Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Doa Kristen Dalam Menghadapi Permasalahan Hidup

Doa adalah napas hidup orang percaya dan cara kita berkomunikasi dengan Tuhan

30 November 2022

10 Doa Kristen Dalam Menghadapi Permasalahan Hidup
Freepik/jcomp

Dalam kehidupan ini kita tidak dapat hanya mengandalkan pengalaman dan kemampuan diri sendiri. Disadari atau tidak bahwa hidup kita juga membutuhkan pribadi yang lain.

Kita membutuhkan orang-orang yang mendukung kita apakah itu keluarga, teman, sahabat yang kita harapkan bisa menolong dan menopang kita.

Tetapi manusia terbatas mereka bisa saja memberikan pertolongan dan bantuan. Oleh sebab itu, di atas semua masalah dan pergumulan kita harus membawa keberatan kita di bawah kaki Tuhan. 

Jadikanlah doa menjadi kebiasaan kita sebagai orang percaya. Sebab ketika kita berdoa, Tuhan Allah mendengar dan menjawab. 

Berikut ini Popmama.com rangkum 10 doa Kristen dalam menghadapi permasalahan hidup. Simak artikel berikut.

1. Doa pada waktu susah 

1. Doa waktu susah 
Freepik/8photo

Tuhan, dengarkanlah doaku, dan biarlah teriakku minta tolong sampai kepada-Mu. Janganlah sembunyikan wajah-Mu terhadap aku pada hari aku tersesak. Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku; pada hari aku berseru, segeralah menjawab aku!

Mazmur 102:2‭-‬3  seperti pemazmur berseru kepada Tuhan biarlah kita juga melakukan hal yang sama. Tuhan aku percaya dalam kesusahan ku, Engkau sanggup menolong ku sebab kepadaMu lah aku berharap.

2. Doa pada waktu sakit

2. Doa waktu sakit
Freepik/Katemangostar

Tuhan sebagai manusia aku berusaha melakukan bagianku, ketika aku sakit aku berobat, aku mengatur pola makananku, aku berusaha menaati larangan dokter tetapi tubuhku tidak juga sehat.

Aku berdoa kepadamu sebagai pemilik hidupku kasihanilah aku dan sembuhkanlah aku ya Tuhan sebab aku percaya Engkau berkuasa mengangkat segala penyakitku dan menyembuhkan aku.

3. Doa pada waktu kekurangan

3. Doa waktu kekurangan
Freepik/drobotdean

Tuhan aku bukan pemalas, aku berusah sekuat tenaga bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tetapi sekuat apapun aku bekerja apa yang kudapatkan tidak dapat mencukupi kebutuhan anak-anakku.

Tuhan Yesus tolonglah kami.berikanlah kepada kami berkatMu, kasihMu dan kemurahanMu. Cukupkanlah kebutuhan kami sebab itu juga menjadi doaMu yang Kau ajarkan kepada kami berikanlah kepada kami makanan pada hari ini yang secukupnya.

4. Doa pada waktu kita mengalami ketakutan

4. Doa waktu kita mengalami ketakutan
Freepik
Ilustrasi

Sebagai manusia seringkali kita juga mengalami rasa takut karena sesuatu. Entah karena kita takut gagal, takut tidak mendapatkan yang kita harapkan atau takut menghadapi kenyataan hidup. Untuk itu, kita perlu membawa doa ini kepada Tuhan.

Tuhan Allah kami pencipta langit dan bumi yang kami percaya Engkau berkuasa mengangkat dan menurunkan, dalam ketakutanku akan banyak hal, aku datang berdoa dan menyerahkan ketakutanku kepadaMu.

Kiranya Engkau Tuhan Yang memampukanku untuk memiliki keberanian daalam menghadapi banyak perkara, sebab Engkau berfirman jangan takut sebab Aku menyertai engkau dan memegang tanganmu dan memberikan kemenangan.

Editors' Picks

5. Doa pada waktu duka

5. Doa waktu duka
pixabay/victoria_art

Siklus kehidupan membawa kita kepada satu suasana yang menyedihkan, yaitu ketika kita kehilangan orang yang kita kasihi.

Tuhan dalam dukaku, aku percaya Engkau tidak meninggalkan aku. Aku berdoa kiranya kekuatan serta penghiburan dari RohMu memampukanku untuk tetap kuat ketika Engkau mengambil orang yang kami kasihi.

Hiburkanlah kami dan kuatkan kami ya Roh Kudus dalam menjalani hari-hari kami ke depan tanpa orang yang kami kasihi.

6. Doa memohon keselamatan

6. Doa memohon keselamatan
Freepik/senivpetro

Tuhan kami serahkan perjalanan kami ke luar kota kedalam tanganMu. Lindungilah kami dan jauhkanlah kami dari segala mara bahaya dan kecelakaan.

Tibakanlah kami di tujuan kami dengan segala selamat sebab Engkau Tuhan yang memerintahkan para malaikatMu untuk menjagai kami di perjalanan ini.

Berkati juga kendaraan yang kami pakai dan apapun yang kami lakukan hari ini agar bisa sampai dan tiba kembali ke rumah dengan segala selamat tanpa kurang suatu apapun.

7. Doa pergumulan uang pendidikan

7. Doa pergumulan uang pendidikan
Freepik/Odua

Tuhan aku serahkan pendidikan anak-anakku ke dalam tanganMu. Berkatilah dan bukakanlah kami jalanMu agar kami dapat menyekolahkan anak-anak kami.

Biaya pendidikan mereka Tuhan tolong, sehingga mereka tidak putus di tengah jalan tetapi dapat menyelesaikan pendidikan dari awal hingga perkuliahan mereka dengan baik karena Engkau mencukupkan keuangan kami.

8. Doa di kala bimbang dan ragu

8. Doa kala bimbang ragu
Pexels/Karolina Grabowska

Karena situasi serba sulit terkadang kita sebagai orang beriman mengalami juga yang namanya kebimbangan dan keraguan. Ada oknum lain yaitu kuasa kegelapan yang berusaha mengintimidasi kita, agar kita kehilangan kepercayaan kepada Tuhan melalui keragu-raguan .

Tuhan di tengah-tengah pergumulanku, sepertinya aku tidak menemukan jalan. Tidak ada yang memberikanku arahan. Aku mulai kehilangan kepercayaan ini, aku mulai ragu dengan FirmanMu.

Tolonglah aku ya Tuhan! Bimbinglah aku agàr keragu-raguan dan kebimbangan ini tidak membunuh iman dan kepercayaanku kepadaMu.

9. Doa memohon pekerjaan

9. Doa memohon pekerjaan
Freepik/jcomp

Menjadi dambaan semua orang adalah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion dan kemampuannya. Untuk itu, sebagai orang percaya kita perlu membawa keinginan kita kepada Tuhan melalui doa.

Tuhan terima kasih untuk bakat serta karunia yang Engkau berikan. Aku berdoa kiranya Engkau membukakanku jalan sehingga aku mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang aku geluti.

Sehingga dalam pekerjaanku aku dapat melakukannya dengan penuh sukacita. karuniakanlah kepadaku ya Tuhan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang ku dapatkan di bangku pendidikanku maupun minatku sehingga aku dapat menerapkannya di dunia kerja.

10. Doa menghadapi penindasan

10. Doa menghadapi penindasan
pixabay/anemone123

Dalam kehidupan ini, tak jarang kita menemukan orang-orang yang tidak menyukai kita meski tanpa alasan yang jelas. Kita kerap mendapatkan penindasan dan hal tersebut haruslah kita bawa ke hadapan Tuhan agar kita bisa bersabar dan lebih damai dengan keadaan.

Tuhan terima kasih atas berkat anugerahMu kalau sekarang aku boleh hidup menurut FirmanMu. Aku percaya meskipun ada orang yang berusaha menindasku, Kau tak pernah meninggalkan aku. Bahkan, aku percaya Engkau memberikan kelegaan dan kesabaran bagiku untuk menghadapi setiap persoalan.

Aku memberkati dan mengampuni orang-orang yang telah menindasku. Jangan biarkan aku lengah terhadap musuhku, tetapi aku memberkati mereka sesuai dengan Firman yang Kau ajarkan di Matius 5:44.

Itulah tadi 10 doa Kristen dalam menghadapi permasalahan hidup. Tetap kuat dan semangat karena Tuhan Yesus pasti menolong.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk