Kamu Lagi Stres Berat? Sebaiknya Hindari 5 Hal Ini, Ya!

Tidak ada salahnya istirahat sejenak untuk menghilangkan stres

8 Juli 2019

Kamu Lagi Stres Berat Sebaik Hindari 5 Hal Ini, Ya
Freepik/benzoix

Selalu saja ada alasan yang membuat seseorang menjadi stres.

Apalagi ketika kamu sudah mengorbankan banyak waktu dan tenaga tetapi apa yang kamu harapkan tidak tercapai. Bahkan berbagai tekanan pekerjaan juga sering kali menambah beban di pikiran.

Sementara stres juga bisa datang kapan saja, bahkan tanpa alasan yang jelas. Semua orang pasti pernah mengalaminya. Oleh karena itu jangan dibiarkan terus-menerus.

Carilah cara menghilangkan stres dengan cara yang tepat. Hindari mengambil langkah yang keliru saat stres tengah melanda pikiranmu.

Agar tidak berdampak negatif saat sedang stres, maka ada baiknya kamu tidak melakukan 5 hal ini. Berikut ulasannya dari Popmama.com:

1. Bermalas-malasan

1. Bermalas-malasan
Freepik/Jcomp

Sebenarnya bermalas-malasan di kala stres akan memberikan efek buruk pada kesehatan dan malah menambah sumber masalah tersebut.

Biasanya saat bermalas-malasan, metabolisme tubuh pun ikutan melambat dan pada akhirnya bisa merugikan kesehatan. Sebaiknya lakukan kegiatan fisik untuk menyalurkan tenagamu.

Jangan biarkan stres merenggut diri kamu yang membuat tidak fokus bekerja, jika dibiarkan akan banyak pekerjaan yang jadi tertunda.

Oleh karenanya pastikan kamu tetap melakukan aktivitas dengan baik dan tidak mengabaikan kewajiban yang kamu miliki.

2. Mengumbar masalah

2. Mengumbar masalah
Freepik/tirachardz

Di zaman yang serba maju seperti saat ini, banyak orang lebih menghabiskan waktu dengan media sosial. Hal ini pula yang sering membuat fenomena mencurahkan permasalahan di media sosial.

Ya, kini kebanyakan orang melampiaskan emosinya di media sosialnya. Baginya cara ini terbilang efektif untuk meredakan tekanan yang ia hadapi.

Padahal media sosial justru dapat menambah beban stres yang dialami seseorang. Sebab teman di dunia maya dan di dunia nyata sangatlah berbeda.

Ketika kamu bercerita di media sosial maka akan ada pihak lain yang memberi komentar. Jika komentarnya negatif justru dapat menambah tingkat stres dan memperparah masalahmu.

Tapi ada pula yang mengumbar masalahnya pada banyak orang yang mau mendengarkannya. Sementara membahas masalah berkali-kali hanya akan membuat kamu bertambah stres.

Jadi cukup ceritakan masalahmu pada 1 atau 2 orang saja yang kamu percaya, ya.

Editors' Picks

3. Menjadikan kegiatan ngemil untuk menghibur diri

3. Menjadikan kegiatan ngemil menghibur diri
Freepik

Pada banyak kasus dampak stres tak hanya terlihat pada tingkah laku saja, ada pula yang bermasalah pada kenaikan berat badan.

Di mana sebagian orang akan makan atau ngemil untuk menghibur diri saat stres.

Padahal ketika kamu melakukan ngemil di kala stres, ternyata bisa membuat kondisimu memburuk. Sebab nafsu makan yang muncul akibat stres bisa menyebabkan kamu tidak bisa mengontrol porsi makan, sehingga akan terus melahap makanan.

Apabila saat stres keinginan ngemil sudah tak tertahankan, sebaiknya memilih camilan sehat yang rendah kalori. Dengan cara ini kamu bisa memuaskan keinginan ngemil tanpa mendapatkan asupan kalori dan lemak yang berlebih.

4. Terus menerus memikirkan masalah

4. Terus menerus memikirkan masalah
Freepik/Jcomp

Stres adalah sebuah gangguan psikologis yang sedang dialami seseorang, karena adanya sebuah tekanan.

Ada sebagian orang yang sedang stres dengan memikirkannya terus menerus, menurutnya cara ini bisa lebih memahami situasi maupun mendapatkan solusi.

Padahal jika memikirkannya terlalu keras, maka tidak dapat mengubah keadaan dan malah membuatmu semakin terpuruk.

Sebaiknya mulai dari sekarang kamu tidak terus menerus memikirkan masalah yang akan membuat perasaan semakin berdebar. 

5. Tidak introspeksi diri

5. Tidak introspeksi diri
Freepik

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan stres, bisa saja mulai dari hal-hal kecil yang tidak kamu sadari. Setiap orang punya pemicu stres yang berbeda-beda.

Oleh karenanya jangan menjadi sosok yang ‘sok’ superior dalam segala hal, apalagi membuat kamu meremehkan orang lain dan menganggap diri kamulah yang paling benar.

Menutup diri di kala stres juga bukanlah hal yang perlu kamu tanamkan dalam diri. Saat stres melanda ada baiknya kamu mengambil waktu untuk mengistirahatkan tubuh maupun pikiran.

Jadi segeralah introspeksi diri bila kamu mengalami fase ini. Dengan begitu kamu bisa menenangkan pikiran dan menjadi pribadi yang lebib baik, sehingga kamu siap untuk menghadapi tantangan berikutnya.

Itu dia 5 hal yang harus dihindari ketika kamu dilanda stres. Ketika kamu merasa penat pada sebuah masalah, jangan lupa untuk beristirahat dan melupakan tekanan itu sejenak.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!