11 Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Bandung

Sebelum berkunjung, yuk cari tahu informasi lengkap mengenai dokter spesialis kulit di Bandung!

24 Januari 2021

11 Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit Bandung
Freepik/Prostooleh

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang sering terpapar sinar matahari maupun paling rentan terhadap masalah dari faktor eksternal.

Dengan demikian, kulit perlu dijaga dan dirawat kesehatannya agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit kulit yang tak diinginkan, seperti eksim, herpes, melanoma, psoriasis, jerawat, dan sebagainya. Tentunya masalah kulit seperti itu akan mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Apalagi  sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, Jika penyakit kulit sudah terlanjur menyerang tubuh dan cukup serius, maka hal ini perlu dilakukan tindakan khusus yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Dalam memilih dokter kulit yang tepat, pastikan Mama sudah mengetahui jadwal praktik beserta tempatnya sesuai dengan domisili, jadi akan lebih mudah bertemu dengan dokter yang bersangkutan.

Bagi Mama yang berdomisili di Bandung, berikut Popmama.com telah merangkum daftar dokter spesialis kulit di Bandung yang bisa Mama jadikan pilihan untuk berkonsultasi masalah kulit.

1. dr. HR. Achmad Bernard Prawiradiningrat, Sp.KK

1. dr. HR. Achmad Bernard Prawiradiningrat, Sp.KK
sehatq.com

Mama yang berdomisili di Bandung dapat memilih dr. Achmad Bernard, Sp.KK sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin. Beliau membuka praktik pribadi di Jl. Jend. Sudirman No. 613, Wr. Muncang, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dokter Achmad telah menamatkan pendidikan kedokteran spesialis kulit dan kelamin di Universitas Padjajaran, Bandung, dan merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung. Selain itu, ia memiliki pengalaman praktik di Rumah Sakit Immanuel, Bandung.

Pelayanan medis yang tersedia, seperti perawatan anti-aging, peremajaan dan pengencangan kulit, facial, mikrodermabrasi wajah, electrocauterazation, maupun perawatan luka bakar. Adapun jadwal praktik Dokter Achmad, yaitu Senin sampai Jumat pukul 08.00-20.00 WIB, sementara di hari Sabtu buka pukul 17.00-20.00 WIB.

2. dr. Cankerty Djatmojo, Sp.KK

2. dr. Cankerty Djatmojo, Sp.KK
rsborromeus.com

dr. Cankerty Djatmojo, Sp.KK merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin yang membuka praktik di Bandung. Tepatnya di Jl. Surapati No. 17, Lebakgede, Kecamatan Coblog, Kota Bandung, Jawa Barat.

Masalah yang biasanya ditangani di klinik milik Dokter Cankerty, yaitu masalah yang berkaitan dengan kulit wajah dan kecantikan, seperti jerawat, bruntusan, dan lain sebagainya. Adapun biaya konsultasi mulai dari Rp 300.000 dan belum termasuk obat tebusan. Dokter Cancerty juga merupakan dokter di RS Santo Borromeus, Bandung.

Jika Mama ingin berkonsultasi mengenai masalah kulit wajah, bisa mengunjungi klinik Dokter Cankerty yang dibuka dari hari senin hingga sabtu pukul 11.30-15.00 WIB.

3. dr. Indrarini Tiksnowati, Sp.KK

3. dr. Indrarini Tiksnowati, Sp.KK
sehatq.com

Mama yang tinggal di Bandung dan ingin mengatasi masalah kulit maupun kelamin, bisa mengunjungi praktik Dokter Indrarini yang berlokasi di Jl. Gajah No. 1, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dokter Indrarini merupakan lulusan dari pendidikan kedokteran spesialis kulit dan kelamin di Universitas Padjajaran, Bandung. Beliau juga merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung.

Praktik milik Dokter Indrarini menangani masalah penyakit kulit mupun kelamin yang ditangani secara medis. Selain membuka praktik di rumah, Dokter Indrarini juga berpraktik di Rumah Sakit Advent di Coblog, Bandung.

Adapun jadwal praktik di rumah, yaitu buka setiap hari kecuali hari Senin pukul 07.00-15.00 WIB. Ada baiknya, sebelum berkunjung Mama membuat janji terlebih dulu.

4. Prof. DR. Dr. Tony Djajakusumah, Sp.KK(K)

4. Prof. DR. Dr. Tony Djajakusumah, Sp.KK(K)
Youtube.com/Kanal RSHS

Prof. DR. Dr. Tony Djajakusumah, Sp.KK(K) merupakan salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin dan Rumah Sakit Rajawali di Bandung. Beliau juga membuka praktik pribadi di Jl. Kebon Jati No. 106, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pada 1974, Dokter Tony menamatkan pendidikan kedokteran spesialis kulit dan kelamin di Universitas Padjajaran, Bandung. Kemudian beliau ditunjuk untuk memimpin bagian kulit dan kelamin di Universitas Padjajaran. Pada tahun 1999, Dokter Tony dikukuhkan menjadi guru besar tetap pertama dalam bidang Ilmu Penyakit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung.

Dokter Tony melayani konsultasi dan penanganan penyakit yang berhubungan dengan dermatologi. Apabila Mama ingin berkunjung ke tempat praktik pribadinya, sebaiknya melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui telepon, bisa di hari Senin sampai jumat pukul 11.00-20.00 WIB atau di hari Sabtu pukul 11.00-18.00 WIB.

Editors' Picks

5. dr. Suud Pramono, Sp.KK

5. dr. Suud Pramono, Sp.KK
perdoski.id

dr. Suud Pramono, Sp.KK siap melayani konsultasi serta pemeriksaan seputar kulit dan kelamin. Beliau membuka praktik pribadi di Jl. Sriwijaya No. 43, Cigelereng, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dokter Suud menyelesaikan pendidikan kedokteran spesialis kulit dan kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Beliau juga merupakan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung.

Mama yang ingin berkonsultasi mengenai masalah kulit ataupun kelamin, bisa datang langsung ke tempat praktik Dokter Suud yang buka di hari Senin sampai dengan Jumat pukul 15.30-17.30 WIB.

6. dr. Dendi Sandiono, Sp.KK(K)

6. dr. Dendi Sandiono, Sp.KK(K)
Youtube.com/CMIhospital.com

dr. Dendi Sandiono, SP.KK merupakan seorang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin yang saat ini berpraktik di Rumah Sakit dr. Hasan Sadikin di Bandung, Jawa Barat. Beliau juga membuka praktik di Apotek Jamika yang belokasi di Jl. Jamika No. 117, Babakan Tarogong, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

dr. Dendi Sandiono, SP.KK merupakan salah satu anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung. Beliau juga pernah menjabat sebagai staf pengajar pada tahun 1993 di Universitas Padjajaran, Bandung.

Apabila Mama ingin berkonsultasi dengan Dokter Dendi, maka bisa langsung berkunjung ke tempat praktinya yang buka pada Senin hingga Jumat pukul 16.00-19.00 WIB.

7. dr. Deis Hikmawati, Sp.KK, M.Kes

7. dr. Deis Hikmawati, Sp.KK, M.Kes
guesehat.com

dr. Deis Hikmawati, Sp.KK, M.Kes adalah seorang dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin. Saat ini, beliau berpraktik di sebuah klinik kecantikan yang cukup terkenal, yaitu Erha Clinic.

Erha Clinic sendiri merupakan klinik kecantikan yang melayani berbagai permasalahan pada kulit wajah waupun rambut, serta memberikan banyak program kecantikan yang bisa Mama pilih.

Dokter Deis memiliki jadwal praktik di tiga tempat cabang Erha, seperti Erha Derma Center Bandung pada hari Senin hingga Sabtu, Erha Apothecary Paskal 23 Bandung pada hari Senin, Selasa, Kamis, Minggu, dan Erha Apothecary Istana Plaza Bandung yang buka pada hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu.

8. dr. Diah Puspitosari, Sp.KK

8. dr. Diah Puspitosari, Sp.KK
Twitter.com/diahpoppy

dr. Diah Puspitosari, Sp.KK juga merupakan bagian dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung. Beliau praktik di Klinik Ammara Sahya Arcamanik. Tepatya di Jl. Pacuan Kuda No. 46, Sukamiskin, Kec. Arcamanik, Kota Bandung. Selain itu, Dokter Diah juga praktik di RSAI Bandung.

Pelayanan yang tersedia di Klinik Ammara Sahya berkaitan dengan masalah kulit dan kelamin, seperti pemeriksaan dermatologi, pemeriksaan infeksi menular sensual, tindakan bedah minor, dan sebagainya.

Mama bisa langsung berkunjung ke tempat praktik Dokter Puspita di Klinik Ammara. Dengan jadwal praktik hari Senin hingga Jumat pukul 09.00-17.00 WIB.

9. dr. Reiva Farah Dwiyana, Sp.KK (K), M.Kes

9. dr. Reiva Farah Dwiyana, Sp.KK (K), M.Kes
perdoski.id

dr. Reiva Farah Dwiyana, Sp.KK (K), M.Kes adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang menyelesaikan pendidikan spesialis kulit dan kelamin di Universitas Padjajaran dan menjadi konsultan dermatologi anak. Beliau praktik di Klinik Tivaza Spesialis Kulit yang berlokasi di Jl. Dr. Rajiman No. 16, Pasir Kaliki, Kec. Cicedon, Kota Bandung.

Klinik Tivaza sendiri menyediakan layanan, seperti konsultasi infeksi menular seksual, konsultasi permasalahan kulit, chemical peeling, bedah kulit, maupun konsultasi masalah kulit bayi dan anak.

Mama yang ingin berkunjung dan berkonsultasi langsung dengan Dokter Reiva, bisa datang ke Klinik Reiva dengan jadwal praktik Senin sampai Jumat pukul 16.00-19.00 WIB, dan Sabtu pukul 11.00-14.00 WIB.

10. dr. Prawindra Irawan, Sp.KK, M.Kes

10. dr. Prawindra Irawan, Sp.KK, M.Kes
Instagram.com/kiwang75

dr. Prawindra Irawan, Sp.KK, M.Kes merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin yang telah menamatkan pendidikan spesialis kulit dan kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung.

Saat ini, Dokter Prawindra berpraktik di Rumah Sakit Immanuel Bandung sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin. Beliau juga melakukan praktik di Klinik Erha Derma Center Bndung dan Erha Apothecary Istana Plaza Bandung.

Dalam praktiknya, Dokter Prawindra melayani tindakan medis, seperti biopis kulit, konsultasi seputar kulit dan kelamin, pengangkatan kutil, pengobatan melasma, dan perawatan luka bakar. Dengan jadwal praktik hari Senin pukul 08.00-12.00 WIB, hari Rabu pukul 08.00-11.30 WIB, dan hari Jumat pukul 08.00-10.30 WIB.

11. dr. Armina Haramaini, Sp.KK

11. dr. Armina Haramaini, Sp.KK
rsmelinda2.com

dr. Armina Haramaini, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin yang aktif melayani pasien di Rumah Sakit Melinda 2 yang berada di Jl. Dr. Cipto No. 1, Pasir Kaliki, Kec. Cicendon, Kota Bandung.

Dokter Armina mendapatkan gelar spesialis kulit dan kelamin setelah menamatkan pendidikan di Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 2010. Beliau juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) cabang Bandung.

Dokter Armina mempunyai jadwal praktik di Rumah Sakit Melinda 2, Bandung pada hari Sabtu pukul 09.00-11.00 WIB. Selebihnya, beliau berpraktik di Siloam Hospital, Purwakarta.

Itulah 11 doter spesialis kulit dan kelamin yang dapat Mama pilih di wilayah Bandung, Jawa Barat. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.