5 Gerakan Sederhana untuk Membakar Lemak di Lengan

Yuk, lakukan lompat tali untuk mengeluarkan lemak dari tubuh!

3 Mei 2021

5 Gerakan Sederhana Membakar Lemak Lengan
Freepik/drobotdean

Lengan kamu terlihat lebih besar?

Penumpukan lemak di tangan, biasanya terjadi karena kenaikan berat badan.

Menghilangkan lemak tubuh yang membandel bisa jadi hal sulit. Lengan sering kali dianggap sebagai area bermasalah. Masalah ini membuat banyak orang mencari cara untuk menghilangkan lemak lengan ekstra.

Bahkan sebagian orang rela melakukan program diet demi menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Untungnya, ada 5 metode gerakan sederhana yang dapat digunakan guna membakar lemak di lengan. Berikut Popmama.com berikan ulasan selengkapnya :

1. Lompat tali membantu mengeluarkan lemak dari tubuh

Melompat adalah latihan kardio terbaik dan dapat membantu mengeluarkan lemak dari tubuh.

Sedangkan lompat tali mempengaruhi otot lengan saat mengangkat beban tubuh serta menggerakkan lengan dalam gerakan melingkar.

Menurut Livestrong, lompat tali adalah latihan kardiovaskular dan penurunan berat badan yang efektif. Memutar-mutar tali juga menguntungkan tubuh bagian atas.

Gerakan mengayunkan tali dari depan ke belakang tubuh pun memiliki fungsi membakar lemak dan kalori dalam tubuh, terutama lemak bagian lengan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasakan untuk melakukan gerakan ini 150 kali lompatan setiap harinya secara rutin.

Editors' Picks

2. Memutar pergelangan lengan meningkatkan fleksibilitas

Memutar pergelangan lengan adalah cara terbaik untuk membantu pembakaran lemak.

Bahkan peregangan di sekitar lengan bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pergelangan tangan dan lengan bawah.

Boxlifemagazine menjelaskan, gerakan memutar tangan adalah sendi kompleks yang penuh dengan tulang, ligamen, jaringan ikat, otot dan saraf.  Gerakan ini juga menandai area transisi antara lengan bawah dan tangan yang secara langsung mempengaruhi kekuatan genggaman.

Caranya cukup mudah, buka kaki selebar bahu sambil angkat kedua tangan lurus ke depan. Lalu gerakkan pergelangan tangan searah jarum jam 8 kali hitungan. Lakukan gerakan ini 15 menit setiap harinya.

3. Pull up memperkuat otot lengan dan bahu

Jenis gerakan untuk membakar lemak di lengan selanjutnya ada pull up.

Gerakan ini dapat memperkuat otot lengan dan bahu. Bahkan melakukan pull up penuh bisa meningkatkan kekuatan saat kamu berlatih hingga gerakan lengkap.

Livefit memaparkan, bahwa manfaat pull up sangat banyak. Gerakan ull up setiap hari akan menciptakan hasil perubahan fisik yang luar biasa. Selain menghemat waktu, latihan pull up bisa dilakukan dengan peralatan gym yang minim. 

Itu artinya, gerakan yang satu ini sangat mudah dilakukan. Cobalah memanfaatkan tiang atau bagian atas daun pintu selama 10 menit setiap harinya.

4. Stretching membakar beberapa kalori ekstra

Apakah kamu pernah mempertimbangkan melakukan stretching saat ingin menurunkan berat badan? 

Stretching sendiri sangat efektif untuk membakar kalori dan kelenturan atau peregangan secara teratur.

Dihimpun dari Verywellfit, agar pengeluaran kalori maksimum sebaiknya harus mempertimbangkan aktivitas dengan intensitas yang lebih tinggi. Tapi peregangan memang membakar beberapa kalori ekstra.

Gerakan perenggangan otot atau stretching ini tak hanya bisa membakar lemak di daerah lengan, namun juga berpotensi membentuk otot di bagian lengan.

5. Wall push up membangun kekuatan tubuh

Wall push up sangat cocok untuk pemula atau siapa pun yang ingin menghilangkan lemak di lengan.

Jenis push up ini membantu membangun kekuatan bahu dan dada.

Dikutip dari Muscleprodigy, wall push up adalah latihan ekstra yang akan memperkuat tubuh bagian atas dan bawah. Wall push up sangat nyaman, karena dapat dilakukan hampir di mana saja dan kapan saja. 

Selain fleksibel, wall push up cukup efektif mengecilkan lengan.

Caranya sangat mudah, yaitu memposisikan lengan sejajar dengan dada atau bahu dan tempelkan kedua tangan tersebut ke dinding. Dekatkan tubuh hingga pipi menempel ke dinding, kemudian dorong ke belakang hingga ke posisi semula.

Nah, itulah kelima gerakan yang dapat mengurangi lemak di lengan. Jangan lupa mengontrol makanan yang kamu konsumsi agar lebih efektif untuk menurunkan berat badan 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.