Artis yang Pernah Alami Lumpuh Wajah, Bukan Hanya Justin Bieber

Selain Justin Bieber tunda konser karena lumpuh wajah, berikut deretan artis-artis yang senasib

24 Juni 2022

Artis Pernah Alami Lumpuh Wajah, Bukan Ha Justin Bieber
Instagram.com/justinbieber, Instagram.com/angelinajolie,Instagram.com/piercebrosnanofficial

Penyanyi pop dunia, Justin Bieber mengumumkan konser bertajuk Justice World Tour harus mengalami penundaan sampai waktu yang tidak ditentukan. Hal ini ia sampaikan melalui unggahan pada akun Instagram pribadinya.

Penangguhan jadwal konser Justin Bieber tentu memberikan rasa kekecewaan yang mendalam bagi para penggemar. Namun, apa hendak dikata lantaran suami Hailey Bieber mengalami gangguan kesehatan, yakni kelumpuhan pada bagian wajah.

Ternyata, lumpuh wajah pun pernah dialami beberapa selebritis dunia. Berikut Popmama.com akan mengulas artis yang pernah alami lumpuh wajah.

1. Alami lumpuh wajah, Justin Bieber terpaksa batalkan konser

1. Alami lumpuh wajah, Justin Bieber terpaksa batalkan konser
Instagram.com/justinbieber

Berdasarkan hasil diagnosis, Justin Bieber mengalami Ramsay Hunt Syndrome (RHS) yang mengakibatkan kelumpuhan pada sebagian wajah. Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus herpes zoster yang berdampak pada kerusakan saraf wajah di dekat telinga.

Di samping itu, penyakit ini pun dapat mengakibatkan gangguan pada indra pendengaran.

Bagian wajah kiri pelantun lagu “Love Yourself” menjadi mangsa dari Ramsay Hunt Syndrome. Dimana mata Justin Bieber tidak bisa berkedip. Bibir bagian kirinya pun tidak bisa tersenyum hingga luba hidung yang sulit untuk digerakkan.

“Seperti yang kamu lihat, mata ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah ini. Lubang hidung ini tidak akan bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya,” ucapnya pada video unggahan di akun Instagram.

Pria berusia 28 tahun ini menambahkan bahwa kondisinya bisa kembali normal. Namun memerlukan waktu. Ia percaya bahwa apa yang terjadi padanya pasti ada alasan dan hikmahnya.

2. Angelina Jolie menderita Bell’s Palsy sehingga lumpuhkan sebagian wajah

2. Angelina Jolie menderita Bell’s Palsy sehingga lumpuhkan sebagian wajah
Instagram.com/angelinajolie

Aktis Hollywood senior, Angelina Jolie juga mengalami lumpuh wajah. Berbeda dengan Justin Bieber, kelumpuhan di wajah Jolie diakibatkan karena Bell’s Palsy. Gangguan ini bersifat sementara. Kemungkinan Bell’s Palsy yang diderita Jolie disebabkan hipertensi yang dideritanya.

Bell’s Palsy merupakan kelumpuhan pada salah satu bagian otot wajah yang menyebabkan sisi wajah tersebut melorot atau tidak simetris. Gangguan ini bisa terjadi pada siapa saja.

Walaupun paling sering menyerang ibu hamil, penderita diabetes dan pengidap infeksi saluran pernapasan atas, seperti flu.

Jolie terdiagnosis mengidap Bell’s Palsy pada tahun 2016. Ia memilih pengobatan terapi akupuntur untuk menyembuhkan lumpuh wajah. Proses pemulihan berjalan selama satu minggu dan Angelina Jolie pun dinyatakan sembuh.

Editors' Picks

3. Wajah Sylvester Stallone lumpuh sebagian karena kesalahan prosedur saat proses kelahirannya

3. Wajah Sylvester Stallone lumpuh sebagian karena kesalahan prosedur saat proses kelahirannya
Instagram.com/sylvesterstalloneofflcial

Senasib dengan Angelina Jolie, Sylvester Stallone juga diduga mengalami Bell’s Palsy. Dia mengalami gangguan lumpuh wajah akibat komplikasi saat lahir. Alhasil gaya bicara Sylvester Stallone agak sulit didengar. Ini merupakan imbas dari lumpuh wajah.

Saat proses kelahiran Sylvester Stallone, dokter yang menanganinya sedikit mengalami kesalahan. Dimana prosedur yang diterapkan rupanya secara tidak sengaja mencederai saraf sehingga membuat sebagian wajah Sylvester Stallone lumpuh.

4. George Clooney mengidap Bell’s Palsy sejak SMA bahkan pernah dirundung temannya

4. George Clooney mengidap Bell’s Palsy sejak SMA bahkan pernah dirundung temannya
cfj.org

Daftar artis yang pernah alami lumpuh wajah diisi oleh George Clooney. Aktor peraih piala Golden Globe ini pun menderita Bell’s Palsy seperti Angelina Jolie dan Sylvester Stallone. George Clooney sudah mengalami lumpuh wajah sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Oleh karena itu, ia pun kerap dirundung oleh teman-temannya lantaran sebagian wajahnya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Walaupun begitu, George tidak ambil pusing. Ia justru membuat lelucon tentang kekurangan dirinya dan tidak mau menanggapi ejekan teman-temannya dengan serius.

5. Tersebar informasi, Katie Holmes juga idap lumpuh wajah

5. Tersebar informasi, Katie Holmes juga idap lumpuh wajah
Instagram.com/katieholmes

Perempuan kelahiran 18 Desember 1978 ini diketahui mengalami lumpuh wajah sebagian. Ciri khas berupa senyum tipis dengan bibir sedikit naik merupakan imbas dari kelumpuhan tersebut.

Sayangnya Katie Holmes tidak membeberkan lebih lanjut apa penyebab lumpuh wajah yang dideritanya. Lantaran ia bukan tipe yang suka mengumbar kehidupan pribadinya.

6. Pierce Brosnan terserang lumpuh wajah saat sedang syuting pada 1980

6. Pierce Brosnan terserang lumpuh wajah saat sedang syuting 1980
Instagram.com/piercebrosnanofficial

Aktor kawakan ini pun mengidap Bell’s Palsy. Mirisnya ia mengalami gangguan lumpuh wajah saat sedang syuting film pada tahun 1980. Dengan jiwa profesionalismenya, Pierce Brosnan tetap melanjutkan kewajibannya dengan sebagian wajah yang sudah tidak mampu bergerak optimal.

Tentu Pierce Brosnan sangat berusaha keras untuk mengatur mimik wajah untuk menghasilkan ekspresi sesuai di depan kamera. Hal ini agar kelumpuhan di wajahnya bisa sedikit tersamarkan.

7. Anupam Kher pun terserang lumpuh wajah ketika melakoni sebuah film

7. Anupam Kher pun terserang lumpuh wajah ketika melakoni sebuah film
Instagram.com/anupampkher

Lumpuh wajah juga memangsa aktor India, Anupam Kher. Pria kelahiran 7 Maret 1955 mengalami lumpuh wajah saat dirinya melakoni syuting film “Hum Aapke Hain Kaun.”

Demikian paparan Popmama.com terkait artis yang pernah alami lumpuh wajah dari mulai selebriti Hollywood hingga Bollywood. Kelumpuhan wajah ini ada yang bersifat sementara dan permanen.

Kuncinya apabila sudah terjadi segera tangani kepada ahlinya agar kondisi tidak semakin memburuk.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk