Jaga Kebersihan Miss V Kamu dengan 6 Cara Tepat Ini

Jaga kebersihan Miss V kamu dengan benar ya

9 Januari 2019

Jaga Kebersihan Miss V Kamu 6 Cara Tepat Ini
Unplash/Lana Abie

Sekilas vagina hanya tampak seperti organ kecil yang berhubungan langsung dengan leher rahim dan rahim.

Miss V adalah area yang sangat sensitif, untuk menjaganya tetap bersih dan sehat tidak bisa sembarangan lho.

Sebab jika tidak melakukan dengan perawatan yang tepat, khawatir bisa mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan masalah pada area intim.

Sedangkan kesehatan organ intim pada perempuan berpengaruh pada kesuburan hingga kehidupan seks.

Apabila terjadi masalah pada organ intim, kemungkinan besar dapat mendatangkan penyakit dan terganggunya keseimbangan kelembapan di daerah miss V. 

Dengan begitu sebaiknya perempuan bisa menjaga miss V agar selalu dalam kondisi bersih, kering, dan bebas penyakit yang sangat penting untuk kesehatan reproduksi.

Berikut 6 tips membersihkan vagina yang harus kamu ketahui. Langsung saja yuk cek menjaga kebersihan daerah miss V dengan tepat:

1. Bersihkan dengan air bersih

1. Bersihkan air bersih
Madeaw_ec / Freepik

Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah teknik membasuh miss V yang benar, yaitu ketika mandi maupun setelah buang air usahakan secara teratur membersihkan miss V menggunakan air yang mengalir ya.

Apabila memungkinkan, kamu dapat membasuh vagina dengan air hangat untuk memberi efek relaks. Hal tersebut juga bisa meringankan rasa nyeri saat sedang haid.

2. Gunakan cairan pembersih khusus

2. Gunakan cairan pembersih khusus
Freepik

Tahukah kamu? Vagina memiliki banyak bakteri yang sifatnya melindungi area organ intim perempuan tersebut.

Di mana bakteri berjenis lactobasili ini harus tetap seimbang, baik jumlah maupun kualitas. Bakteri-bakteri ini akan membuat suasana asam (pH) pada vagina yaitu tetap pada angka 4,5.

Nah, yang terbaik untuk membersihkan miss V yaitu menggunakan pembersih khusus dengan pH 3,5-4. Sebaiknya pilih cairan pembersih khusus yang tidak memiliki pH 7-8 dan tanpa mengandung parfum.

Dengan begitu tak akan merusak pH normal vaginamu dan bisa menghindari iritasi.

3. Bersihkan dari depan ke belakang

3. Bersihkan dari depan ke belakang
Freepik

Cara membersihkan miss V dengan benar, yakni dari depan ke belakang ya.

Jadi setelah buang air kecil (BAK) atau Buang Air Besar (BAB), kamu membasuhnya dengan air bersih dari arah depan ke belakang.

Bagian vagina yang perlu dibersihkan hanya bagian vulva saja, termasuk labira mayora dan minora (bibir vagina luar dalam dan yang besar maupun kecil). Tujuannya agar tidak ada bakteri dari anus yang masuk ke vaginamu.

Sebaiknya hindari membersihkan bagian dalam Miss V supaya tidak merusak flora vagina.

Editors' Picks

4. Keringkan miss V

4. Keringkan miss V
Pexels/hermaion

Setelah kamu membasuh miss V, langkah selanjutnya ialah keringkan miss V menggunakan handuk kering atau tisu agar area tersebut tidak lembap.

Pilihlah tisu yang lembut dan hindari menggunakan tisu makan yang kasar . Pasalnya tisu jenis itu akan berpotensi menyebabkan iritasi kulit di area tersebut.

Perhatikan juga agar serat-serat tisu tidak tersisa dan menempel di permukaan vagina kamu ya. Sebab jika tertinggal dapat mengakibatkan gatal dan menjadi salah satu sarana bakteri maupun jamur berkembang di miss V.

Baca juga: Hati-Hati! Waspada dengan 7 Penyakit yang Sering Menyerang Miss V

Baca juga: 5 Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan Untuk Merapatkan Miss V

Baca juga: Ini Dia 9 Jenis Bikini Waxing untuk Mempercantik Miss V

5. Ganti underpants secara rutin

5. Ganti underpants secara rutin
Unplash/Kira Ikonnikova

Menjaga kebersihan miss V juga harus tepat dalam pemakaian underpants lho.

Pilihlah jenis celana dalam yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.

Selain itu sebaiknya hindari celana dalam yang terlalu ketat, model thongs atau g-strings ya. Tujuannya agar sirkulasi udara lancar dan kesehatan miss V tetap terjaga dengan baik.

Nah, kamu yang memiliki aktivitas segudang disarankan mengganti underpants sebanyak 2-4 kali. Hal tersebut untuk mengurangi bau dan kuman selama 12 jam dalam sehari. 

6. Rawat pakaian dalam

6. Rawat pakaian dalam
Rawpixel

Underpants adalah satu aset yang sangat berpengaruh dengan kesehatan reproduksi.

Beberapa masalah alat reproduksi biasanya timbul pada perempuan seperti dari bau tak sedap, gatal atau munculnya keputihan.

Maka dari itu merawat pakaian dalam juga berpengaruh pada kesehatan organ intim.

Sebelum mencucinya, kamu pun harus menghilangkan noda kuning di celana dalammu terlebih dahulu. Ikuti caranya ya:

• Kuceklah underpants sebentar  menggunakan sabun cair hingga noda kuning mulai memudar, lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.

• Usai dibilas, taburkan baking soda di atas noda kuning dan gosok underpants dengan sikat lembut sampai nodanya hilang.

• Setelah noda kuning hilang, kamu bisa mencuci kembali secara normal untuk membersihkan sisa noda secara tuntas dan menghilangkan bau dari baking sodanya.

Lakukanlah perawatan miss V secara rutin ya. Tak lupa selalu menjalankan program gaya hidup sehat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh lebih optimal.