Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan Positif Ini agar Terhindar dari Utang!

Jangan sampai menyebabkan masalah arus kas keluarga, ya

28 November 2022

Yuk, Lakukan 5 Kebiasaan Positif Ini agar Terhindar dari Utang
Freepik/tirachardz

Kamu sedang berupaya untuk mengajukan pinjaman online?

Sebenarnya metode untuk mendapat dana secara cepat telah memicu kontroversi. Sebab banyak orang mengalami kerugian karena masalah utangnya yang tidak terselesaikan. Dimana seseorang harus membayar bunga atas dana yang sudah digunakan.

Maka hal itu bisa membuat mereka kesulitan membayar dan menyebabkan arus kas keluarga jadi memburuk. Artinya, pinjaman online tidak terlalu fleksibel dan selalu ada risiko. 

Nah, berikut berikan Popmama.com informasi mengenai 5 kebiasaan positif agar terhindar dari utang. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Menyisihkan uang untuk dana darurat

1. Menyisihkan uang dana darurat
Freepik/jcomp

Apabila kamu ingin terhindar dari utang, maka harus menyediakan dana darurat. Memiliki sejumlah dana ekstra yang tersedia untuk keadaan darurat, ini merupakan langkah penting dari kesejahteraan finansial secara keseluruhan. Saat kamu punya persediaan uang tunai yang cukup, maka bisa menutupi biaya mendesak.

Permainan menabung uang sebagai dana darurat juga sebagian besar bersifat psikologis. Bahkan jika kamu memulai dari nol dan menyisihkan uang secara teratur meski dalam jumlah kecil. Ini pada akhirnya akan membawa kamu ke tujuan. Di sisi lain, kebutuhan harian tetap bisa terpenuhi.

Editors' Picks

2. Pahami mana kebutuhan dan keinginan

2. Pahami mana kebutuhan keinginan
Freepik/cookie_studio

Sebenarnya ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil sekarang untuk terhindar dari utang. Jika ingin memperkuat posisi keuangan, maka kamu harus selalu mempertimbangkan mana kebutuhan dan keinganan. Pahamilah kebutuhan dan keinginan, caranya dengan bijak menggunakan uang dan membelanjakan sesuatu.

Ada saat dimana kamu perlu menahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Sebab sering kali seseorang membeli barang hanya yang diinginkan saja. Nah, masalahnya di kemudian hari biasanya kamu akan muncul rasa bersalah setelah melakukan pembelian tersebut. Oleh karenanya, sangat penting membedakan secara tegas antara kebutuhan dan keinginan kepada diri sendiri.

3. Melakukan pembukuan untuk setiap macam transaksi

3. Melakukan pembukuan setiap macam transaksi
Freepik/katemangostar

Ingatlah, pembukuan merupakan salah satu langkah penting yang perlu dilakukan agar terhindar dari utang. Sebab sering kali dilupakan oleh banyak orang. Biasanya mereka hanya berfokus pada bagaimana caranya semua kebutuhan dan keinginan terpenuhi. Padahal seseorang harus membuat daftar lengkap penghasilan dan pengeluaran secara harian atau bulanan.

Sederhananya, pembukuan adalah tindakan mencatat transaksi seperti uang yang keluar dan uang masuk. Bahwa dokumentasi keuangan tersebut juga memungkinkan untuk melacak semua informasi keuangan dan bisa mengecek kondisi finansial dengan mudah setiap saat. Bahkan sebuah laporan keuangan pribadi kamu akan menjadi lebih baik.

4. Hindari pembayaran dengan kartu kredit atau paylater

4. Hindari pembayaran kartu kredit atau paylater
Freepik/rawpixel.com

Kamu mungkin menganggap kartu kredit sebagai alat yang bisa selalu membelikan ini itu. Tapi apa yang harus dilakukan jika kamu ingin terhindar dari utang?

Sebenarnya boleh saja menggunakan kartu kredit atau pembayaran paylater. Tetapi jangan sampai tergoda untuk selalu aktif memakainya, ya. Jika mampu membeli barang kebutuhan secara kontan, hindari pemakaian fasilitas memakai kartu kredit maupun paylater. Bahkan akan menjadi lebih bagus lagi jika tidak memakai sama sekali.

Meski kartu kredit atau paylater dapat menjadi sumber uang yang nyaman dan mudah, namun metode pembayaran tersebut malah membuat keuangan kamu memburuk. Apalagi biasanya risiko terbesar dari keduanya adalah tingkat bunga yang tinggi. Jadi bijaklah, yakni perlu berpikir ulang dalam penggunaannya.

5. Hindari gaya hidup hedonisme

5. Hindari gaya hidup hedonisme
Freepik/pressfoto

Kamu sudah mulai mendapat penghasilan yang cukup tinggi?

Ingatlah, bertambahnya pemasukan ini tidak boleh dibarengi dengan peningkatan gaya hidup. Sebab gaya hidup hedonisme hanya akan mendapat kesenangan dan kepuasan tanpa batas. Lebih tepatnya kamu hanya menghambur-hamburkan uang dan akhirnya malah menghabiskan materi.

Sebelum masuk lebih jauh, sebaiknya hindarilah perilaku hedonisme karena ingin mengikuti gaya sosialita yang menonjolkan kemewahan. Nah, buatlah pandangan bahwa hedonisme bukan sebuah gaya hidup yang harus kamu lakukan. Mulailah menabung dan jika ada kesempatan bisa digunakan untuk investasi.

Itulah kelima cara terhindar dari utang. Apakah saat ini kamu sudah melunasi semua utang?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk