Waspada, 5 Kebiasaan Buruk Ini Membahayakan Ginjalmu

Ayo, perbanyak minum air putih!

8 Oktober 2020

Waspada, 5 Kebiasaan Buruk Ini Membahayakan Ginjalmu
Freepik/Jcomp

Tentunya semua organ di dalam tubuh memiliki fungsi yang besar, termasuk ginjal.

Sementara ginjal berfungsi untuk mendetoksifikasi, memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan mengendalikan kadar mineral dalam darah.

Meski ukurannya cukup kecil, sebaiknya setiap orang harus mencegah kebiasaan buruk agar tidak merusaknya. Supaya ginjal tetap bekerja maksimal, berikut 5 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. Langsung cek ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Duduk terlalu lama

1. Duduk terlalu lama
Unplash/Annie Spratt

Ternyata duduk terlalu lama akan menyebabkan ginjal mengalami gangguan. Bahkan ginjalmu akan merasa nyeri yang cukup kuat dan membuat pinggang kamu tidak nyaman.

Apabila kamu duduk terlalu lama setiap harinya di kantor, ada baiknya untuk melakukan peregangan sejenak atau berjalan selama 5 menit di lingkungan sekitar. Dengan cara itu, ginjal tidak akan terlalu lelah bekerja.

Kurang olahraga akibat terlalu sibuk bekerja dan duduk berjam-jam lamanya menyebabkan aliran darah yang buruk menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karenanya kamu harus sering berolahraga ringan seperti jogging atau jalan santai di setiap paginya.

Editors' Picks

2. Kurang istirahat

2. Kurang istirahat
Freepik/Bearfotos

Pastinya istirahat yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh seseorang dan siklus tidur akan berpengaruh terhadap fungsi ginjal.

Di mana jaringan organ akan diperpanjang ketika seseorang sedang tidur.

Nah, apabila kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup maka bisa merusak proses tersebut dan berisiko kerusakan konstan pada ginjal. Jadi untuk kamu yang sering begadang sangat  tidak baik bagi kesehatan ginjal. 

Mulai sekarang hindari kebiasaan yang dapat merusak ginjalmu, ya.

3. Mengonsumsi banyak garam

3. Mengonsumsi banyak garam
Freepik/Rawpixel.com

Garam memang bermanfaat untuk salah satu penyedap rasa asin pada setiap masakan.

Namun terlalu banyak mengonsumsi garam dalam jumlah banyak, tubuh pun akan mengalami gangguan. Di mana memakai garam berlebihan di setiap makanan akan mengikat air di dalam tubuh.

Padahal dalam satu hari maksimal garam yang boleh kamu konsumsi ialah hanya satu sendok teh saja, termasuk garam yang berasal dari aneka makanan ringan seperti keripik atau kerupuk.

4. Menahan buang air kecil

4. Menahan buang air kecil
Freepik/Jcomp

Jika ginjal rusak, darah pun akan membuat organ tubuh tak berfungsi normal. Sedangkan sepasang ginjal berperan sebagai penyaring darah dan membuang racun tubuh.

Nah, menahan-nahan untuk membuang air kecil berdampak buruk pada kesehatan ginjal yang membuat tekanan pada ginjal dan menyebabkan inkontinensia dan rerjadi infeksi.

Oleh karenanya seseorang perlu mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang berdampak buruk pada ginjal.

5. Tidak banyak minum air putih

5. Tidak banyak minum air putih
Freepik

Sudah barang tentu kurang mengonsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi, tubuh menjadi lemas dan berpengaruh pada masalah ginjal.

Sedangkan kebutuhan normal konsumsi air putih yang diperlukan tubuh dalam 1 hari adalah 1,5 hingga 2 liter. Dengan tercukupinya cairan dalam tubuh, maka urine yang dihasilkan berwarna jernih.

Apabila warna urine yang keluar lebih gelap, itu artinya menjadi indikasi ada kerusakan ginjal.

Selain itu saat tubuh kamu kekurangan air, ginjal akan bekerja dengan lebih kuat. Urine yang disaring pun jadi lebih pekat dan menyebabkan pengkristalan. Kalau sudah terjadi pengkristalan, kemungkinan besar bisa menjadi batu ginjal.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan ginjal. Dengan mengatasi kebiasaan ini, organ penting tersebut akan bisa bekerja lebih maksimal dan sehat.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.