Selama di Rumah, Ikuti 5 Kelas Online Ini Yuk, Ma

Tidak ada salahnya belajar tentang psikolog anak dari ahlinya

30 Maret 2020

Selama Rumah, Ikuti 5 Kelas Online Ini Yuk, Ma
Freepik/Racool_studio

Saat ini, wabah virus corona oleh WHO sudah ditetapkan sebagai pandemi. Hal tersebut karena belum ditemukan obat serta metode penularannya secara pasti terhadap kasus Covid-19.

Salah satu upaya yang efektif untuk menghentikan laju wabah virus corona yakni dengan penguncian diri di dalam rumah.

Sebagian orangtua yang setiap harinya biasa bekerja di luar rumah dan tiba-tiba harus diam di rumah selama dua minggu, mungkin akan membawa kepenatan tersendiri.

Daripada bingung, alangkah lebih baik mengikuti 5 pilihan kelas online yang direkomendasikan oleh Popmama.com. Berikut informasinya:

1. Kerajinan tangan

Daripada bingung diam di rumah terus, tidak ada salahnya mengisi waktu luang dengan hal positif seperti membuat kerajinan tangan. Tentu kegiatan ini dapat menghilangkan stres.

Secara sederhana, kerajinan tangan merupakan suatu hasil karya yang dibuat secara manual dengan tangan.

Terkadang, membuat kerajinan tangan tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Cobalah membuat jenis kerajinan tangan ini di rumah:

  • Kerajinan tangan dari benang wol seperti sweater, selimut, syal dan boneka.
  • Kerajinan tangan membuat lilin pengharum ruangan.
  • Kerajinan pajangan dari CD bekas
  • Kerajinan tangan serba resin (cairan yang dibuat dari getah pohon kunjung).
  • Kerajinan tangan membuat buket bunga dari kertas dan kain.

Editors' Picks

2. Menjahit manual dengan tangan

Banyak cara menghilangkan rasa bosan selama di rumah.

Kali ini tak ada salahnya Mama yang sebelumnya belum pernah menjahit pakaian, mungkin sekarang saatnya belajar menjahit.

Berikut tips menjahit dengan cara manual:

  • Masukkan benang pada lubang jarum

Langkah pertama potong benang sepanjang dua kali lebih panjang dari yang dibutuhkan. Pegang salah satu ujungnya dengan ibu jari dan telunjuk, masukkan melewati lubang jarum tersebut. Kemudian geser jarum ke tengah hingga membagi benang menjadi dua untai sama panjang dan simpulkan kedua ujung benang.

  • Tusukkan jarum dari sisi yang tidak terlihat

Langkah kedua yakni tusukkan jarum dari sisi yang tidak akan terlihat. Tarik jarum keluar yang diikuti oleh benang, sampai tarikan benang dihentikan oleh simpul. Jika simpul tersebut tidak tertahan pada kain, segeralah buat simpul yang lebih besar.

  • Tusukkan jarum dari sisi depan kain

Setelah langkah kedua dilakukan, tusukkan jarum kembali ke sisi belakang di dekat tusukan pertama tadi. Tarik seluruh panjang benang dan terus tarik sampai merasa benang tersebut tertahan. Di mana jahitan harus cukup kencang agar kain tetap datar atau rata, tetapi jangan terlalu kencang yang akan membuat kain berkerut di bawah jahitan. Ulangi dua langkah tersebut dan tetap mempertahankan jarak setiap tusukan agar dekat dengan tusukan sebelumnya.

  • Akhiri dengan menusuk dari sisi depan

Jika sudah selesai, kini saatnya jarum dan benang harus berada di sisi belakang. Lalu buatlah simpul lagi agar jahitan tidak berpindah atau merenggang.

3. Belajar memakai makeup secara profesional

Dengan menjamurnya beauty vlogger, sekarang waktu yang tepat mengikuti kelas online belajar memakai makeup secara profesional.

Ya, menjadi MUA atau makeup artist adalah pilihan hobi yang mungkin dapat Mama lakukan.

Apalagi kini perkembangan teknologi tata rias dan tren makeup sudah merambah luas di Youtube, Instagram dan media sosial lainnya. Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Mulailah dengan produk makeup yang terjangkau

Menjadi makeup artist tidak selalu harus memakai produk yang mahal. Jika pandai menggunakan produk, maka hasilnya tidak akan kalah bagusnya dengan produk mahal. Ya, Mama belum terlalu butuh produk mahal saat baru memulainya. Pilihlah aplikator makeup yang on budget terlebih dahulu. 

  • Update perkembangan tren makeup

Ketika memutuskan untuk belajar menjadi MUA, maka harus rajin mencari tahu tentang tren makeup terbaru. Lakukan ini dengan menonton makeup tutorial para beauty vlogger atau MUA profesional di YouTube. Dengan begitu, Mama akan tahu tren makeup apa yang sedang hits di setiap negara. 

  • Jadikan tutorial di Youtube menjadi makanan sehari-hari

Kunci dari belajar makeup secara autodidak adalah mempelajarinya terus menerus sambil dipraktikkan. Tempat yang pas untuk belajar makeup adalah tentu saja dari Youtube. Di sana ada banyak beauty vlogger berbagai negara yang bisa dicontek ilmunya setiap saat. Bahkan ada pula yang menawarkan kelas online.

4. Belajar memasak di rumah

Apakah selama ini makanan di rumah sehari-harinya selalu disiapkan oleh asisten rumah tangga?

Ya, inilah waktu yang tepat untuk Mama mulai belajar memasak.

Dengan memasak maka akan membuat rasa makanan sesuai selera dan juga dapat sebagai family time untuk menciptakan suasana harmonis bersama keluarga.

Sebagai pemula, simak beberapa cara berikut ini :

  • Baca buku resep

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah membaca buku resep. Hal itu sangatlah penting, karena biasanya akan ada proses-proses yang harus dilakukan terlebih dahulu seperti proses ungkep, proses mendiamkan dalam kulkas beberapa menit, proses mendiamkan adonan roti atau proses marinasi bahan dalam campuran bumbu.

  • Kenali bumbu-bumbu dasar

Agar masakan menjadi lebih lezat, maka diperlukan racikan bumbu-bumbu yang pas. Jadi, Mama perlu mengetahui apa saja bumbu-bumbu dasar yang harus dipakai untuk memasak. Sebab bumbu yang berbeda akan menghasilkan rasa berbeda pula pada makanannya.

  • Kenali bahan makanan

Beda bahan makanan, beda pula cara mengolahnya. Sebelum diolah, sebaiknya bahan makanan harus dicuci bersih dan dipotong. Mama harus mengetahui sayuran mana yang harus dimasak terlebih dahulu, langkah ini agar nantinya semua bahan bisa matang merata.

  • Hati-hati saat memasak

Sebagai pemula, mungkin cidera bisa terjadi saat memasak jika kurang berhati-hati. Pastikan dulu tidak ada bau gas di sekitar tungku dan dapur. Kemudian pastikan wajan atau panci yang akan digunakan sudah dalam posisi yang pas dan kokoh di atas kompor.

Saat menggoreng, minyak di dalam wajan harus sudah panas dan masukkan perlahan makanan yang akan digoreng dari sisi wajan.

5. Belajar seputar parenting

5. Belajar seputar parenting
Freepik/Racool_studio

Saat menghadapi anak yang bermasalah, Mama terkadang terbawa emosi.

Nah, kali ini cobalah mengikuti kelas online dengan belajar dan menemukan ilmu seputar parenting untuk mengurus anak.

Apalagi sekarang informasi tentang parenting pun bisa dengan mudah didapatkan lewat berbagai media seperti buku, internet, seminar parenting, sampai sekolah parenting.

Berikut daftar buku parenting yang bisa dibaca di rumah:

  • Adversity Quotient
  • Happy Little Soul 
  • I Am Gifted, So Are You!
  • Parenthink
  • The Read-Aloud Handbook

Sedangkan di bawah ini daftar psikolog Indonesia dalam dunia parenting dan pendidikan anak yang bisa dilihat di berbagai media sosial: 

  • Psikolog Ajeng Raviando
  • Psikolog Elly Risman
  • Psikolog Josephine M. J. Ratna
  • Psikolog Roslina Verauli
  • Psikolog Seto Mulyadi 

Itulah kelima kelas online yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.