Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Atasi Rasa Nyeri Payudara saat Haid

Nyeri payudara adalah gejala pramenstruasi yang umum terjadi bukan?

20 November 2022

5 Tips Atasi Rasa Nyeri Payudara saat Haid
Freepik/jcomp

Perempuan akan mengalami beberapa kepekaan ketika Sindrom pra-menstruasi atau PMS datang. Salah satunya adalah payudara yang terasa sakit dan kencang. Ini karena siklus menstruasi menyebabkan fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut membuat payudara perempuan terasa bengkak, menggumpal dan terasa nyeri. 

Dikutip dari Helloclue, nyeri payudara merupakan gejala pramenstruasi yang umum terjadi dalam 5–10 hari sebelum dimulainya menstruasi. Nyeri payudara bagian normal dari siklus menstruasi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Yuk, ikuti 5 tips berikut yang bisa bantu mengatasi nyeri pada payudara saat haid tiba. Simak ulasan cara mengatasi payudara sakit selengkapnya dari Popmama.com :

1. Kompres dingin mempercepat proses penyembuhan

1. Kompres dingin mempercepat proses penyembuhan
Freepik/Racool_studio

Apabila kami alami rasa nyeri payudara dari siklus menstruasi, cobalah dengan kompres dingin. Ini jadi cara mengatasi payudara sakit saat haid yang pertama.

Es dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Hawa dingin dari es akan membatasi sirkulasi darah, yang pada gilirannya mematikan rasa sakit. 

Es menjadi salah satu cara terbaik mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan mobilitas di area seperti ketiak.

Jadi guna mengurangi rasa nyeri, kompres dengan es batu yang sudah dimasukkan ke kain atau bantal pemanas menjelang menstruasi.

Editors' Picks

2. Olahraga ringan mengurangi gejala nyeri sebelum haid

2. Olahraga ringan mengurangi gejala nyeri sebelum haid
Freepik/diana.grytsku

Nyeri payudara saat PMS memang benar-benar membuat kamu merasa tidak nyaman bukan?

Olahraga teratur adalah bagian penting untuk menjadi sesehat mungkin dan meredakan nyeri payudara pramenstruasi. Healthline memaparkan, banyak dokter merekomendasikan olahraga ringan dan tidak berat saat menjalani pengobatan kanker payudara. Ada berbagai jenis olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan seperti berjalan, yoga, pilates dan Tai chi.

Sebuah riset menjelaskan bahwa gerakan aerobik pun membantu mengurangi gejala nyeri sebelum haid, termasuk pada payudara.

3. Diet seimbang mampu hadapi efek fisik selama haid

3. Diet seimbang mampu hadapi efek fisik selama haid
Freepik/KamranAydinov

Makan sehat penting bagi semua orang, salah satunya bagi yang alami kanker payudara maupun rasa nyeri saat PMS.

Diet seimbang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama saat sedang menghadapi efek fisik dan emosional lain selama siklus menstruasi.

Breastcancernow menginformasikan, cobalah makan berbagai makanan dari masing-masing empat kelompok makanan utama setiap hari. Makan setidaknya lima porsi variasi buah dan sayuran sehari. Pillihlah makanan dasar seperti kentang, roti, nasi atau gandum utuh.

Jadi mulailah menyusun daftar menu yang sehat untuk dengan asupan gizi, langkah ini guna mengurangi rasa sakit pada payudara. Semoga yang satu ini jadi cara mengatasi nyeri payudara saat haid yang lebih cocok dilakukan. 

4. Konsumsi vitamin guna mengurangi berbagai gejala haid

4. Konsumsi vitamin guna mengurangi berbagai gejala haid
Freepik/whatwolf

Faktanya, beberapa jenis vitamin akan membantu mengatasi nyeri payudara selama menstruasi.

Dilansir dari Contemporaryobgyn, perhatikan apa yang kamu makan dan minum. Kafein, gula dan garam dapat menyebabkan payudara nyeri dan bengkak pramenstruasi. Suplemen vitamin B6 bisa meredakan nyeri payudara pramenstruasi. 

Bahkan beberapa ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dan magnesium. Dengan kadar yang tepat, yaitu 400 mg magnesium, maka dapat mengurangi berbagai gejala haid.

5. Gunakan bra yang tepat agar payudara tidak semakin sakit

5. Gunakan bra tepat agar payudara tidak semakin sakit
Freepik/yanalya

Bra merupakan pakaian dalam perempuan yang penting.

Agar dapat menjaga payudara tetap sehat selama haid, kamu perlu mengenakan ukuran dan tipe bra yang tepat.

Supaya tidak semakin sakit, kamu harus menyesuaikan ukuran bra. Hindari menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil, hal ini akan membuat payudara semakin tertekan dan terasa sesak.

Justru saat seperti ini, gunakan bra yang satu ukuran lebih besar daripada biasanya. Hal tersebut agar payudara tidak begitu sakit saat PMS tiba.

Setelah mengetahui 5 cara atasi rasa nyeri payudara selama haid, kamu pun dapat langsung menerapkannya.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk