TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaru, Ada Hyundai dan Wuling

Mobil listrik rakitan lokal semakin diminati oleh kalangan masyarakat

24 September 2022

5 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaru, Ada Hyundai Wuling
hyundai.com

Penjualan mobil listrik kini melejit di awal tahun 2022. Terbukti sebanyak 483 unit kendaraan roda empat tanpa emisi terjual dalam periode bulan Januari-Juni 2022 yang diketahui dari data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis GAIKINDO. 

Merujuk pada data tersebut, Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik terlaris pada periode 6 bulan pertama di tahun 2022 dan disusul oleh Nissan LEAF di urutan kedua sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia. Mobil listrik Hyundai Genesis G80, Toyota C+Pod, serta Toyota COMS belum termasuk ke dalam angka penjualan tersebut, lantaran tiga jenis mobil belum dijual secara retail.

Termasuk Hyundai Genesis G80 yang baru akan diresmikan pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali pada November mendatang sebagai kendaraan resmi. Dilihat dari peruntukannya, Toyota C+Pod maupun COMS adalah armada pendukung program Smart Mobility Toyota di Nusa Dua, Bali yang digunakan dalam skema sewa untuk masyarakat dan para turis melalui aplikasi mToyota dan Trac To Go.

Selain praktis dan memiliki fitur yang semakin mempermudah dalam berkendara, mobil listrik rupanya dapat menjadi pertimbangan di kala berita mengenai naiknya BBM per 3 September 2022 lalu menggemparkan masyarakat.

Berikut ini Popmama.com mengulas rekomendasi mobil listrik terbaru yang bisa Papa ketahui. Simak rekomendasi berikut.

1. Hyundai IONIQ 5

1. Hyundai IONIQ 5
hyundai.com

Di urutan pertama ada Hyundai Ioniq 5 yang menjadi mobil listrik paling laris di Indonesia. Pabrik Hyundai sendiri telah mendistribusikan sebanyak 395 unit dengan rincian versi Signature Long Range terjual sebanyak 246 unit, disusul versi standarnya 118 unit. 

Hyundai Ioniq 5 punya 4 tipe varian yang dijual di Indonesia. Diantaranya, Prime dan Signature versi standar range 384 kilometer, serta Prime dan Signature long range dengan daya tempuh masing-masing 481 dan 451 kilometer. Faktanya, Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang sepenuhnya dibuat di Indonesia.

IONIQ 5 telah dilengkapi dengan portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar dan menunjang pengisian daya hingga 80% hanya dalam waktu +/- 18 menit. 

Selain itu, mobil terlaris ini punya fitur Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan IONIQ 5 menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW untuk pemanfaatan perangkat elektronik selama perjalanan berlangsung. Punya warna yang elegan, mobil listrik ini dijual dengan harga Rp748 juta.

Editors' Picks

2. Nissan LEAF

2. Nissan LEAF
Facebook.com/Nissan LEAF Indonesia

Mobil listrik dengan jumlah penjualan unit terbanyak kedua di Indonesia pada periode Januari-Juni 2022 ini menjanjikan daya jelajah hingga 311 kilometer. Mobil yang resmi terjual pada Agustus 2021 lalu, memiliki kapasitas baterai lithium-ion 40kWh dan hanya perlu melakukan sekali pengisian daya dalam waktu 5 sampai 7 jam apabila menggunakan pengisi daya Home Charger (AC 7.4 kw).

Kendaraan tanpa emisi The All-New Nissan LEAF (Leading, Environmentally friendly, Affordable, Family car) merupakan perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, sebagai filosofi Nissan untuk mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat.

Walaupun dinobatkan sebagai mobil listrik terlaris kedua di Indonesia, Nissan LEAF hanya terjual sebanyak 31 unit yang masih berada jauh dibawah rata-rata penjualan Hyundai Ioniq 5. Mobil ini dijual dengan harga Rp728 juta per Juli 2022.

Desain eksterior Nissan LEAF begitu ramping dengan tampilan yang tajam, dinamis dan aerodinamis. Mobil ini bernuansa biru jernih sebagai ciri khas The All-New Nissan LEAF bersamaan dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang. Warna biru pada bumper belakang sangat jelas mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Bagi Papa pecinta warna biru, mungkin boleh mempertimbangkan mobil listrik yang satu ini.

3. Hyundai Kona Electric

3. Hyundai Kona Electric
hyundai.com

Selanjutnya ada Hyundai KONA Electric yang hadir sebagai sport utility vehicle (SUV) dengan daya baterai 39,2 kWh. Dengan kapasitas baterai ini, Hyundai KONA Electric mengklaim mampu menempuh jarak hingga 305 km.

Hyundai KONA Electric, dijual dengan satu tipe, yaitu Signature AT, yang dijual seharga Rp742 juta dalam OTR Jakarta. Mobil listrik ini dilengkapi dengan fitur 10.25 TFT LCD Instrument Cluster, Wireless Charger, Driver Attention Warning, Lane Departure Warning, ABS Brake, Hill Start Assist, hingga Blind Spot Collision Avoidance Assist.

Tidak lupa, dilengkapi dengan 3 pilihan tema sesuai dengan mode berkendara, yakni Normal, Sport, dan Eco.

4. Wuling Air ev

4. Wuling Air ev
wuling.id

Data wholesale atau pengiriman mobil dari pabrik ke dealer pada bulan Agustus 2022 menunjukkan besarnya minat masyarakat pada mobil listrik rakitan lokal Wuling Air ev. Hal ini terbukti dari penjualan Wuling yang drastis melebihi rekor penjualan mobil listrik sebelumnya yang dipegang oleh Hyundai Ioniq 5. 

Menurut data GAIKINDO, Wuling Air ev tercatat sebesar 821 unit, terdiri dari 648 unit untuk tipe Long Range dan 173 unit untuk tipe Standard Range. Angka ini terlihat jauh melampaui Hyundai Ioniq 5 pada semester pertama di tahun 2022. Penjualan ini menggambarkan dorongan penggunaan kendaraan tanpa emisi secara lebih luas di kalangan masyarakat sebagai solusi untuk lebih eco friendly. 

Wuling Air ev sendiri dijual dengan harga berkisar Rp238 juta hingga Rp311 juta. Lain dari mobil listrik sebelumnya, Wuling menyediakan warna eksterior dengan tema pastel, seperti peach pink, avocado green, galaxy blue, dan warna mencolok lainnya yakni lemon yellow, dan pristine white.

Apabila tertarik dengan mobil ini, Papa bisa melakukan test drive dengan membuat appointment pada website resmi Wuling dan bebas memilih jenis kendaraan Wuling yang ingin dicoba.

5. Renault Twizy

5. Renault Twizy
interestingengineering.com

Diketahui, mobil listrik yang satu ini dapat menempuh jarak 0-45 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak mencapai 80km/jam. Pengecasannya pun dinilai lumayan cepat dengan durasi selama 2.5 jam untuk jarak tempuh 80km. 

Selain itu, pengisian daya dapat dilakukan tanpa adanya adaptor tambahan dan langsung dikoneksikan dengan soket listrik rumahan berdaya 220 volt. Praktis bukan? Apabila Papa tertarik dengan mobil listrik mungil yang dikonfigurasikan untuk dua penumpang ini, dapat membelinya dengan harga Rp408 juta dan hanya tersedia sebanyak 30 unit di Indonesia.

Itulah sederetan rekomendasi mobil listrik terbaru yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Papa yang sedang mencari mobil listrik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk