Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sewaktu Perut Kosong

Ayo, segera minum air putih setelah bangun tidur!

13 April 2019

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sewaktu Perut Kosong
Freepik/Yanalya

Setelah tidur berjam-jam, tentunya perut jadi kosong.

Nah, ketika bangun tidur sebaiknya kamu langsung meminum segelas air putih dan melakukan aktivitas sarapan pagi yang kaya protein maupun serat.

Sebab pada kondisi perut yang sangat asam tersebut jika kamu mengisinya dengan zat-zat yang menambah keasaman, maka akan mengalami iritasi di perut.

Jadi saat perutmu kosong jangan melakukan sesuatu apalagi mengonsumsi makanan yang punya tingkat keasaman atau bercita rasa pedas.

Berikut ada 5 hal yang tidak disarankan untuk melakukan sesuatu saat perut kosong. Langsung cek ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Bepergian

1. Bepergian
Freepik/Onlyyouqj

Apakah kamu sering terburu-buru pergi dalam keadaan perut kosong?

Hmm, pasti rasanya nggak enak bukan.

Di dalam perut terdapat serangkaian organ di sistem pencernaan. Sedangkan pada kondisi perut yang kosong, tentunya di tengah perjalananmu kelak bisa berimbas mabuk perjalanan.

Oleh karenanya, jangan melakukan perjalanan di kala perut belum terisi makanan.

Tapi apabila kamu sudah terlanjur bepergian sebelum sarapan pagi dan mengalami mabuk seperti mual, ada baiknya kamu segera mengonsumsi air jahe dan menghirup udara segar.

2. Minum alkohol

2. Minum alkohol
Freepik

Ada beberapa kebiasaan yang berbahaya di lakukan saat perut kamu dalam keadaan kosong, salah satunya ialah meminum alkohol.

Ketika kamu langsung meminum alkohol saat perut kosong, maka akan menyebabkan alkohol langsung mengenai aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah melebar.

Hal ini yang menyebabkan penurunan sementara pada denyut nadi maupun.tekanan darah. Selain itu juga alkohol yang kamu minum akan membakar lapisan usus.

Dengan meningkatnya alkohol dalam darah yang berefek pada diri kamu yang menjadi mabuk berat.

Mengkonsumsi alkohol saat perut kosong pun juga berbahaya bagi kesehatan hati, jantung dan ginjalmu.

Editors' Picks

3. Minum kopi

3. Minum kopi
Freepik/Jcomp

Hal ini adalah yang paling sering dilakukan banyak orang, yaitu minum kopi di pagi hari.

Tahukah kamu? Bahwa meminum kopi saat perut kosong akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menyebabkan stres hingga hilangnya nafsu makan.

Lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kantong empedu berkontraksi, sehingga menyebabkan ukurannya menyusut dan berhenti berfungsi.

Meminum kopi atau teh sebelum sarapan akan berefek pada peningkatan asam lambung dan berisiko di sistem pencernaanmu.

Nah, sebaiknya konsumsilah teh dan kopi sehabis makan ya.

4. Minum obat

4. Minum obat
Freepik

Ada hal penting yang tidak boleh kamu lakukan saat perut kosong, yakni tidak meminum obat.

Sebab ada beberapa obat-obatan yang tidak boleh di konsumsi saat perut dalam keadaan kosong, seperti aspirin dan parasetamol. Kedua obat tersebut bersifat anti-inflamasi, sehingga tidak akan berkerja secara efektif saat perut kosong.

Apabila kamu memaksakan diri meminum obat di kala perutmu belum terisi makanan, maka akan memicu terjadinya pendarahan lambung.

Efek samping lainnya bisa menambah keasaman dalam lambung. Itulah sebabnya dianjurkan mengonsumsi obat sesudah makan.

5. Olahraga

5. Olahraga
Freepik/Tonefotografia

Pagi hari memang waktu yang tepat buat berolah raga ya. Tetapi sebaiknya kamu tidak melakukan kegiatan fisik saat perutmu kosong. Olahraga saat perut kosong hanya akan membakar otot dan akan merasa sangat kelelahan.

Sementara olahraga dalam keadaan perut kosong di bawah sinar matahari, malah membuatmu terserang dehidrasi. Untuk membakar lemak pada tubuh dengan berolahraga pagi, sebaiknya dilakukan sesudah sarapan.

Jadi mulai sekarang biasakan untuk sarapan pagi sebelum berangkat kerja atau pun jika ingin mengonsumsi kopi. Dengan sarapan, kamu pun akan lebih berkonsentrasi dan lebih sehat.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!