Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Temukan di Film Qorin

Qorin, film horor bertema religi yang menyiratkan banyak pelajaran hidup bermakna

2 Desember 2022

7 Pelajaran Hidup Bisa Kamu Temukan Film Qorin
Youtube.com/IDN Pictures

Film Qorin tayang di bioskop pada 1 Desember 2022, hadir sebagai film horor bertema religi karya IDN MEDIA yang disutradarai oleh Ginanti Rona.

Film horor kedua yang dibuat oleh IDN Pictures ini menggambarkan kehidupan para santri perempuan yang memiliki karakter kontras sehingga ceritanya dibangun dengan menarik dan menegangkan. 

Terdapat tokoh utama Zahra yang diperankan oleh Zulfa Maharani. Ia berperan sebagai ketua kelas yang dipercaya sebagai perantara untuk memutuskan segala sesuatu yang kerap menjadi beban baginya.

Tak hanya menampilkan sisi horor, Qorin menyiratkan banyak pelajaran hidup yang berguna untuk kehidupan kita dengan sesama.

Ingin tahu selengkapnya? Simak artikel Popmama.com untuk 7 pelajaran hidup yang bisa kamu temukan di film Qorin berikut ini. 

1. Saling menolong sesama

1. Saling menolong sesama
Freepik/Lovelyday12

Qorin menggambarkan kehidupan para santri perempuan yang menimba ilmu pendidikan Islam dengan ragam karakter mereka yang menarik. 

Qorin juga banyak menampilkan adegan pertemanan yang saling tolong menolong dan memberikan kita ingat-ingatan akan pentingnya seorang teman apabila kita sedang mengalami kesulitan.

Hal tersebut juga berlaku apabila kita sebagai orang yang ditolong, maka sepatutnya dengan senang hati kita juga membantu orang lain yang mengalami kesulitan.

2. Jangan menutupi kesalahan

2. Jangan menutupi kesalahan
Freepik/cookie_studio

Meskipun kita memiliki seorang teman atau kolega yang sangat dipercaya oleh orang banyak, kita tidak boleh menutup mata jika ia melakukan kesalahan yang berpotensi membahayakan orang lain.

Kita ikut andil dalam setiap kejadian yang akan terjadi apabila menutupi sebuah kebenaran yang apabila tidak diungkapkan, maka kita akan terlambat untuk menyelamatkan reputasi atau keselamatan orang lain.

Editors' Picks

3. Berani menyuarakan kebenaran

3. Berani menyuarakan kebenaran
Freepik/lifeforstock

Tak jarang bagi seseorang untuk takut menyuarakan pendapat. Ada yang takut menjadi buah bibir rekan dan teman sebaya hingga dikucilkan.

Namun, semua hal yang menyangkut kepentingan bersama haruslah didahulukan. Dari sini kita juga tak akan berlarut-larut dalam circle kesalahan yang orang lain buat dan punya dampak buruk bagi keselamatan bersama.

4. Tidak diam apabila mendapat perlakuan buruk

4. Tidak diam apabila mendapat perlakuan buruk
pixabay/artbykleiton

Mendapatkan perlakuan buruk dari seseorang sangat tidak menyenangkan. Memang terdapat macam perlakuan buruk dari yang kecil hingga besar dan mungkin tak bisa kita simpan sendiri.

Beberapa orang bahkan menutup diri saat mengalami fase berat akibat perlakuan buruk orang lain. Hal itu bisa berupa bullying, pelecehan seksual, kekerasan dalam suatu hubungan, dan masih banyak lagi.

Apabila kita tidak membuka suara akan perlakuan buruk yang kita terima, hal yang sama akan terus terjadi dan bisa saja orang lain akan menjadi korban selanjutnya. Untuk itu, bersikap terbuka adalah hal yang baik.

5. Jangan mudah percaya

5. Jangan mudah percaya
earlychildtrainingcenter.com

Orang yang berkuasa tentu mendapatkan privilege citra diri yang baik. Mereka berusaha menyiratkan cara hidup dan berkelakuan baik sesuai dengan peran mereka. Misalnya, menjadi seorang santri haruslah sopan dan rajin beribadah.

Di sisi lain, kedudukan, peran, dan profesi apapun yang dijalani seseorang tidak mendefinisikan kehidupan orang tersebut seutuhnya.

Melainkan kita harus mengenal lebih dalam dan mengetahui niatnya. Ada yang melakukan sesuatu demi kesenangannya sendiri dengan kedok profesi. Hal tersebut tentu sangat merugikan orang lain.

Maka dari itu, kita harus sebisa mungkin bersikap netral dengan pikiran terbuka. Juga tidak cepat mengambil sikap terhadap seseorang hanya karena citra diri yang terlihat dari luar saja.

6. Selalu mengandalkan Tuhan

6. Selalu mengandalkan Tuhan
Freepik/Nongsurachai

Hal yang sebenarnya mudah dilakukan, tetapi banyak orang yang kerap mengabaikannya. Dalam setiap aspek kehidupan, haruslah kita mengandalkan Tuhan.

Baik dari hal-hal kecil hingga yang besar sekalipun, kita tak boleh mengabaikan kuasa Tuhan yang mampu menolong dalam setiap penderitaan dan kesesakan kita.

Mengandalkan manusia adalah hal yang bisa kamu lakukan, namun kuasa Tuhanlah yang menyempurnakannya.

Untuk itu, selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan agar masalah dan kesulitan dapat terselesaikan dengan baik.

7. Tempatkan diri di pergaulan yang baik

7. Tempatkan diri pergaulan baik
Freepik/Freepik

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Hal tersebut sangat berlaku apabila seorang individu masuk dalam kelompok ataupun lingkungan dengan habit yang buruk.

Berkumpul dengan orang yang suka bergosip, lambat laun kita akan ikut bergosip. Berkawan dengan orang yang sering berkata kasar akan membuat pribadi kita menjadi orang yang kasar, begitupun sebaliknya.

Untuk itu, kita harus selektif dalam memilih pertemanan. Karena setiap orang yang kita izinkan masuk dalam hidup kita, punya andil yang besar dengan atau tanpa kita sadari.

Itulah tadi 7 pelajaran hidup yang bisa kamu temukan di film Qorin. Terus berbuat baik dan carilah teman dan lingkungan yang bisa mendukungmu, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk