Pelajari 5 Jenis Gangguan Tidur yang Sering Terjadi pada Orang Dewasa

Kamu mengalami sulit tidur?

21 Mei 2019

Pelajari 5 Jenis Gangguan Tidur Sering Terjadi Orang Dewasa
Pexels/Pixabay

Untuk sebagian orang tidur malam adalah waktu yang sangat berharga dalam mengistirahakan tubuh dan pikirannya. Oleh karena itu, tidur yang berkualitas akan sangat mendukung kebugaran tubuh.

Tapi sayangnya tak semua orang bisa merasakan hal menenangkan seperti demikian. Faktornya ialah memiliki salah satu gangguan tidur sehingga menjadi tak nyenyak, mendengkur dan gelisah.

Berikut 5 gangguan tidur paling sering terjadi seperti dilansir Popmama.com:

1. Insomnia

1. Insomnia
Freepik/jofreepik

Insomnia adalah gangguan tidur yang pertama. Sleep disorder ini terjadi ketika penderita kesulitan untuk tidur di malam hari.

Ketidakmampuan untuk tidur pun dapat menyebabkan seseorang mudah marah dan kurang konsentrasi pada saat beraktivitas.

Untuk jangka panjang, insomnia terbilang cukup berbahaya. Saat seseorang kurang tidur akan berdampak pada tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

Baca juga:

2. Obstructive Sleep Apnea (OSA)

2. Obstructive Sleep Apnea (OSA)
Freepik/Tapui

Apakah kamu atau suami sering mendengkur saat tidur?

Ternyata, gangguan tidur terjadi di mana kondisi medis kronis saat seseorang berulang kali berhenti bernapas saat tidur dan berlangsung 10 detik.

Obstructive Sleep Apnea (OSA) terbilang gangguan tidur yang berbahaya dan bisa mengancam jiwa.

Sementara sleep apnea disebabkan karena gaya hidup tidak sehat seperti kurang tidur, stres, merokok, obesitas dan tekanan darah yang tidak tepat. 

Editors' Picks

3. Sleep paralysis atau kelumpuhan tidur

3. Sleep paralysis atau kelumpuhan tidur
Pexels/Rawpixel

Gejala tidur berikutnya adalah sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Kondisi ini terjadi ketika seseorang tidak bisa bergerak meski sudah sadar dari tidurnya.

Lumpuh tidur biasanya berlangsung selama beberapa detik dan yang sering dikira dengan "ketindihan" yang disertai dengan halusinasi mengerikan atau tekanan mental. 

Apakah kamu sering merasakan ketidakmampuan untuk bergerak dari tidur ke posisi bangun? Itu artinya kamu mengalami sleep paralysis.

4. Sleepwalking

4. Sleepwalking
Freepik/Jcomp

Gejala ini adalah kondisi ketika seseorang berdiri hingga berjalan selagi tidur dan mata terpejam. Saat ditanya, ia pun tidak akan merespons sama sekali.

Sleepwalking juga dikenal sebagai 'somnambulism' yang biasanya suka berjalan sambil tidur lalu berbicara sendiri seperti orang sadar. Lalu saat dia terbangun sama sekali tak ingat apa yang sudah terjadi padanya.

5. Narkolepsi

5. Narkolepsi
Freepik/Yanalya

Narkolepsi adalah gangguan tidur atau sleep disorder yang secara umum ditandai munculnya keinginan tidur di siang hari secara tayang ditandai dengan rasa mengantuk berlebihan di siang hari. Di sisi lain seseorang yang menderita kelainan ini cenderung mengalami kolaps saat sedang emosi dan tidak ada metode yang dapat menyembuhkan narkolepsi.

Namun perubahan gaya hidup, seperti menghindari minuman keras, kafein, dan olahraga bisa membantu memperbaikinya.

Dampak yang diakibatkan oleh gangguan tidur adalah kelelahan, badan terasa lemas dan mudah marah.
Jadi jangan diabaikan jika kamu memiliki gangguan tidur, ya.

Itulah gejala susah tidur yang sering terjadi pada orang dewasa beserta macam-macamnya. Kenali gangguan tidur yang sering kamu rasakan, cari tahu pemicunya, dan segera periksakan ke dokter jika dirasa sudah mengganggu kesehatan dan aktivitas kamu sehari-hari.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;