TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Beredar Foto Lesti Kejora Pakai Penyangga Leher, Apa Fungsinya?

Prosedur pengobatan non-bedah yang dilakukan Lesti, ampuh pulihkan cedera dan patah tulang

6 Oktober 2022

Beredar Foto Lesti Kejora Pakai Penyangga Leher, Apa Fungsinya
Instagram.com/lestiykeejora

Kabar mengejutkan datang dari penyanyi dangdut, Lesti Kejora. Penyanyi jebolan D’Academy ini, melaporkan sang suami, Rizki Billar atas dugaan kasus tindakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022) malam.

Akibat dari perlakuan KDRT itu, dirinya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan kabar tersebut, dimana terdapat potret Lesti yang terbaring di rumah sakit dengan gips pada lehernya. 

Selain itu, polisi mengungkap adanya pergeseran tulang leher yang terjadi sebagai akibat dari aksi Rizki Billar yang mencekik dan membantingnya di kamar mandi. "Dibanting di kamar mandi itu, lehernya sakit itu sehingga mengalami pergeseran," jelas Zulpan.

Berbicara mengenai metode pemulihan yang dilakukan Lesti tersebut, gips sendiri adalah perangkat medis yang digunakan untuk melindungi dan menopang tulang dan sendi cedera, yang secara prosedural dilakukan oleh dokter ortopedi, spesialis perawatan sistem kerangka, seperti tulang, sendi, dan otot.

Untuk itu, mari kita simak manfaat dan fungsi gips untuk pengobatan patah tulang dari penjelasan Popmama.com berikut.

Pengertian dan Fungsi Gips dalam Pengobatan Medis

Pengertian Fungsi Gips dalam Pengobatan Medis
Freepik/rawpixel.com

Dalam dunia medis, gips dibentuk dari fiberglass, perban, plastik, dan plester sebagai pelindung pada proses penyembuhan untuk bagian tubuh yang mengalami cedera atau patah.

Gips sendiri merupakan perangkat ortopedi yang berguna dalam masa pemulihan hingga sembuh, agar posisi tulang menetap pada tempatnya.

Selain itu, penggunaan gips juga berguna dalam membatasi batas gerak pada tulang yang cedera agar selalu berada di tempatnya sampai pasien tersebut sembuh.

Editors' Picks

Manfaat Gips untuk Patah Tulang

Manfaat Gips Patah Tulang
Freepik/wayhomestudio

Karena punya sifat yang mudah dibentuk, gips dapat dibuat menjadi sepatu agar memudahkan pasien untuk berjalan apabila gips telah mengeras seutuhnya. Selain dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh mana yang cedera, sejumlah manfaat lainnya dari gips, antara lain:

  • Melindungi bagian yang patah secara penuh, yakni menutupi area tubuh yang cedera untuk pencegahan luka atau cedera baru.

  • Mempertahankan posisi tulang tetap di tempatnya sebagai pencegahan kelainan bentuk tulang dan risiko terjadinya pergeseran.

  • Mempercepat proses pemulihan, dimana biasanya dibutuhkan waktu sekitar 4-12 minggu apabila terjadi cedera pada tungkai dan lengan

Kondisi Patah Tulang yang Perlu Perawatan Gips

Kondisi Patah Tulang Perlu Perawatan Gips
Freepik/pvproductions

Gips adalah jenis perawatan non-bedah yang paling umum untuk patah tulang. Namun, jenis perawatan struktur tulang ini biasa digunakan setelah operasi pemasangan pen di area tulang yang retak untuk mencegah kontraksi otot dan pergerakan anggota tubuh.

Tidak semua jenis patah tulang dapat menggunakan gips untuk membantu proses penyembuhan, Seperti pada tulang rusuk atau tulang selangka yang patah. 

Selain itu, perban ini tidak dapat digunakan pada area patah tulang yang bengkak. Gips yang terlalu ketat dapat mengganggu sirkulasi darah di lokasi fraktur. Selain itu, gips biasanya tidak diperlukan untuk patah tulang ringan atau tidak parah.

Perawatan Gips yang Perlu Diperhatikan

Perawatan Gips Perlu Diperhatikan
Freepik/rawpixel.com

Memakai gips memang akan memunculkan rasa tidak nyaman, apalagi untuk pemasangan gips yang ketat. Dalam hal ini, dokter akan memberi obat pereda nyeri seperti ibuprofen.

Beberapa tips dalam merawat gips juga perlu kamu perhatikan agar proses penyembuhan lebih cepat, yakni:

  • Usahakan untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari jantung yang ditopang dengan bantal lembut untuk meredakan pembengkakan di awal pemasangan gips

  • Hindarkan gips dari air agar tidak timbul jamur dan menginfeksi area yang cedera

  • Jangan menggaruk area dalam gips karena rasa gatal akan berkurang setelah beberapa hari

  • Jangan memberi tekanan pada gips

  • Melatih dan menggerakan jari dan sendi agar proses pemulihan maksimal

  • Gunakan penutup gips apabila sedang beraktivitas dan lepaskan setelah selesai beraktivitas

Itulah tadi sejumlah informasi mengenai manfaat dan fungsi gips untuk pengobatan patah tulang agar proses pemulihan terjadi lebih cepat. Semoga cepat membaik dan sembuh, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk