Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyumbatan Arteri

Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan kaleng, ya

13 Juni 2021

Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyumbatan Arteri
Freepik

Ketika berbicara tentang jantung, maka apa yang ada di benakmu? Pasti salah satunya menghindari junk food dan mengonsumsi makanan sehat.

Sementara pembuluh arteri adalah pembuluh darah yang bertugas membawa darah dari jantung. Penyumbatan arteri biasanya disebabkan oleh penumpukkan plak-plak lemak akibat kolesterol jahat.

Penyumbatan arteri dapat diatasi dengan mengubah gaya hidup, salah satu caranya adalah dengan menghindari 5 jenis makanan tertentu. Langsung cek rangkumannya dari Popmama.com, yuk!

1. Daging yang diawetkan

1. Daging diawetkan
Freepik/sedaeva

Kamu sering makan sosis?

Jadi makanan seperti nugget, daging asap, sosis serta kornet termasuk kategori daging olahan.

Di mana olahan daging dalam bentuk kemasan biasanya sudah melalui proses pengawetan menggunakan garam, nitrat, serta bahan pengawet lain yang bisa memberi pengaruh buruk bagi kesehatan kamu.

Ternyata daging yang diawetkan juga memiliki banyak lemak jenuh. Hal tersebutlah yang dapat meningkatkan kadar kolestrol, sehingga menyumbat pembuluh arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Editors' Picks

2. Daging merah

2. Daging merah
Freepik/Lifeforstock

Salah satu penyebab seseorang mengalami penyumbatan arteri adalah karena tidak mengontrol jenis makanannya, yakni sering mengonsumsi daging merah.

Di mana daging merah mengacu pada daging sapi atau kambing. Seseorang yang sering mengonsumsi daging merah setiap harinya sangat rentan memilliki kadar tinggi Trimethylamine N-oxide, yaitu bahan kimia yang terkait dengan penyakit jantung.

Jadi sebaiknya kurangi mengonsumsi daging merah atau menggantinya dengan daging ayam tanpa kulit.

3. Gorengan

3. Gorengan
Freepik/user7814140

Tentunya jenis makanan ini tak diragukan lagi akan efek buruknya pada kesehatan. Ya, gorengan memiliki risiko menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

Memang semua makanan yang digoreng membuat rasanya jauh lebih lezat daripada yang tidak digoreng, karena minyak membuat makanan jadi lebih berasa dan aromanya pun harum.

Namun sayangnya gorengan adalah jenis makanan yang harus kamu hindarkan, sebab makanan yang digoreng akan menyumbat pembuluh arteri dan memicu serangan stroke.

Kenapa bisa terjadi penyumbatan arteri? Hal tersebut dikarenakan adanya lemak trans dan menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah kamu.

4. Makanan beku

4. Makanan beku
Freepik/zulfiska

Penyumbatan pada arteri memerlukan perhatian khusus, salah satunya menerapkan gaya hidup sehat.

Oleh karenanya tidak mengonsumsi frozen food. Kamu bisa membeli bahan makanan yang lebih fresh.

Sebab makanan beku kaya akan sodium yang sering dipakai untuk bumbu makanan atau pengawet dan lemak trans yang sudah separuh dimasak.

Sementara lemak trans itu sendiri akan meningkatkan LDL (kolesterol jahat). Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Makanan kaleng

5. Makanan kaleng
Unplash/Paweł Czerwiński

Memang benar, makanan dari kaleng terbilang lebih praktis dan hemat waktu. Namun dalam kemasannya, makanan tersebut mengandung banyak natrium atau garam.

Pada produk tersebut terdapat zat yang disebut bisphenol-A (BPA). Zat inilah yang sering disebut sebagai pengganggu hormon, karena merusak fungsi hormon sehat. BPA itu sendiri dapat menyebabkan penyumbatan arteri pada seseorang.

Selain itu bahan pengawet pada makanan kaleng sangat berbahaya, salah satunya adiktif seperti MSG yang bikin jantung berdebar tak teratur.

Nah, jadi kamu perlu hati-hati dalam memilih makanan. Sebaiknya jangan terlau sering membeli makanan beku atau makanan yang dapat memicu penyumbatan arteri. Meski rasanya enak, namun kamu juga perlu menyayangi kesehatan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.