Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kim Kardashian Jalani Diet Nabati untuk Atasi Psoriasis

Kim Kardashian mulai fokus pada pemulihan autoimun dengan makanan sehat

3 September 2022

Kim Kardashian Jalani Diet Nabati Atasi Psoriasis
Pagesix.com

Kim Kardashian mengungkapkan bahwa dirinya sedang menjalani diet untuk mengatasi masalah psoriasis yang dialaminya. Kim pertama kali menemukan dirinya terkena psoriasis saat berumur 25 tahun.

Meski psoriasisnya telah benar-benar hilang selama 5 tahun, penyakit ini kembali timbul di awal usia 30 an. Kim sangat terbuka di media sosial mengenai perjalanan psoriasis yang ia alami.

Hal ini terlihat dikala Kim berbagi cerita pada lifestyle blog, Poosh milik saudara perempuannya, Kourtney mengenai pengalaman nya menjalani diet nabati untuk mengatasi masalah psoriasis pada bagian kulit tubuhnya.

Meski tidak dikatakan secara spesifik bagaimana dirinya menjalani diet nabati ini, namun dapat dipastikan bahwa diet nabati adalah tentang mengatur pola makan yang berasal dari sumber nabati. 

Makanan nabati mencakup buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan pengganti daging seperti produk kedelai. Sehingga, pengusaha 41 tahun tersebut harus menghindari makanan dengan produk hewani seperti susu dan turunannya.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya. Yuk, kita simak rangkuman yang telah Popmama.com bagikan mengenai diet Kim Kardashian untuk atasi psoriasis dibawah ini!

1. Apa itu psoriasis dan gejalanya?

1. Apa itu psoriasis gejalanya
Freepik

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Dalam kondisi normal, proses pergantian sel kulit memakan waktu sekitar satu bulan. Namun, pada penderita psoriasis, proses ini dapat terjadi hanya dalam beberapa hari yang mengakibatkan penebalan pada sel-sel kulit.

Psoriasis diduga disebabkan karena autoimun tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat dan dapat juga disebabkan oleh faktor genetik. Gejala umum yang terjadi adalah seperti kulit yang memerah akan terasa tebal, kering, dan bersisik, kulit pecah-pecah terjadinya penebalan kulit diikuti dengan tekstur yang tidak rata, terasa bengkak dan kaku pada daerah persendian.

Psoriasis bukanlah penyakit yang menular dan berbahaya. Namun, untuk mengatasinya harus melakukan treatment tertentu untuk mengurangi gejala penyebab psoriasis. Seperti salah satu cara yang sedang dilakukan oleh Kim saat ini, yaitu dengan diet nabati.

2. Perjalanan diet nabati ala Kim Kardashian untuk atasi masalah psoriasis

2. Perjalanan diet nabati ala Kim Kardashian atasi masalah psoriasis
Instagram.com/krisjenner,kimkardashian

Saat berada di sebuah restoran, dirinya tidak begitu strict terhadap makanan apa yang harus ia konsumsi. Namun, ia akan berusaha untuk tetap menyesuaikan makanan yang ada dengan olahan makanan yang bersumber dari nabati.

"Aku berusaha untuk tetap mengonsumsi makanan nabati sebisa mungkin, kecuali itu adalah hari ngemil-ku" ujar Kim pada Poosh.

Kim pun berbagi cerita di media sosial dan program TV keluarganya 'Keeping up with The Kardashians', bahwa pola makan nabati telah menjadi kunci dalam menjaga psoriasisnya - dan khususnya taco vegan, bebas gluten, dan bebas susu.

Mantan istri dari rapper Kanye West ini juga mengatakan bahwa berfokus pada pola makan nabati tidak hanya membantu kondisi kulitnya menjadi lebih baik, tetapi juga area lain dalam hidupnya. Dirinya menyadari bahwa apa yang dimasukan ke dalam tubuh ternyata sangat berpengaruh pada suasana hati, tingkat stress, dan energi.

Meski Kim pernah menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badan, bintang realitas TV, model, sosialita dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat ini akan berfokus pada pemulihan autoimun dan mengelola kesehatan kulitnya dari psoriasis melalui diet nabati.

3. Manfaat diet nabati untuk kulit

3. Manfaat diet nabati kulit
Freepik/rawpixel.com

Mengikuti pola makan nabati bukan berarti kita menjadi seorang vegetarian yang tidak makan daging atau susu sama sekali ya, Ma. Melainkan pilihlah lebih banyak makanan dari sumber nabati setiap hari.
seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan karena mengandung vitamin dan mineral, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari diet nabati juga dapat membantu kesehatan kulit. Kulit akan terasa kenyal juga lebih cerah dari biasanya. Ternyata hal ini dipengaruhi oleh keadaan usus kita yang bersih sehingga pengelolaan makanan sehat dalam organ dalam pun bekerja dengan baik.

Itulah mengapa, Kim Kardashian memilih diet nabati sebagai cara ampuh untuk atasi permasalahan kulitnya dari psoriasis.

Bagaimana Ma? Apakah ingin mencobanya? Jangan lupa untuk membiasakan tubuh secara perlahan terlebih dahulu apabila Mama ingin mencoba diet nabati ini ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk