Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Natural Oil untuk Lengkapi Kebutuhan Kulit Sehatmu

Tidak harus yang muluk-muluk, bahan alami ini mampu menjawab setiap permasalahan kulit

16 September 2022

Manfaat Natural Oil Lengkapi Kebutuhan Kulit Sehatmu
Freepik/benzoix

Memerhatikan dan merawat kesehatan kulit adalah sebuah investasi. Melihat mobilitas tinggi saat ini, membuat kita harus rajin dan saksama dalam merawat kesehatan kulit.

Tidak hanya wajah lho Ma yang harus diperhatikan, tetapi kulit tubuh lainnya agar tetap terjaga kesehatannya.

Untuk menjawab setiap permasalahan kulit, natural oil adalah salah satu perawatan penting yang bisa Mama coba.

Natural oil atau minyak tumbuhan alami terbukti dapat menjaga kelembaban kulit, mencegah tanda penuaan, dan masih banyak lagi. 

Jenis natural oil yang sering ditemukan pada produk kecantikan, seperti Jojoba Seed Oil, Sunflower Seed Oil, Chamomile Oil, Rosehip Oil, Calendula Oil, dan Pomegranate Oil yang berperan penting dalam setiap permasalahan kulit.

Mulai dari bekas luka, sawar kulit, anti-aging, dan sebagai antioksidan serta antibakteri.

Lebih jelasnya, Popmama.com telah merangkum sejumlah informasi mengenai manfaat natural oil untuk lengkapi kebutuhan sehatmu!

Yuk, kita simak rangkuman berikut.

1. Kulit lembap itu wajib lho Ma

1. Kulit lembap itu wajib Ma
Freepik/diana.grytsku

Pasti sangat tidak nyaman ya, Ma apabila kulit kita dehidrasi. Kulit jadi terlihat kusam, kering, dan membuat kita tidak percaya diri.

Kulit wajah sangat perlu pelembap. Natural oil adalah salah satu alternatif pelembap terbaik yang dapat mengikat kadar air pada kulit agar tidak kering dan mudah pecah-pecah hingga memunculkan stretch mark.

"Pelembap sangat penting agar kulit bisa lebih elastis saat ada pelebaran," ujar dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK., pada Peluncuran Bio-Oil Skincare Oil (Natural), Kamis (15/09).

dr. Melyawati juga memberi tips untuk langsung memakai pelembap di kulit kurang dari 5 menit setelah mandi, karena itulah waktu yang tepat untuk mengikat kadar air dan membuat produk pelembap terserap ke kulit secara maksimal.

Bagi Mama yang punya under eye, jangan ragu untuk coba pomegrantae oil karena khasiatnya yang mampu mencerahkan dan melembutkan kulit dengan baik.

2. Natural oil penangkal stretch mark

2. Natural oil penangkal stretch mark
Freepik

Tahukah Mama semakin bertambahnya usia, kulit juga akan semakin meregang bahkan kering? Kondisi ini yang sering membuat stretch mark bermunculan

Stretch mark tidak hanya muncul pada ibu hamil atau kelebihan berat badan, namun juga pada anak remaja hingga dewasa yang tidak jarang muncul dibagian payudara, bokong, paha bagian dalam, lutut depan, lutut belakang, sampai ke betis dan punggung.

Hal ini tentu sangat mengganggu ya, Ma. Tidak hanya faktor internal tersebut yang dapat menyebabkan stretch mark, namun krim pemutih atau pencerah yang sering beredar di pasaran bisa memunculkan stretch mark pada kulit karena mengandung steroid.

"Pasti yang hamil suka dibilangin jangan digaruk nanti malah muncul stretchmark. Bukan karena gatal digaruk jadi stretch mark, tapi karena ada inflamasi makanya jdi gatel. Padahal kalo ga digaruk juga bisa tetep makin banyak" kata dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK.,

Oleh karenanya, ibu hamil sangat perlu memakai pelembap seperti natural oil agar stretchmark tetap terkendali.

Dan yang paling penting, jangan lupa untuk selalu memeriksa ingredients yang ada pada produk kecantikan tersebut, karena tidak semua natural oil "aman" digunakan oleh ibu hamil.

Editors' Picks

3. "Healing" dengan chamomile oil

3. "Healing" chamomile oil
Freepik/cookie_studio

Minum teh hangat apalagi dengan chamomile tea pasti sungguh menenangkan, tapi jangan ragukan kemampuan chamomile oil dalam permasalahan stres.

Menurut Dr Couic Marinier, "Manfaat utama Chamomile menyangkut sistem saraf khususnya, melawan kecemasan dan depresi". 

Minyak Chamomile telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat alami untuk membantu kamu tertidur berkat manfaatnya yang menenangkan dan menenangkan. 

Dr Couic Marinier dalam Decléor Paris menambahkan; “Sifat sedatif Minyak Atsiri Chamomile telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, terutama dalam perawatan paliatif”.

Perawatan paliatif sendiri dilakukan pada pasien dengan penyakit kronis untuk pengurangan nyeri dan berpengaruh pada kesehatan psikologis pasien.

4. Rosehip oil untuk warna kulit tidak merata

4. Rosehip oil warna kulit tidak merata
Freepik

Mungkin Mama adalah salah satu yang memiliki permasalahan serupa. Kondisi ini muncul sebagai akibat dari paparan sinar matahari, hiperpigmentasi seperti bekas jerawat, bintik hitam, luka bakar, dan lainnya yang bisa saja permanen atau non-permanen.

No worries! Rosehip oil adalah salah satu natural oil yang kaya akan asam lemak, vitamin A yang efektif memudarkan bekas jerawat dan masalah hiperpigmentasi lainnya. 

Untuk menghindari masalah kulit yang satu ini, Mama bisa rajin gunakan sunscreen dan pelembap ya!

5. Ragam natural oil atasi jerawat

5. Ragam natural oil atasi jerawat
Freepik

Dilansir Healthline.com, sebuah studi tahun 2007 dari sumber terpercaya menunjukkan bahwa rosemary oil menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes (P. acnes), bakteri yang hidup di kulit dan berkontribusi terhadap jerawat.

Selain itu, Jojoba oil dan Calendula oil juga dapat mengatasi jerawat bahkan mencegah dan meringankan gejala eksim dan psoriasis.

6. Tangkis penuaan dini dengan Sunflower Oil

6. Tangkis penuaan dini Sunflower Oil
Freepik/jcomp

Seperti yang kita tahu, bahwa kulit kering cenderung membuat wajah kita terlihat lebih tua dari yang seharusnya. Kandungan Vitamin E pada sunflower oil lebih banyak daripada minyak nabati lainnya.

Vitamin E dalam sunflower oil berperan sebagai antioksidan yang membantu menunda penuaan dini dan kerutan, menjaga kulit Mama terlihat muda dan segar.

Sunflower oil juga mengandung linoleic acid, yang membantu mempertahankan kelembapan kulit sehingga tidak terlalu kering.

Cara menggunakan facial oil:
Apabila masalah kulit wajah sudah kian kompleks, hal pertama yang bisa Mama lakukan adalah dengan kembali ke basic skincare, yaitu face wash, serum, pelembap, dan sunscreen.

Bagi Mama yang punya krim pelembap dan ingin mencoba natural oil/facial oil, bisa gunakan krim terlebih dahulu dan dilanjut dengan facial oil sebagai tahap akhir.

Apply di wajah yang masih sedikit lembab dengan menaruh produk diatas telapak tangan kemudian menggosokannya sehingga hangat lalu tepuk-tepuk wajah perlahan.

Jangan lupa untuk manfaatkan natural oil untuk lengkapi kebutuhan sehatmu.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk