TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Pemain Srimulat Masuk Nominasi FFI 2022, Ayo Dukung!

Sederetan artis muda tanah air berhasil perankan grup lawak legendaris ternama untuk film Srimulat

3 Oktober 2022

12 Pemain Srimulat Masuk Nominasi FFI 2022, Ayo Dukung
Instagram.com_morganoey

Pecinta komedi tanah air pastinya tahu film yang satu ini. "Srimulat : Hil yang Mustahal" tayang perdana pada 19 Mei 2022 yang kisahnya diadaptasi dari kisah nyata grup legendaris, Srimulat. Film komedi yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini juga dibintangi oleh sederetan artis muda tanah air yang sudah tidak asing lagi kemampuan beraktingnya dalam dunia hiburan. 

Dibintangi oleh Bio One, Dimas Anggara, Elang El Gibran, Erika Carlina, Erick Estrada, Ibnu Jamil, Indah Permatasari, Morgan Oey, Naimma Aljufri, Rukman Rosadi, Rano Karno, Teuku Rifnu Wakani, dan Zulfa Maharani, film garapan Fajar Nugros ini berhasil masuk dalam 'Kategori Pilihan Penonton FFI 2022' lho Ma! 

Untuk mendukung 12 pemain Srimulat yang masuk nominasi FFI 2022 di Kategori Aktor/Aktris Pilihan Penonton di Festival Film Indonesia 2022, kita simak dulu ulasan Popmama.com di bawah ini.

Yuk!

1. Bio One berperan sebagai Gepeng

1. Bio One berperan sebagai Gepeng
Instagram.com/bojvoyej

Pemain muda tanah air yang sering tampil di layar kaca untuk aktingnya dalam series dan film kayar lebar sejak kecil ini berperan sebagai Gepeng. Peran Gepeng dibuat dari sosok aslinya bernama Gepeng, seorang pelawak Indonesia yang terkenal di tahun 1980-an. 

Rela mengubah penampilannya untuk perannya sebagai Gepeng, Bio One membuat istri dari Gepeng terharu karena kemiripannya dengan sang mendiang suami.

Transformasi tubuh Bio One pun menuai pujian dari netizen dan artis lainnya. Upaya aktor berusia 24 tahun ini tentu tidak mudah. Perubahan tubuhnya cukup dramatis sebelum ia mendapat tawaran bermain Gepeng.

Atas kerja kerasnya tersebut, tak heran ia masuk dalam nominasi untuk 'Kategori Aktor Pilihan Penonton di Festival Film Indonesia 2022'.

2. Dimas Anggara berperan sebagai Timbul

2. Dimas Anggara berperan sebagai Timbul
Instagram.com/dimasanggara

Memiliki jam terbang yang cukup tinggi, aktor FTV dengan background Jawa-Batak ini harus melakoni karakter Timbul. Sosok Pak Timbul sendiri khas dengan logat Jawa yang kental. 

Seperti yang kita ketahui, suami dari Nadine Chandrawinata ini lebih sering berakting di film ber-genre romantis.

Tak ayal, kemampuan akting dan tampil profesional untuk karakter Timbul berhasil membuatnya masuk dalam nominasi 'Kategori Aktor Pilihan Penonton di Festival Film Indonesia 2022'.

3. Erika Carlina berperan sebagai Djudjuk

3. Erika Carlina berperan sebagai Djudjuk
Instagram.com/erl.carl

Sudah tak asing ditelinga Mama muda semua. Selebgram yang merambah ke dunia perfilman ini nyatanya pernah bergelut di dunia seni peran untuk film pertamanya yang berjudul Sakral di tahun 2018 lalu. Sahabat dari Awkarin dan Laura Anna tersebut juga kerap tampil dalam web series dan video klip. 

Kini dirinya masuk dalam nominasi 'Kategori Aktris Pilihan Penonton di Film Festival Indonesia 2022' untuk perannya sebagai Djudjuk.

4. Erick Estrada sebagai Tessy

4. Erick Estrada sebagai Tessy
Instagram.com/erickestradaindonesia

Lain dari pengalaman aktor dan aktris lain ketika memerankan karakter legendaris Srimulat, Erick justru sempat menangis ketika mendapati anaknya dirundung oleh teman di sekolahnya karena peran Erick sebagai Tessy dalam Film Srimulat tersebut. 

"Ya ini bisa dibilang magic di film-film. Saya tanya apa yang dialami Pakde Tessy, karena saya observasi sebagai aktor tuh gimana gesture-nya, cara dia berjalan, itu yang saya perhatikan," ungkap Erick.

"Tapi di belakangnya tuh ya saya juga mengalami apa yang dialami sama beliau. Dari keluarga, dari anak. Ya balik lagi Allah tuh memberi ujian kepada seseorang untuk naik kelas ya. Bukan naik kelas dulu baru ujian," tutupnya.

5. Ibnu Jamil sebagai Tarzan

5. Ibnu Jamil sebagai Tarzan
Instagram.com/ibnujamilo

Sudah berkarir selama lebih dari dua dekade, Ibnu Jamil tentu sudah tak asing bagi Mama semua. Berperan sebagai Tarzan dalam film tersebut membuatnya harus menurunkan berat badan hingga 6 kg. Wow, keren!

Ia bahkan mengaku sangat 'buta' dalam memerankan sosok Tarzan. Hingga ia mempelajari sebulan penuh bagaimana logat dan cara jalan Tarzan. Bahkan memakai gigi palsu selama 2 minggu proses syuting yang ia percaya sangat berpengaruh pada gaya bicaranya. 

Editors' Picks

6. Indah Permatasari sebagai Royani

6. Indah Permatasari sebagai Royani
Instagram.com/elangelgibran

Aktris yang berperan dalam 'Si Manis Jembatan Ancol' ini juga ikut bermain dalam film yang diangkat oleh kolaborasi antara MNC Pictures dan IDN Pictures ini. Mama muda ini berperan sebagai Royani yang dalam pengakuannya, ia merasa sangat penasaran akan grup lawak legendaris tersebut sehingga merasa tertantang untuk berperan menjadi salah satunya. 

"Aku ingin jadi bagian dari keluarga Srimulat. Karena kata Srimulat itu sudah melegenda. Ketika tahu mau di filmkan aku sangat bersyukur, dan kalau aku nggak jadi Royani juga enggak apa-apa. Asalkan aku bisa jadi keluarga Srimulat ", ungkapnya pada saat Live Instagram di @filmsrimulat beberapa waktu lalu.

7. Morgan Oey sebagai Paul

7. Morgan Oey sebagai Paul
Instagram.com/morganoey

Mantan anggota boy band, SMASH ikut dalam film ini. Morgan mengaku tidaklah mudah baginya untuk memerankan sosok Paul dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pendalaman karakter. Hal ini ia alami lantaran karakter Paul sendiri jarang tampil di hadapan publik. 

"Untuk pendalaman karakter perlu waktu 2 bulan, aku juga melakukan riset untuk karakter ini. Dan kebetulan ada pelatih kita, Rukman Rosadi. Jadi, kita ada olah tubuh, olah rasa. Sama belajar bahasa Jawa yang sulit", ungkapnya pada saat wawancara di Jakarta (22/04/22).

8. Naimma Aljufri sebagai Ana

8. Naimma Aljufri sebagai Ana
Instagram.com/naimmaljufri

Berkarir sejak usia 4 tahun, Naimma melakukan debut pertamanya untuk sinetron Bawang Merah Bawang Putih. Bagi Millennial Mom disini, pasti sudah pernah menonton sinetron yang hingga kini ceritanya kerap dibicarakan.

Popularitas dan bakat aktingnya dalam berbagai film, membuatnya ikut dalam film Srimulat untuk peran Ana sebagai sosok perempuan dengan ciri khas rambut hitam sepanjang bahu dan sanggulannya saat tampil di pertunjukan Srimulat. 

Peran Ana memiliki karakter ekspresif yang seringkali membuat anggota Srimulat lainnya tertawa karena tingkah kocaknya.

9. Rano Karno sebagai Babe Makmur

9. Rano Karno sebagai Babe Makmur
Instagram.com/elangelgibran

Disamping terkenal karena kepiawaiannya dalam peran utama untuk series Si Doel, Rano Karno ikut terjun dalam pembuatan film nostalgia ini.

Berperan sebagai Babe Makmur, Rano Karno menjadi seorang ayah sekaligus pemilik kontrakan yang dihuni oleh para anggota lawak Srimulat. Karakter keras dari Babe Makmur, tak jarang membuatnya berdebat dengan Gepeng dan Basuki dalam setiap kesempatan.

10. Rukman Rosadi sebagai pendiri grup Srimulat, Teguh

10. Rukman Rosadi sebagai pendiri grup Srimulat, Teguh
Instagram.com/morganoey

Aktor senior yang beradu peran dengan anaknya, El Gibran ini merupakan pemeran, pelatih akting, sekaligus dosen dalam Fakultas Seni Pertunjukan, program studi S-2 Seni Teater di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Terkenal dalam berbagai film layar lebar, Rukman Rosadi turut andil dalam memerankan Teguh Slamet Rahardjo sang pendiri kelompok Srimulat. 

Selain menyoroti sang aktor, Teguh.Slamet Rahardjo ternyata membangun grup lawak srimulat bersama istrinya, Djuwariah atau Djudjuk yang merupakan primadona di Srimulat.

11. Teuku Rifnu Wikana perankan Asmuni

11. Teuku Rifnu Wikana perankan Asmuni
Instagram.com/rifnuwikana

Merupakan aktor yang sering bermain dalam film layar lebar, Teuku Rifnu tantang dirinya untuk perankan Asmuni. Dengan background-nya sebagai orang Aceh, ia mengaku kesulitan untuk menguasai Bahasa Jawa guna perankan tokoh Asmuni. 

Sosok Asmuni punya peran penting dalam grup lawak Srimulat. Selain menjadi sosok bapak di atas panggung, ia juga harus menjadi figur seorang ayah untuk anggota Srimulat lain di balik panggung. Aktor yang memerankan Jokowi ini pun optimis dengan segi kualitas cerita dan komedi yang ditawarkan. 

12. Zulfa Maharani sebagai pelawak Nunung

12. Zulfa Maharani sebagai pelawak Nunung
Instagram.com/zulfamaharani

Nama Zulfa kini melambung karena perannya sebagai aktris dan pelawak tersohor, Nunung. Lain dari Ibnu Jamil yang menurunkan berat badan untuk peran Tarzan, Zulfa rela menaikan berat badan sebanyak 6 kg untuk mencapai penampilan yang mirip dengan Nunung. 

"Sebuah perjalanan yang luar biasa menaikan berat badan sampe 6 kilo untuk mengejr target mba Nunung di masa muda, olah tubuh, riset mendalam untuk mba Nunung sampe tipes HAHAH untung Elang join 🙏🏼," tulis Zulfa pada laman Instagramnya.

Demikian informasi untuk 12 pemain Srimulat yang masuk nominasi FFI 2022. Jangan lupa untuk tonton dan dukung film Srimulat yang pastinya akan mengocok perut Mama dan keluarga. Selamat menonton!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk