5 Mainan Seru Ini Sangat Bermanfaat untuk Orang Dewasa

Kamu lagi jenuh? Kita bermain yuk?

4 Desember 2018

5 Mainan Seru Ini Sangat Bermanfaat Orang Dewasa
Pexels/Flickr

Ada sebagian orang menganggap bermain adalah kegiatan bersenang-senang, tapi ada juga berpandangan bahwa bermain merupakan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Padahal jika orang dewasa bermain permainan non-teknologi seperti permainan fisik bisa, hal itu menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan pikiran sejenak dari rutinitas mereka.

Mainan dan aktivitas bermain juga bisa bikin perasaan kamu lebih baik. Aktivitas bermain bisa meningkatkan konsentrasi dan juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif loh. Orang dewasa yang menyempatkan waktunya untuk bermain juga bikin kesehatan mental bisa jadi lebih baik.

Popmama.com akan menjelaskan manfaat yang didapat orang dewasa kala memainkan sebuah mainan. Yuk cek apa saja mainan untuk orang dewasa beserta manfaatnya:

1. Gunpla mainan robot gundam

1. Gunpla mainan robot gundam
Gaijin Gunpla

Berawal dari sebuah serie anime di Jepang yang bernama mobile suit gundam, bandai gunpla mainan robot gundam  sangat seru dimainkan.

Manfaatkan waktu senggang kamu untuk merakit gunpla atau sekedar menempelkan armor. Nah, kamu yang suka merakit gundam ternyata dapat melatih sensor motorik dan sensorik.

Manfaat lainnnya ketika bermain gundam yakni dapat menambah IQ karena dituntut untuk berimajinasi. Pasalnya perakit gundam dituntut untuk berimajinasi, sehingga bisa melepaskan stres. Bahwa bermain gundam bisa menambah IQ seseorang.

Merakit sendiri hingga membentuk robot raksasa yang sangat manis memberikan tantangan tersendiri, sehingga sangat pantas kalau akhirnya banyak orang dewasa menyukainya.

2. Action figure

2. Action figure
Pexels/Pixabay

Apakah kamu hobi mengoleksi karakter-karakter jagoan serta aneka robot? Ya, action figure juga bisa dimainkan oleh orang dewasa.

Sekarang ini mainan memang sudah tak identik hanya untuk dimainkan anak-anak. Orang dewasa pun “berhak” memainkan action figure. Apalagi memang ada mainan action figure yang memang khusus untuk orang dewasa.

Mainan-mainan seperti action figure layak dikoleksi orang dewasa karena harganya tidak murah. Adapula beberapa jenis mainan pada kemasan ini dilabeli untuk 17+.

Mengoleksi action figure dan meletakkannya di kamar tidur menjadi terasa lebih ramai, selain itu juga akan membuat perasaan hatimu lebih tenang.

Editors' Picks

3. Die cast

3. Die cast
Pexels/Aldo Picaso

Die cast adalah miniatur kendaraan yang dibuat dengan metode die-casting. Tekniknya melebur logam dan menuangkannya dalam cetakan berbentuk model mobil.

Banyak orang beranggapan kalau die cast adalah mainan mobil-mobilan kecil yang dimainkan oleh anak kecil saja.

Pada kenyataannya orang dewasa juga bisa mengkoleksi die cast ini loh. Orang dewasa sering kali merasa jenuh pada kegiatan keseharian, kamu pun bisa mengoleksi die cast sebagai bahan pajangan untuk melepas penat setelah bekerja atau sebagai objek foto.

Mainan ini bisa menjadi salah satu sarana supaya kamu merasa bahagia dan sejenak melupakan urusan kerjaan.

4. Lego

4. Lego
Lego

Lego? Siapa nggak tahu permainan lego. Dengan bermain lego, orang dewasa bisa melakukan manajemen stres. Sebab tingkat stres pada orang dewasa cenderung lebih tinggi. Jadi bermain Lego menjadi sarana komunikasi sosial orang dewasa.

Tak hanya itu, dengan bermain lego juga mengasah kemampuan bagi seseorang untuk lebih mendengarkan, berbicara dan berempati. Bahkan kamu yang suka menyusun lego dapat membantu meningkatkan produktivitas belajar serta bekerja.

Lego pun bisa dikatakan untuk memfasilitasi proses menghasilkan ide-ide kreatif (brain storming) dan memecahkan masalah (problem solving), karena lego adalah mainan yang membutuhkan ketelitian.

5. Drone

5. Drone
Pexels/The Lazy Artist Gallery

Drone (Unmanned Aerial Vehicle) sendiri pada dasarnya merupakan mesin terbang tanpa kendali dalam badannya oleh seseorang yang dikendalikan dari jarak jauh atau malah bekerja secara mandiri.

Untuk mengangkat tubuhnya di udara, mesin terbang ini menggunakan hukum aerodinamika. Bagi orang dewasa bermain drone bermanfaat untuk memuaskan hobi kamu.

Kamu bisa menggunakan drone  hanya sekedar bermain atau untuk mendukung hobi lainnya seperti fotografi. Dengan menggunakan drone kamu bisa mengambil gambar yang sulit diambil sendiri. Drone pun salah satu mainan yang wajib dipunya oleh para pecinta mainan remote control.


Well, bermain adalah cara tepat ketika kamu sedang bosan atau penat pada suatu rutinitas. Dengan bermain bisa memberikan kontribusi yang positif pada kesehatan mental kamu.