5 Cara Sehat Mengonsumsi Makanan untuk Orang dengan Kanker Paru-Paru

Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur, ya!

10 April 2021

5 Cara Sehat Mengonsumsi Makanan Orang Kanker Paru-Paru
Freepik

Kanker paru-paru adalah jenis kanker yang dimulai di paru-paru dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Tidak seperti sel normal, sel kanker tumbuh tanpa perintah atau kendali dan menghancurkan jaringan paru-paru sehat di sekitarnya. 

Dilansir MayoClinic, perawatan seperti oksigen tambahan dan obat-obatan tersedia guna membantu pasien merasa lebih nyaman.

Tetapi tidak hanya itu, jenis perawatan lainnnya yakni dengan mengikuti 5 cara sehat mengonsumsi berbagai makanan. Di bawah ini tips dari Popmama.com yang bisa diikuti:

1. Makan dengan porsi sedikit namun teratur

1. Makan porsi sedikit namun teratur
Freepik/yanalya

Memilih perawatan tepat untuk orang kanker paru-paru adalah dengan berkonsultasi pada dokter kanker tentang pilihan pengobatan yang tersedia.

Selain itu, dalam mengonsumsi makanan sebaiknya makan sedikit namun teratur. Begitu sebaliknya, hindari makan dalam porsi besar namun jarang.

Makan beberapa kali dengan porsi kecil lebih efektif untuk penurunan berat badan pada pasien kanker paru-paru, ketimbang makan tiga kali dengan porsi penuh.

Cara ini dapat membantu mereka merasa kenyang lebih lama, mencegah makan berlebihan dan membantu menstimulasi metabolisme.

Editors' Picks

2. Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya nutrisi

2. Mengonsumsi buah sayuran kaya nutrisi
Freepik/KamranAydinov

Apa yang harus dimakan untuk orang dengan kanker paru-paru?

Guna meningkatkan peluang kesehatan dan menurunkan risiko kanker paru-paru, maka sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur.

Dikutip dari Healthline, buah dan sayuran merupakan tambahan penting untuk diet anti kanker. Nutrisi seperti beta karoten dan vitamin A yang ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar, wortel dan melon dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. 

Selain itu, berbagai jenis buah beri sarat dengan senyawa yang dikenal sebagai antosianidin membantu mencegah pembentukan gumpalan darah (trombosis). 

3. Menyertakan makanan kaya protein dan karbohidrat

3. Menyertakan makanan kaya protein karbohidrat
Freepik/stockking

Sebenarnya, makan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan orang dengan kanker paru-paru secara keseluruhan.

Untuk membantu meningkatkan tingkat energi dan memberi lebih banyak kekuatan selama perawatan, sebaiknya makan makanan yang seimbang dan kaya protein.

Dilansir dari Lungcancer, sertakan protein dan karbohidrat setiap kali makan. Ini akan memberikan pasien kanker paru-paru nutrisi penting.

Jika memungkinkan, fokuslah pada camilan berprotein tinggi seperti telur, kacang-kacangan serta biji-bijian yang padat dan tinggi kalori.

4. Tidak mengonsumsi makanan yang dibakar atau digoreng

4. Tidak mengonsumsi makanan dibakar atau digoreng
Freepik

Apa saja makanan yang dapat dikonsumsi oleh pasien kanker paru-paru?

Cara sehat mengonsumsi makanan untuk orang dengan kanker paru-paru adalah menghindari makanan yang dibakar atau digoreng.

Dihimpun dari Recipes.TimesofIndia, bahwa ada reaksi berlangsung dari bahan kimia dalam bentuk makanan yang dibakar. Ini dapat memasuki DNA yang selanjutnya mengubah sel hidup dan menyebabkan pembentukkan senyawa karsinogenik. 

Mulai sekarang, sebaiknya jauhkan menu makanan apapun yang dibakar atau digoreng.

5. Hindari makanan yang telah disimpan di lemari es lebih dari 3 hari

5. Hindari makanan telah disimpan lemari es lebih dari 3 hari
Freepik/drobotdean

Cara membantu mengurangi risiko kanker paru-paru yakni apa yang kamu makan adalah kuncinya. 

Kamu harus memikirkan tentang apa yang harus dihindari. Salah satunya makanan yang sudah lama disimpan di lemari es. Ini dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Dilansir dari WebMD, jangan makan makanan mudah busuk yang telah didiamkan pada suhu kamar lebih dari 2 jam dan hindari makan sisa makanan yang telah disimpan di lemari es lebih dari 3 hari.

Orang dengan kanker paru-paru harus menghindari itu semua dan konsumsi makanan yang lebih sehat.

Demikianlah kelima cara sehat mengonsumsi makanan untuk orang dengan kanker paru-paru. Tak ada salahnya jika kamu melakukan konsultasi dengan ahli gizi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.