Mengenal 5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan Tubuh

Hayo siapa yang pernah bermain skipping menggunakan karet gelang?

7 Desember 2018

Mengenal 5 Manfaat Skipping Bagi Kesehatan Tubuh
Jul14ka / Freepik

Skipping? Siapa yang nggak tahu olahraga yang satu ini. Olahraga ini populer karena nggak memerlukan biaya yang besar dan dapat dilakukan dimana saja.

Skipping pun bisa disebut olahraga lompat tali, karena dilakukan dengan menggunakan bantuan tali yang diputar atau digerakkan sebagai rintangan dari lompatan yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan kita sebagai porosnya.

Secara praktik mungkin hampir semua orang tahu dan paham bagaimana melakukan olahraga ini, ya. Gerakannya membuat otak kita bekerja lebih cepat dan tepat dalam melakukan gerakan melompat menghindari tali yang berputar.

Biasanya orang melakukannya hingga mencapai kurang lebih 20 lompatan. Namun, apakah sudah pada tahu apa saja manfaat dari skipping? Nah, sama halnya seperti olahraga yang lain.

Manfaat skipping juga terbilang sangat bagi tubuh manusia. Di bawah ini Popmama.com akan menjelaskan mengenai manfaat olahraga skipping:

1. Meninggikan badan

1. Meninggikan badan
Pexels/The Lazy Artist Gallery

Tahukah kamu? Manfaat olahraga skipping yaitu mampu menambah tinggi badan, sehingga olahraga skipping sering dijadikan salah satu program bagi banyak remaja dalam hal meninggikan badan.

Apalagi di masa-masa pertumbuhan, dengan melakukan olahraga ini, maka bisa membantu kamu untuk mendapatkan tinggi ideal. Di masa remaja menjadi waktu utama pada masa pertumbuhan, karena masa ini sangat menentukan bagi seseorang untuk tumbuh dengan tinggi ideal.

2. Meningkatkan kinerja otak

2. Meningkatkan kinerja otak
Freepic.diller / Freepik

Saat melakukan skipping, kita menggabungkan irama gerakan lompatan dan ketepatan waktu saat melompati tali. Dengan gerakan tersebut membuat otak  bekerja lebih cepat dan tepat mengalkulasikan gerakan melompat menghindari tali yang berputar.

Pada saat skipping dilakukan maka terjadi pelatihan koordinasi tubuh yang baik dan kemampuan menjaga keseimbangan tubuh, sehingga semua itu berkaitan dengan melatih otak. 

Jika dilakukan secara rutin, maka otak kita akan terbiasa bekerja dengan cepat dan tepat.

Editors' Picks

3. Mengoptimalkan energi dalam tubuh

3. Mengoptimalkan energi dalam tubuh
Active.com

Olahraga skipping juga mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh, sebab olahraga skipping ini dilakukan dengan menggunakan energi.

Maka dengan berolahraga skipping  akan mampu mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuh dan latihan yang dilakukan secara rutin nantinya membuat tubuh terbiasa untuk memanfaatkan energi yang tersimpan.

4. Menurunkan berat badan

4. Menurunkan berat badan
Pexels/Dom J

Olahraga skipping yang dilakukan selama satu jam akan membakar kalori dalam tubuh hingga kurang lebih 1000 kalori.

Tak hanya itu, jika rutin berolahraga skipping ternyata juga bisa membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat. Maka itu artinya betapa bagusnya olahraga skipping untuk menurunkan berat badan.

5. Mengencangkan otot

5. Mengencangkan otot
Pexels/Scott Webb

Kalau kamu rutin melakukan olahraga skipping setiap hari, maka bisa membuat otot tubuh semakin kencang lho.

Efek lompatan saat memainkan skipping dapat mengencangkan otot kaki, otot lengan, dan bahu.

Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan tangan adalah sebagai poros dari putaran tali. Jadi, dengan melakukan skipping dapat  memperkuat otot bagian kaki namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga menambah keindahan pada kakimu.

Olahraga skipping akan sangat menyenangkan jika kamu melakukannya bersama teman.

Baca juga: Mau Olahraga Saat Hamil? Siapkan Dulu 5 Perlengkapan Ini, Ma

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Terjadi Kalau Kamu Malas Olahraga