Ciri-Ciri Gejala Omicron Varian Baru, Bukan Cuma Sakit Tenggorokan

Gejala Omicron varian baru bukan cuma sakit tenggorokan saja, simak gejala lainnya

5 Juli 2022

Ciri-Ciri Gejala Omicron Varian Baru, Bukan Cuma Sakit Tenggorokan
Pexels/Polina Tankilevitch

Di Indonesia, situasi Covid-19 sedikit demi sedikit membaik. Hal ini ditunjukkan dengan mulai dilonggarkannya peraturan berkegiatan masyarakat. Bahkan acara publik pun mulai gencar terselenggara setelah kurang lebih vakum selama dua tahun.

Sayangnya, masyarakat harus waspada karena adanya kemunculan varian Omicron terbaru, yakni  BA.4 dan BA.5. Laman NBC Chicago menyebutkan penemuan dan penyebaran pertama BA.4 dan BA.5 di Afrika Selatan pada awal 2022. Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus melonjak imbas kehandian varian Omicron BA.4 dan BA.5.

BA.4 menyumbang 5,4 persen sementara BA.5 menyokong hingga 7,6 persen kenaikan kasus di Amerika Serikat. Bahkan Koordinator Covid-19 Gedung Putih Dr. Ashish Jha mengungkapkan sublineage BA.4 dan BA.5 berpotensi mendominasi kenaikan kasus Covid-19 pada akhir musim panas atau awal musim gugur, dikutip NBC News.

Popmama.com menyuguhkan ciri-ciri gejala omicron varian baru serta serba-serbi mengenai BA.4 dan BA.5. Berikut informasinya:

Seberapa Menular Varian Omicron Terbaru?

Seberapa Menular Varian Omicron Terbaru
Pexels/CDC

Dari laman Gavi, kedua varian baru tersebut membawa mutasi L452R sehingga membuat virus menular lebih cepat. Hal ini karena meningkatkan kemampuan untuk menempel pada sel manusia.

Sumber lain menyebutkan bahwa masa inkubasi omicron varian baru hanya membutuhkan waktu tiga hari saja.

Selanjutnya akan muncul gejala-gejala tertentu. Mengingat penularannya yang cukup cepat, masyarakat pun hendaknya kembali berhati-hati dan mengetatkan kembali protokol kesehatan.

Editors' Picks

Ciri-Ciri Gejala Omicron Varian Baru BA.4 dan BA.5

Ciri-Ciri Gejala Omicron Varian Baru BA.4 BA.5
Freepik/rawpixel

Ciri-ciri gejala omicron varian baru, bukan cuma sakit tenggorokan. Bisa dibilang hampir serupa dengan jenis Covid-19 lainnya. Meskipun begitu, jangan sekali-kali mengabaikannya, segera tangani agar tidak berkembang dan berakibat lebih fatal pada tubuh kamu.

Gejala-gejala tersebut antara lain:

  • Sakit tenggorokan,
  • Hidung tersumbat,
  • Nyeri pada bagian tubuh,
  • Mengalami bersin-bersin,
  • Batuk,
  • Merasakan kelelahan,
  • Sakit kepala,
  • Sesak napas,
  • Mual atau muntah
  • Anosmia,
  • Diare.

Melengkapi Vaksin Booster Jadi Benteng Paling Efektif

Melengkapi Vaksin Booster Jadi Benteng Paling Efektif
Pexels/thirdman

Omicron varian baru kian menunukkan keganasannya pada warga negeri Paman Sam. Mengutip CBBC, cara terbaik dan paling efisien dalam menangkalnya adalah dengan melakukan vaksinasi dan melengkapinya dengan booster.

Dengan melakukan vaksinasi dan booster Covid-19 akan membentuk imunitas tubuh yang kuat sehingga memungkinkan terpapar atau terinvekasi varian Omicron BA.4 dan BA.5. dengan begitu, kamu dan keluarga akan tetap terlindungi dan sehat.

“Orang [yang] divaksinasi secara signifikan terlindungi dari penyakit parah, dan mereka seharusnya menjalani hidup mereka,”  ucap Lighter, dilansir dari laman CNBC.

Selain itu, Lighter juga merekomendasikan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang belum divaksinasi Covid-19. Lantaran kamu berpotensi untuk tertular virus oleh orang tersebut.

Pertemuan atau berkegiatan di luar ruangan atau terbuka lebih aman daripada di ruang tertutup. Solusinya adalah menggunakan masker saat menghadiri kegiatan indoor atau saat berada di area publik yang ramai. Oleh karena itu, penggunaan masker masih penting.

Penyebaran Omicron Varian Terbaru

Penyebaran Omicron Varian Terbaru
Pexels/Brett Sayles

Berdasarkan laman SehatNegeriku miliki Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, subvarian BA.4 sudah tersebar di 58 negara. Dimana lima negara yang memiliki laporan kasus tertinggi, yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania Raya, Denmark, dan Israel.

Sementara untuk sublineage BA.5 sudah terpapar di 63 negara. Dengan lima negara yang melaporkan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat, Portugis, Jerman, Britania Raya (Inggris), dan Afrika Selatan.

Demikianlah paparan Popmama.com tentang ciri-ciri gejala varian omicron baru, bukan hanya sakit tenggorokan. Tertulis pula serba-serbi informasi mengenai varain baru Omicron BA.4 dan BA.5.

Semoga ulasan tersebut bisa membantu kamu untuk melindungi diri dan keluarga dari tertularnya virus tersebut.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk