak dan pegunungan yang dingin. Dapat disajikan baik dengan cara dibakar maupun direbus.

Nah, itulah 7 jenis makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Mari galakkan program diversifikasi pangan agar kita dapat mensukseskan program swasembada beras.