Bagian Tubuh untuk Suntik Insulin, Jangan Sembarangan!

Bahwa insulin bekerja paling cepat ketika disuntikkan.

2 Desember 2021

Bagian Tubuh Suntik Insulin, Jangan Sembarangan
Pexels/Artem Podrez

Kamu memiliki riwayat kesehatan diabetes?

Pada kondisi ini, biasanya seseorang akan mengalami gula darah tinggi dalam tubuhnya. Dengan diabetes, tubuh kamu tidak membuat cukup insulin. Oleh karena itu, maka kamy perlu mendapat suntikan insulin agar mengurangi gejala yang terkait.

Sedangkan untuk membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah, maka bagian tubuh ini bisa dipakai sebagai metode penyuntikan insulin. 

Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya:

1. Bagian lengan atas antara bahu dan siku

1. Bagian lengan atas antara bahu siku
Pexels/Daria Obymaha

Secara medis, terdapat beberapa area penyuntikan insulin pada tubuh bagi orang yang memiliki diabetes. Sedangkan jarum yang digunakan untuk penyuntikan insulin sangat tipis dan bisa kamu memulainya di bagian lengan atas.

Bahwa insulin bekerja paling cepat ketika disuntikkan pada area lemak di bagian belakang lengan, yakni antara bahu dan siku.

Namun sayangnya, penyuntikan insulin pada daerah lengan bagian atas membuat sebagian orang cenderung lebih sulit melakukannya sendiri.

Editors' Picks

2. Bagian luar paha di atas lutut

2. Bagian luar paha atas lutut
Pexels/Mikhail Nilov

Sebelum menyuntikkan insulin, pastikan untuk memeriksa kualitasnya. Jangan gunakan insulin yang berbutir, mengental atau berubah warna.

Selanjutnya kamu dapat melakukan penyuntikan insulin ke bagian paha luar atas dengan hati-hati. Tinggalkan setidaknya 4 inci di atas lutut atau setidaknya 4 inci di bawah dari bagian atas kaki. 

Namun sebaiknya hindari menyuntikkan ke paha bagian dalam, ya. Sebab daerah itu memiliki lebih sedikit pembuluh darah dan saraf.

3. Ke dalam lapisan lemak di bagian perut

3. Ke dalam lapisan lemak bagian perut
Pexels/Anete Lusina

Secara medis, ada berbagai cara untuk melakukan penyuntikan insulin. Nah, biasanya orang dengan diabetes bisa memutuskan teknik terbaiknya di bagian perut.

Pada metode ini, insulin disuntikkan secara perlahan ke dalam lapisan lemak tepat di bawah kulit. 

Namun agar tidak menyebabkan benjolan atau lekukan yang mengganggu penyerapan insulin, kamu dapat memutar ke berbagai area perut. Usahakan untuk menjaga tempat suntikan berjarak sekitar satu inci, ya.

4. Ke bagian punggung bawah atau pinggul

4. Ke bagian punggung bawah atau pinggul
Pexels/Karolina Grabowska

Bahwa penyuntikan insulin, ini adalah obat untuk mengurangi efek gejala gula darah tinggi seperti kelelahan dan sering ingin buang air kecil.

Sementara agar mengurangi risiko mengembangkan komplikasi diabetes, kamu dapat menyuntikkan insulin ke bagian lain dari tubuh punggung bawah atau pinggul.

Namun ingat, jangan menyuntikkan insulin ke area di mana kamu memiliki luka atau memar. Sebab insulin yang disuntikkan ke luka atau memar mungkin tidak masuk ke tubuh dengan benar.

Itulah bagian tubuh yang bisa dilakukan penyuntikan insulin. Sebaiknya tidak menyuntikkan insulin pada titik yang sama berulang kali, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.