5 Manfaat Natto untuk Kesehatan, Megandung Banyak Protein

Ternyata natto dapat meningkatkan daya tahan tubuh, lho!

26 November 2021

5 Manfaat Natto Kesehatan, Megandung Banyak Protein
Pixabay/whui1818

Apakah sebelumnya kamu pernah mengonsumsi natto?

Bahwa nattokinase adalah enzim alami pada natto, ini termasuk makanan berbasis kedelai Jepang. Rutin mengonsumsi natto ternyata sangat menyehatkan karena natto kaya akan protein, vitamin, dan mineral. 

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 manfaat dari mengonsumsi natto. Yuk, cek ulasannya!

1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
Pexels/José Luis Photographer

Manfaat dari natto sendiri adalah salah satu cara mencegah pilek, flu dan infeksi lainnya. Alasannya karena makanan fermentasi ini memiliki nilai gizi cukup tinggi dan terkait pada sistem kekebalan tubuh.

Bahkan termasuk melancarkan metabolisme tubuh, sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih maksimal.

Editors' Picks

2. Menyehatkan otak dan meningkatkan konsentrasi

2. Menyehatkan otak meningkatkan konsentrasi
Pixabay/ohmorimutsuhiro

Mengonsumsi natto atau kacang kedelai yang difermentasi dari Jepang ini juga salah satu cara alami untuk memperlambat penuaan otak.

Berkat kandungan vitamin B1, B2 dan K2 memiliki efek yang membantu menenangkan dan meningkatkan konsentrasi.

Jadi bisa dibilang, natto adalah makanan yang membuat otak lebih sehat dan peningkat daya ingat. Bahkan termasuk mengurangi stres dan gejala kecemasan.

3. Menurunkan risiko serangan jantung

3. Menurunkan risiko serangan jantung
Pexels/Karolina Grabowska

Mulai sekarang kamu perlu makan makanan tertentu guna menurunkan risiko penyakit jantung, salah satunya dengan mengonsumsi natto. Ini karena kandungan vitamin K2, serat dan probiotik di dalamnya.

Dilansir dari Webmd, bahwa nattokinase melarutkan bekuan darah yang membantu menjaga struktur pembuluh darah lebih baik dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung. 

4. Meningkatkan keseimbangan bakteri di usus

4. Meningkatkan keseimbangan bakteri usus
Pixabay/silviarita

Sebenarnya usus mengandung triliunan mikroorganisme, yakni lebih dari 10 kali jumlah total sel yang ditemukan di tubuh. Namun probiotik dalam natto dapat bertindak sebagai garis pertahanan pertama usus.

Lebih dari itu, natto bisa melawan racun dan bakteri berbahaya. Termasuk meningkatkan keseimbangan bakteri di usus, ini dikenal sebagai mikrobioma.

Bahkan sifat probiotik nattokinase berfungsi untuk menjaga bakteri baik dan bakteri jahat yang hidup di saluran pencernaan. Dengan begitu, kamu jadi terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

5. Berperan dalam mencegah penambahan berat badan

5. Berperan dalam mencegah penambahan berat badan
Pexels/SHVETS production

Mengoonsumsi natto menjadi cara sederhana untuk menurunkan berat badan. Berkat kandungan serat pada natto, maka akan memperlambat pencernaan dan menghabiskan ruang di perut kamu.

Selain itu, natto mengandung jumlah probiotik dan serat terbaik yang berperan dalam mencegah penambahan berat badan dan mengoptimalkan penurunan berat badan.

Jadi jika sedang menjalani program diet dan ingin membuat kenyang lebih lama, tidak ada salahnya menambahkan natto pada menu makanan kamu.

Demikianlah 5 manfaat natto untuk kesehatan. Yuk, dapatkan sumber probiotik dan serat dari natto!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.