TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara agar Daging Tetap Segar Meski Disimpan di Freezer

Kadang Mama tidak memasak semua daging yang dibeli, berikut cara agar daging tetap segar di freezer

1 Agustus 2022

Cara agar Daging Tetap Segar Meski Disimpan Freezer
Freepik/qwartm

Daging merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Jumlah protein sebanyak 26-27 persen. Sumber protein hewani ini mengandung asam amino yang berguna dalam pertumbuhan dan menjaga fungsi tubuh.

 Jenis daging yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah daging sapi. Daging sapi juga mengandung vitamin B12, B3, B6, seng zat besi, fosfor dan sebagainya.  Benefit tersebut akan Mama dapatkan apabila mengolah daging dalam keadaan segar menjadi hidangan yang lezat.

Jika daging sudah tidak segar maka gizi dalam daging minim terserap oleh tubuh karena sudah hilang. Jadi dibutuhkan cara yang tepat agar daging tetap segar meski disimpan di Freezer.

Dilansir dari Wikihow, Popmama.com akan menginformasikan cara menyimpan daging di freezer supaya tetap segar, antara lain:

1. Bungkus daging menggunakan kemasan rapat, akan lebih baik jika divakum

1. Bungkus daging menggunakan kemasan rapat, akan lebih baik jika divakum
Freepik/neilurs

Pertama Mama perlu membungkus daging dengan plastik sebelum dibekukan di dalam lemari pendingin. Pastikan tidak ada udara dalam kantong plastik tersebut. Akan lebih baik Mama menggunakan vakum untuk mengeluarkan udara dalam kemasan tersebut.

Selain plastik, Mama juga bisa menggunakan wadah yang kedap udara yang aman untuk freezer. Usahakan Mama membuang bagian tulang demi memaksimalkan ruang. Sehingga daging yang masuk bisa lebih banyak.

Mama bisa menggunakan plastik zip, alumunium foil untuk melindungi daging dari bunga es saat disimpan di lemari pendingin. Bunga es membuat tekstur daging kering serta menghilangkan nutrisi baik pada daging.

Editors' Picks

2. Jangan menyimpan daging dengan waktu terlalu lama

2. Jangan menyimpan daging waktu terlalu lama
Pexels/Helena Lopes

Meski dengan pembekuan dapat mengawetkan daging, tetapi daging tidak selamanya dapat terus disimpan di freezer. Setiap bentuk daging memiliki masa kadaluwarsa yang berbeda-beda.

Wikihow menjelaskan daging mentah hanya bisa bertahan 4-12 bulan. Daging giling mampu memiliki waktu simpan 3-4 bulan saja. Sementara daging yang sudah direbus atau dimasak hanya bisa bertahan dalam  freezer selama 2-3 bulan.

Pastikan saat menyimpan daging di freezer suhunya 0-18 derajat Celcius. Dengan suhu tersebut, daging akan tetap segar karena

3. Mencatat jenis daging dan tanggal penyimpanan pada kemasan daging

3. Mencatat jenis daging tanggal penyimpanan kemasan daging
Wikihow.com

Selanjutnya, Mama perlu mencatat atau memberi label tanggal (hari menyimpang daging di freezer) pada wadah atau kemasan.

Jangan lupa untuk mencatat jenis daging. Hal ini dilakukan agar Mama tahu sudah berapa lama menyimpan daging di lemari pending.

Jangan sampai Mama menyimpan daging melewati batas waktu kadaluwarsa agara kandungan gizi tetap terjaga.

4. Cairkan deging beku dengan cara yang tepat

4. Cairkan deging beku cara tepat
Foodnetwork.com

Kesegaran daging juga dipengaruhi dari bagaimana cara Mama mencairkan daging beku dari lemari pendingin. Mengutip Wikihow, cara mencairkan daging beku adalah dengan merendam daging menggunakan air dingin minimal 30 menit.

Saat mendinginkan, daging masih  berada dalam kemasan. Pencairan daging juga bisa menggunakan microwave. Jika menggunakan cara ini, Mama harus segera memasaknya.

Demikian ulasan Popmama.com tentang cara agar daging tetap segar meski disimpan di freezer. Penyimpanan yang baik berpengaruh terhadap kesegaran dan kandungan gizi daging. Daging yang segera akan memberikan nutrisi baik terhadap tubuh.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk