5 Cara Bijak Menghentikan Orang yang Suka Memanfaatkan Kamu

Bahwa setiap orang perlu belajar untuk menghargai diri mereka sendiri.

22 November 2021

5 Cara Bijak Menghentikan Orang Suka Memanfaatkan Kamu
Pexels/Ali Pazani

Demi pertemanan, apakah kamu sering kali mengorbankan keinginan dan kebutuhan diri sendiri?

Bahwa kondisi tersebut membuat kamu selalu dimanipulasi oleh orang lain demi keuntungan mereka seorang. Tentu hal ini adalah sebuah tindakan yang tidak menyenangkan.

Padahal setiap individu perlu belajar untuk menghargai diri mereka sendiri dan berhenti membiarkan orang lain mengambil rasa ketidakadilan. 

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 cara bijak menghentikan orang yang suka memanfaatkan kamu. Yuk, segera cek!

1. Melakukan penilaian diri yang jujur ​​terhadap situasi

1. Melakukan penilaian diri jujur ​​terhadap situasi
Pexels/Andrea Piacquadio

Apabila sering dimanfaatin oleh orang, ini kemungkinan besar kamu adalah tipe individu yang suka membantu dan menyenangkan orang lain. Padahal kamu harus bisa menjadi baik dan memiliki batasan.

Jadi belajarlah menghargai jadwal dan rencana sendiri sama seperti kamu menghargai orang lain. Lakukanlah penilaian diri yang jujur ​​terhadap situasi yang membuat kamu merasa terancam, rendah diri atau terintimidasi.

Jika kamu sudah membuat nilai tersebut, pastikan dapat menyelesaikan setiap masalah secara terpisah daripada merasa frustrasi dengan menolak orang lain.

Editors' Picks

2. Memberi ketegasan dan batasan mulai dari titik awal

2. Memberi ketegasan batasan mulai dari titik awal
Pexels/Elijah O'Donnell

Kamu merasa kesal karena sering dimanfaatin oleh teman?

Mulai sekarang, ingatkan diri kamu bahwa semua akan baik-baik saja saat mengatakan tidak kepada siapa pun. Ini karena kamu tidak harus menjadi bagian untuk siapa pun hingga membuat frustrasi.

Selain itu, berikan perlawanan ketika diri kamu terancam. Caranya dengan memberi tahu mereka melalui sebuah ketegasan dan batasan pribadi.

Gunakan cara tersebut di titik awal bagi siapa saja yang sering kali membutuhkan kamu secara keseluruhan. Sementara titik awal akan mengidentifikasi di mana kamu berdiri sekarang. 

3. Menghargai dan menghormati diri sendiri

3. Menghargai menghormati diri sendiri
Pexels/José Luis Photographer

Yuk, mulailah berhenti dengan rasa bersalah!

Meski cara ini mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi kenyataannya kamu harus menghargai dan menghormati diri sendiri. Tujuannya agar orang lain berhenti memanfaatkan kamu.

Pasalnya, kamu tidak bertanggung jawab atas tindakan orang lain. Apalagi sampai menyalahkan diri sendiri tentang sesuatu yang dilakukan mereka kepada kamu.

Dengan membuang rasa bersalah, langkah tersebut dapat membantu memotivasi hidup sesuai prinsip kamu dan menjadi bahan evaluasi diri. Bahkan cenderung memperlakukan mereka secara adil dan baik.

4. Tidak lagi menyutujui apa saja yang diinginkan orang lain

4. Tidak lagi menyutujui apa saja diinginkan orang lain
Pexels/Tirachard Kumtanom

Ketika orang lain mengambil keuntungan dari kamu, artinya kamu perlu mengambil langkah bijak. Salah satunya dengan memperkuat keyakinan bahwa diri kamu sangat pantas dihargai.

Usahakan agar kamu bisa membela dan mengembangkan harga diri yang kuat. Selain itu, tidak lagi menyutujui apa saja yang diperintahkan atau yang diinginkan mereka dari diri kamu.

Sebab, ketundukan yang tidak diinginkan adalah sebuah perilaku dan tindakan manipulatif berbahaya. Jadi, berhentilah membiarkan mereka memanfaatkan diri kamu lagi.

5. Mulailah memiliki lingkaran pertemanan yang baru

5. Mulailah memiliki lingkaran pertemanan baru
Pexels/Kampus Production

Ketika kamu merasa sering dimanfaatkan orang lain, maka sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali persahabatan itu. 

Kini mulailah memiliki lingkaran pertemanan baru yang selalu bisa mendukung dan menyemangati diri kamu. Bukan malah alih-alih mengendalikan dan hanya peduli pada diri mereka sendiri. 

Kamu bisa mencari atau menjangkau sebuah komunitas dan membangun hubungan secara khusus. Terutama mengacu pada hobi dan tujuan yang sama seperti kamu.

Ketika sudah mengetahui 5 cara bijak menghentikan orang yang memanfaatkan diri kamu, buatlah kehidupan lebih bebas dan bahagia tanpa mereka lagi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.